√Pengertian Basis Data: Tujuan, Jenis, Fungsi, Manfaat, Komponen

Diposting pada
√Pengertian Basis Data: Tujuan, Jenis, Fungsi, Manfaat, Komponen

Pengertian

Basis data adalah suatu kumpulan berbagai data atau informasi yang tersimpan serta tersusun di dalam komputer secara sistematik yang bisa diperiksa, diolah ataupun dimanipulasi dengan memakai program komputer guna mendapatkan informasi dari basis data itu.

Perangkat lunak yang bisa dipakai untuk mengelolan atau memanggil database biasa disebut dengan sistem database management system.

Istilah database sendiri akan berasal  pada koleksi data-data yang saling berhubungan antara satu sama lain dimana tujuan database adalah bisa dipakai untuk mengelola data dengan lebih efektif serta efisien.

Tujuan Basis Data

1. Keakuratan

Pengkodean relasi antara data dengan menerapkan aturan batasan data dalam database yang akAN berguna untuk bisa menentukan ketidakakuratan penyimpanan.

2. Keamanan

Dalam sejumlah sistem aplikasi, basis data banyak dipakai untuk bisa menciptakan keamanan dengan lewat validasi tertentu. Bahkan juga kita bisa akan menentukan siapa yang dapat mengoperasikan database. Tentu saja membuat sejumlah pengkodean tertentu.

3. Dapat dipakai secara bersama sama

Basis data bisa di dipakai secara bersama sama lewat online ataupun secara batch. Dengan begitu, pemanfaatan sumber daya manusia akan menjadi lebih efisien serta cepat.

Jenis-jenis Basis Data

1. Basis data individual

Basis Data Individual adalah basis data yang telah dipakai oleh perseorangan. Biasanya juga basis data seperti ini sering kita temui dilingkungan PC. Visual data BASE, Corel Paradox, dan Filemaker Pro adalah contoh perangkat lunak yang biasa akan dipakai untuk mengelolabasi data untuk kepentingan pribadi ataupun kita semua.

Baca Juga :  √ Cerita Rakyat Jakarta : Si Jampang Dari Betawi dan Penjelasannya

2. Basis data perusahaan

Basis Data Perusahaan adalah basis data yang bertujuan untuk bisa diakses oleh beberapa pegawai dalam suatu perusahaan didalam sebuah lokasi. Basis data seperti ini bisa disimpan dalam sebuah server atau para pemakai bisa mengakses dari masing-masing komputer yang akan berkedudukan sebagai client.

3.Basis data terdistribusi

Basis Data Terdistribusi adalah basis data yang sudah disimpan pada sejumlah komputer yang akan terletak pada beberapa lokasi. Model seperti ini banyak dipakai bank yang akan mempunnyai sejumlah cabang di berbagai kota untuk melayani transaksi perbankan yang bisa bersifat online.

4. Basis data publik

Basis Data Publik adalah basis data yang bisa diakses oleh siapa saja. Misalnya banyak situs web ( yang misalnya yahoo atau about.com) yang akan menyediakan data yang bersifat publik dan bisa diambil siapa saja secara gratis. Dengan begitu, seseorang mesti menjadi anggota atau membayar untuk memperoleh data publik.

Fungsi Basis Data

  • Database berfungsi guna mengklasifikasikan data yang mudah dupakai serta dipahami penggunanya.
  • Menghindari adanya duplikasi serta inkonsistensi dari sebuah data.
  • Memudahkan saat menyimpan serta mengakses data.
  • Memudahkan saat mengupdate serta menghapus data.
  • Menjamin kualitas data dan informasi yang terdapat didalamnya serta mudah diakses.
  • Menjadi sebuah solusi penyimpanan data.
  • Mendukung kinerja aplikasi saat penyimpanan data.

Manfaat Basis Data

  • Kecepatan dan Kemudahan (Speed).
  • Kebersamaan Pemakaian (Sharability).
  • Pemusatan Kontrol Data.
  • Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space).
  • Keakuratan (Accuracy).
  • Ketersediaan (Availability).
  • Kelengkapan (Completeness).
  • Keamanan (Security).
  • Kemudahan dalam Pembuatan Program Aplikasi Baru.

Komponen Basis Data

1. Perangkat Keras ( Hardware )

Perangkat keras umumnya ada dalam sistem basis data berupa memori sekunder hardisk.

2. Sistem Operasi ( Operating System )

Sistem Operasi (Operating System) adalah program yang bisa menghidupkan mengendalikan sistem komputer, mengendalikan semua sumber daya (resource) serta melakukan operasi-operasi pada komputer. Sistem Operasi yang banyak dipakai seperti: MS-DOS, MS-Windows 95 MS Windows NT, atau Unix.

Baca Juga :  √Apa itu Remunerasi: Pengertian, Unsur, Ciri, Sistem,Tujuan

3. Basis data ( Database )

Sebuah basis data bisa mempunyai beberapa basis data. Setiap basis data bisa berisi sejumlah objek basis data contohnya file atau tabel Database.

4. Management System ( DBMS )

Pengolahan basis data secarat tidak fisik tidak dilakukan oleh pemakai secara langsung, namun ditangani oleh sebuah perangkat lunak yang biasa disebut dengan DBMS yang menentukan bagaimana data disimpan, diubah serta diambil kembali.

5. Pemakai ( User )

Bagi pemakai bisa berinteraksi dengan basis data dan bisa memanipulasi data dalam program yang ditulis dalam bahasa pemograman.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Pengertian Basis Data: Tujuan, Jenis, Fungsi, Manfaat, Komponen semoga bermanfaat

Baca Juga :