√Pengertian CSR : Fungsi, Manfaat, Ciri dan Contohnya

Diposting pada

CSR (Corporate Sosial Responbility) merupakan sebuah mekanisme sebuah perusahaan untuk secara sadar mengintegrasikan perhatiannya pada lingkungan sosial ke dalam operasi dan interaksinya dengan stakehilder yang melampaui tanggung jawab sosial khususnya pada bidang hukum.

√Pengertian CSR : Fungsi, Manfaat, Ciri dan Contohnya

Secara sederhanya, CSR ialah sebuah konsep dan tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan sebagai rasa tanggung jawabnya pada sosial dan lingkungan sekitar ketika perusahaan tersebut berdiri.

  • Fungsi

  1. Izin Sosial untuk Beroperasi

Bagi sebuah perusahaan, masyarakat merupakan salah satu faktor yang membuat perusahaan itu dapat berkembang atau tidak. Dengan adanya CSR, masyarakat yang bertempat tinggal disekitar perusahaan tersebut akan mendapatkan manfaat dari perusahaan tersebut.

Tentunya hal ini akan menguntungkan bagi masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan. Sehingga lama kelamaan masyarakat akan mendukung perusahaan tersebut. Kalau sudah seperti ini perusahaan akan jauh lebih mudah untuk menjalankan program atau kegiatannya di daerah tersebut.

  1. CSR Dapat Memperkecil Resiko Bisnis Perusahaan

CSR (Corporate Sosial Responbility) akan membuat hubungan antara perusahaan dengan pihak yang terlibat semakin menjadi lebih baik , sehingga resiko bisnis seperti adanya kerusuhan dapat diatasi dengan mudah. Jika seperti itu maka biaya pengalihan resiko dapat digunakan untuk suatu hal yang lebih bermanfaat untuk masyarakat maupun perusahaan.

  1. CSR Dapat Melebarkan Akses Sumber Daya

CSR (Corporate Sosial Responbility) kalau dikelola dengan baik akan menjadi keunggulan tersendiri untuk bisa bersaing dan untuk memudahkan perusahaan untuk mendapatkan sumber daya yang diperlukan.

  1. CSR Memudahkan Akses Menuju Market

Seluruh investasi serta biaya yang telah dikeluarkan untuk program CSR (Corporate Sosial Responbility) sebenarnya dapat menjadi sebuah peluang yang baik untuk mendapatkan market yang lebih besar. Termasuk di dalamnya dapat membangun loyalitas konsumen dan dapat menembus pangsa pasar yang baru. Hal tersebut dikarenakan program CSR dapat membuat nama atau brand perusahaan menjadi lebih terkenal dan di kagumi oleh masyarakat.

  1. CRS Bisa Memperkecil Biaya Pengeluaran

Program CSR (Corporate Sosial Responbility) juga dapat menghemat biaya perusahaan misalnya menerapkan konsep daur ulang dalam perusahaan. Sehingga limbah yang dihasilkan akan berkurang dan biaya produksi berkurang.

  1. CSR Dapat Memperbaiki Hubungan dengan Stakeholder

Pelaksanaan program CSR (Corporate Sosial Responbility) dapat membantu atau memudahkan komunikasi dengan stakeholder. Dimana hal ini akan menambah trust stakeholder pada perusahaan yang bersangkutan.

  1. CSR Bisa Memperbaiki Hubungan dengan Regulator

Perusahaan yang melakukan program CSR biasanya akan turut meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Dimana pemerintahlah yang sebenarnya mempunyai tanggung jawab besar pada kesejahteraan lingkungan masyarakatnya.

  1. CSR Meningkatkan Semangat dan Produktivitas Karyawan

Reputasi sebuah perusahaan yang baik ialah perusahaan yang dapat berkontibusi besar kepada stakeholder, masyarakat sekitar, dan lingkungannya. Hal tersebut tentunya akan menambah kebanggaan tersendiri untuk karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut yang mana hal tersebut akan berdampak pada peningkatan etos kerja dan produktivitas para karyawannya.

  1. CSR Memperbesar Peluang Mendapatkan Penghargaan

Perusahaan yang memberikan kontribusi yang besar pada masyarakat luas dan lingkungan sekitar lewat program CSR (Corporate Sosial Responbility) akan berpeluang lebih besar untuk mendapatkan sebuah penghargaan. Tentunya hal tersebut akan menjadi sebuah kebanggaan bagi perusahaan tersebut.

  • Manfaat

Manfat CSR dibagi menjadi 2 yaitu sebagai berikut:

  1. Manfaat CSR untuk Perusahaan

Meningkat citra perusahaan di mata masyarakat.

Menjalin kerja sama dengan perusahaan lain.

Membedakan perusahaan dengan para kompetitornya.

Meningkatkan Kualitas brand merk perusahaan di mata masyarakat.

Memberikan inovasi pada perusahaan tersebut.

  1. Manfaat CSR untuk Masyarakat

Meningkatkan kesejahteraan dilingkungan masyarakat sekitar dan meningkatkan kelestarian di lingkungan hidup sekitar.

Adanya beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah sekitar perusahaan.

Meningkat pemeliharaan di fasilitas umum.

Adanya pembangunan fasilitas masyarakat bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya untuk masyarakat yang ada di sekitar perusahaan tersebut.

  • Contoh CSR

 

  1. Danone (Air Mineral Aqua)

Danone melakukan program CSR yang dikenal dengan WASH (Water, Acces, Sanitation, Hygiene Program) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan lingkungan dan berkontribusi secara aktif serta berkelanjutan untuk memberikan solusi atas sebuah permasalahan tentang penyediaan air bersih di Indonesia. Program popular dengan nama  1 Liter Aqua untuk 10 Liter Air Bersih.

  1. PT Sinde Budi Sentosa (Larutan Cap Badak)

PT Sinde Budi Sentosa melaksanakan program CSR dengan cara melestarikan habitat Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Program ini berkerjasama dengan Sinde dan WWF Indonesia. DImana Sinde mendonasikan dana dari hasil penjualannya untuk program pelestarian Badak Jawa di Ujung Kulon.

  1. PT Pertamina

Pertamina berkomitmen melaksanakan program CSR-nya dengan membantu pemerintah Indonesia dalam memperbaiki Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Nusantara lewat pelaksanaan program-program yang bisa membantu tercapainya target pembangunan dan membangun hubungan yang harmonis dan kondusif dengan semua pihak stakeholder untuk mendukung tercapainya tujuan perusahaan terutama dalam membangun reputasi perusahaan.

  • Ciri-ciri CSR

CSR harus berupa kegiatan yang melebihi kepatuhan kepada hukum dan peraturan yang berlaku.

CSR harus bisa menciptakan dampak jangka panjang pada perusahaan dan masyarakat.

CSR harus mempertimbangkan dan memperhatikan kepentingan di dalam serta di luar perusahaan  .

CSR harus mengandung sistem govermance yang baik, diantaranya mempunyai transparasi dan akuntabilitas.

CSR sebaiknya berdasarkan dari panduan ISO 26000.

 

Demikilanlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Pengertian CSR : Fungsi, Manfaat, Ciri dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga;

Baca Juga :  √Alat Musik Melodis : Pengertian dan Contohnya
Baca Juga :  √Pengertian Puisi : Unsur , Struktur , Jenis dan Cirinya
Baca Juga :  √Pengertian Kebudayaan : Fungsi, Sifat Dan Unsurnya
Baca Juga :  √Jenis Persebaran Sumber Daya Alam : Pengertian , Hasil Pertania, Hutan dan Peternakan