√ Pengertian dan Alasan Merantau

Diposting pada

Merantau adalah

Daftar Isi Artikel Ini

Merantau merupakan perginya seseorang itu meninggalkan tempat dimana ia berasaldan ia tumbuh  besar menuju suatu wilayah lain guna menjalani kehidupan baru maupun untuk sekedar mencari pengalaman. Sebenarnya banyak hal yang membuat seseorang pergi untuk merantau. Alasan untuk mernatau itu salah satu faktornya adalah tradisi dari beberapa kelompok etnis, namun ada juga faktor pendidikan, peperangan, dan faktor ekonomi.

Seiring dengan tuntutan hidup yang mengharuskan untuk berjuang dalam banyak hal, seperti untukmencari nafkah, juga untuk meringankan beban dari orang tua serta keluarga, dan juga keadaan tak berkecukupansehingga memutuskan untuk pergi merantau. Masalah ekonomi merupakan salah satu faktor dari banyaknya penyebab seseorang memutuskan merantau, faktor lainnya yakni karena rasa ingin tahu yang tinggi pada suatu tempat, senang akan tantangan dan ingin mengeksploitasi diri sebagai bentuk keberanian pada diri sendiri.

Pada negara berkembang disamping karena sebuah kebudayaan , instrumen pentingnya adalah karena sistem perekonomian bangsa, ketersediaan lapangan kerja, regulasi ketenagakerjaaan, serapan lapangan kerja, Keahlian ,pengelolaan SDA serta pemanfaatan yang tepat untuk mensejahaterakan bangsa serta  SDM, tetap jadi masalah klasik yang terus saja ada. Kearifan lokal selalu saja jadi isu utama akibat pengaruh kebijakan dalam mengambil sebuah keputusan baik itu Pemerintah maupun Swasta. Dalam desentralisasi juga para pelaku pembangunan. Beberapa faktor tersebut juga menyebabkan banyaknya para perantau.

Manfaat Merantau

Manfaat untuk pergi merantau? Beberapa catatan saya  mengenai merantau mungkin bermanfaat untuk anda yang memang tak pernah merantau dan juga bagi anda yang sedang merantau :

  1. Dengan merantau, kamu akan mengetahui  dunia luar ternyata lebih menyenangkan dan juga penuh dengan tantangan.
Baca Juga :  √Gigi: Pengertian, Bagian, Jenis dan Strukturnya

Kota kelahiran, memang banyak kenyamanan,  perhatian orang tua dan keluarga yang lain. Namun dengan susasana dapat membuat  pribadi kita gagap dengan dunia luar. Merantau akan membuatmu paham tentang arti kehidupan disamping perbedan kultur budaya antara  kota tempat kamu merantau dengan daerahmu asalmu. Sehingga dapat membuatmu pribadi mampu untuk menerima berbagai kultur budaya berbeda.

  • Dengan merantau, kamu dapat memilah dan memiih teman baik dan buruk buatmu.

Semua orang pasti tahu bahwa kehidupan di luar sana itu sangat keras. Nah dari sana itu   berlaku pada siapa kamu bertemanan tempatu rantau. Dengan bermacam-macam sifat temanmu baik itu perilaku dan attitude beragam akan membuatmu pintar-pintar dalam mencari dunia pertemanan yang positif.

  •  Dengan merantau akan membuatmu pandai dalam mengelola keuangan.

Kamu harus menghemat dan menyesuaikan seberapa uang yang ada dalam dompetmu mengingat mahal biaya hidup di perantauan. Pada saat kamu mulai boros dalam melakukan pengeluaran dan untuk kamu yang sedang kuliah harus berfikir sejauh mana kiriman uang dari orang tuamu itu akan cukup dalam beberapa hari ke depan. Hal ini akan melatihmu bisa menjadi pribadi yang lebih pandai dalam menghemat keuangan.

  • Dengan merantau, akan menetukan pribadimu akan menjadi lebih baik atau malah sebaliknya.

Sebuah pepatah mengakatakan “bertemanlah dengan penjual minyak wangi maka kamu akan ketularan wanginya. Bertemanlah kamu dengan penjual kambing maka tentu kamu akan ketularan juga bau aroma kambing.” Dalam perantauan segaanya akan kembali dengan pribadimu sendiri yakni kamu memilih mana baik masa depanmu. Lebih lagi kehidupanmu yang  jauh dari orang tua juga keluarga membuat resiko mengambil keputusan berada di tanganmu sendiri, bijaklah untuk mengambil keutusan yang tepat.

  • Ingatlah selalu orang tuamu, cita-citamu dan untuk apa tujuanmu merntau.
Baca Juga :  √Pengertian Pengendalian Sosial: Ciri, Jenis, Tujuan, Bentuk

Darisegala moodboster-mu,adalah orangtuamulah yang pasti akan menangisbangga bilamelihat anak yang tengah berada diperantauan mencapaikesuksesan. Jadikan suatu penyemangat untukmumeraih cita-citamu dan bahwa kesuksesan yang menggantung tengah menunggumu agardapat kau gapai.Karena dengan semua itu engkau juga yang akan merasakan kepuasaan dalam batinmuserta rasa syukur karena dapat membuatmu orang tuamu tersenyum serta berhasilmembahagiakannya.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Pengertian dan Alasan Merantau, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :