√Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Fungsinya

Diposting pada

√Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Fungsinya

ada beberapa pengertian dari pendidikan, diantaranya yaitu ;

  1. Pengertian Pendidikan Secara Etimologi

Pengertian pendidikan secara etimologi berasal dari bahasa Latin yaitu educatum yang tersusun dari 2 kata yaitu Edu dan Catum dimana kata Edu Artina sebuah perkembangan dari dalam diri menuju ke luar, sedangkan Catum berarti mengembangan atau sedang berkembang. Jadi, Pengertian Pendidikan Secara Etimologi adalah proses mengembangkan kemampuan diri sendiri dan kekuatan individu.

  1. Pengertian Pendidikan Menurut KBBI

Kata pendidikan berasal dari kata DIDIK dan mendapat imbuhan PE dan akhiran AN, maka kata ini Yang artinya proses atau cara untuk mendidik.

  1. Secara Bahasa

Pendidikan Adalah Suatu Upaya Mengemban Pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.


TUJUAN PENDIDIKAN

– mencerdaskan kehidupan

Berdasarkan Undang Undang No. 2 Tahun 1985 yang berisi bahwa tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsadan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang baik dan mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi kepada masyarakatan.

– memiliki rasa  dari nilai pancasila

Berdasarkan MPRS No. 2 Tahun 1960 yang berisi Bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk peserta didik memiliki rasa dari nilai pancasilai sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 1945.

– membangun potensi

Berdasarkan Undang Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berisi bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta memiliki rasa bertanggung jawab yang tinggi.

– mengingkatkan kualitas bangsa

Tujuan Pendidikan Menurut lembaga pendidikan dunia Unesco  Dalam upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa, tidak ada cara lain kecuali melalui peningkatan mutu pendidikan. Dari pemikiran tersebut, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui lembaga UNESCO (United Nations, Educational, Scientific and Cultural Organization) membuat 4 pilar pendidikan baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan dating,yakni:

1.Learning to Know artinya Belajar untuk tau .

  1. Learning to do artinya Belajar untuk melakukan.
  2. Learning to be artinya Belajar untuk bisa.
  3. Learning to Live Together artinya Belajar untuk tinggal bersama.

 

MANFAAT PENDIDIKAN

  • Memberikan Informasi dan Pemahaman
  • Untuk memberikan informasi dan pemahaman betapa pentingnya pendidikan kepada setiap peserta didik.
  • Menciptakan Generasi Penerus Bangsa
  • Mampu untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang ahli dalam berbagai bidang.
  • Gelar Pendidikan untuk Karier
  • Untuk mendapatkan gelar yang pastinya berguna untuk keperluan karier di masa yang akan datang. Meskipun gelar bukanlah segala-segalanya, tapi merujuk kepada keahlian pada karier
  • Menambah Pengalaman Peserta Didik
  • Mampu untuk mengambil hikmahnya dari pengalaman bagi dari peserta didik
  • Membentuk Karakter Bangsa
  • Untuk membentuk karakter bangsa yang bermartabat dan juga berbudi pekerti luhur.

 

FUNGSI PENDIDIKAN

-Mengurangi pengawasan orang tua terhadap anak-anaknya. Melalui pendidikan di sekolah orang tua melimpahkan tugas serta wewenang kepada pihak sekolah yang mendidik anaknya.

-Menyediakan sarana untuk mengembangkan bakat. Sekolah mempunyai potensi untuk menanamkan nilai pemgembangan bakat pada peserta didik.

-Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan bisa mensosialisasikan kepada anak-anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilise, serta status . Pihak Sekolah pun diharapkan menjadi sumber mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi ataupun paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.

– Memperpanjang masa remaja untuk melakukan yang positif. Pendidikan sekolah bisa pula memperlambat masa dewasa seseorang sebab siswa masih tergantung secara ekonomi kepada orang tuanya dan pertanggung jawabannya.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai pendidikan, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √Fotosintesis :Pengertian, Sejarah, Reaksi Gelap Dan Terang

Baca Juga :  √DEMOKRASI : Pengertian, Macam Dan Ciri Nya Lengkap

Baca Juga :  √Lingkungan Sehat : Pengertian, Aspek, Manfaat Dan Contohnya

Baca Juga :  √Subtrat : Pengertian, Makna, dan Penjelasannya