√Penelitian : Pengertian dan Jenis Nya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Penelitian

Penelitian merupakan suatu usaha dilaksanakan secara sistematika tentang kegiatan mengembangkan serta menemukan pengetahuan yang benar dengan disertai contoh.

Kegiatan penelitian di berbagai macam bidang iptek menurut substansinya terdapat ada 4 hal yaitu usaha yang bersifat sistematik hasil penemuan bermanfaat serta di sebarluaskan dari temuan.

Berikut ini ialah penjabaran jenis jenis penelitian:

Jenis-Jenis Penelitian

Pada dasar penelitian dibagi menjadi 2 yakni Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, di sinilah akan ada banyak yang bisa kamu ketahui selain 2 tersebut.

 Berikut ialah beberapa macam penelitian yang ramai digunakan hingga saat ini.

Eksperimen

Eksperimen merupakan suatu jenis penelitian dengan metode percobaan yang bertujuan untuk menutup serta kontrol pada masing-masing situasi yang sesuai dengan situasi yang ingin diteliti kemudian mengamati efek maupun pengaruh saat pT conditional sentence memanipulasi kondisi tersebut.

Jenis penelitian Eksperimen dibagi menjadi 4 jenis yakni: Pre Experimental Design, True Experimental Design, Quasy Experimental dan Design Faktorial Desain.

Deskriptif

Deskriptif merupakan suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan peristiwa yang masih terjadi sampai sekarang atau waktu yang lalu.Jenis penelitian ini beda dengan eksperimen karena tidak merubah variabel dan bebas menggambar suatu situasi yang semestinya.

Korelasi

Korelasi merupakan suatu penelitian yang terdiri atas kegiatan pengumpulan data memilih dan menentukan hubungan antara dua variabel maupun lebih berdasarkan keberadaannya serta tingkat variable terserbut .

Komparatif

Komparatif merupakan suatu penelitian empiris artis yang mengakibatkan mematikan kreativitas secara langsung dikarenakan adanya variabel tersebut sudah terjadi.

Evaluasi

Evaluasi merupakan suatu penelitian yang mempunyai tujuan untuk mengecek proses berlangsungnya sebuah logam pada waktu yang sama serta menerangkan fakta yang bersifat Kompleks menyeluruh yang masuk dalam program.

Simulasi

Simulasi merupakan suatu jenis penelitian yang mempunyai bertujuan untuk mencari gambaran lewat suatu sistem dengan ukuran kecil maupun sederhana pada sistem tersebut,yang akan diterapkan serta  di manipulasi untuk mendapatkan pengaruhnya

Survei

Survei merupakan suatu jenis penelitian dengan cara diaplikasikan untuk mengoleksi informasi dan mengumpulkan data tentang suatu populasi yang besar dengan menggunakan sampel yang terbilang kecil.

Studi Kasus

Studi kasus merupakan suatu jenis penelitian dengan cara penggalian secara mendalam tentang sistem berita,contohnya tentang aktivitas individu yang sesuai berdasarkan dari pengumpulan data yang luas .

Teori Dasar

Teori Dasar merupakan suatu jenis penelitian dengan cara pendekatan memastikan si peneliti untuk menemukan serta mengembangkan teori secara relevan tentang fenomena. Dengan mengaplikasikan dari teori dasar sang peneliti.secara sengaja peneliti mencari peserta yang menghadapi fenomena kemudian dikaji dan mengidentifikasi terori menjadi dokumen wawancara serta catatan.

Etnografi

Etnografi merupakan suatu jenis penelitan dengan cara menganalisa secara mendalam dari kelompok sosial pada umumnya untuk melakukan pengumpulan data pengamatan wawancara serta dokumen Jenis penelitian ini membangun berbagai macam karakter  dan tingkah laku serta kepercayaan dari suatu kelompok dari masa sekarang ke masa mendatang .

Kultural

Kultural merupakan suatu penelitian dengan cara diaplikasikan kepada objek berbentuk unsur maupun fenomena..

Historis

Historis merupakan suatu jenis penelitian yang mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan fakta serta mengambil kesimpulan tentang kejadian atau fenomena masa lampau kemudian di dokumentasikan oleh arkeolog.

Etnologi

Etnologi merupakan jenis penelitian yang terpusat pada karakter dan tingkah laku manusia sehingga peneliti lebih cenderung memakai penafsiran langsung terhadap perilaku subjek yang ingin dibandingkan dengan cara melakukan penafsiran dari segi teoritis.

 

demikian artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai penelitian, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

baca juga ;

Baca Juga :  √Jaringan Epitel ; Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri dan Sifatnya
Baca Juga :  √Daur Air Adalah
Baca Juga :  √Makna Semboyan Dari Tut Wuri Handayani dan Sejarahnya
Baca Juga :  √Statistika : Pengertian, Fungsi, Dan Manfaat Lengkap