√Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) : Pengertian , Kerangka Pikir Dan Tujuan Pebelajaran

Diposting pada

Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)

Menurut Azrah

Pendidikan Kewarganegaraan ialah cara menerapkan program yang tujuan utamanya untuk mernbina warga negara yang lebih baik menurut kriteria dan ukuran pembukaan Undang­ Undang Dasar 1945.

Menurut Depdikbud

Pendidikan Kewargenaraan Ialah suatu bidang studi atau mata pelajaran yang digunakan untuk mengembangkan dan rnelestarikan nilai-nilai luhur moral nenek moyang yang ada pada bangsa Indonesia yang  bagaimana dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kepada masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa.

Menurut C.S.T. Kansil

Pendidikan Kewarganegaraan ialah suatu upaya untuk meningkatkan pengetahuan serta mengembangkan kemampuan dalam memahami dan meyakini nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pedoman hidup sehari hari dalam berperilaku kepada bermasyarakat, berbangsa dan bernegara .

Di dalam suatu pendidikan yang melibatkan seorang pendidik perlu adanya suatu perilaku yang baik dari seorang guru, khususnya guru PPKn sebab seorang guru PPKn yang rnemberikan materi bagaimana sebenarnya sikap seseorang siswa di dalarn lingkungann sekolah. Berikut inilah penjelasannya.

Kerangka Berpikir

Kerangka berpikir adalah kristalisasi atau rancangan bangunan (disain penelitian). Dari teori yang telah dikemukakan terlebih dahulu dalam kerangka teoritis, kerangka konseptual ini berfokus kepada masalah yang akan dibawa yaitu variabel hubungan perilaku siswa (X) dan variabel prestasi belajar siswa (Y).

  1. Perilaku

Perilaku adalah merupakan seluruh perbuatan perilaku yang ditunjukkan oleh siswa di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

  1. Prestasi belajar PPKn

Prestasi belajar PPKn adalah merupakan suatu tingkat pencapaian tertentu yang diperoleh seseorang setelah adanya usaha belajar dengan baik dalam menentukan baik tidaknya prestasi belajar seseorang dapat dilihat dari keberhasilan seorang dalam menyelesaikan soal atau tugas yang diberikan guru kepadanya.

  1. Hubungan perilaku dengan prestasi belajar PPKn

Prestasi belajar siswa tak terlepas dai usaha pendidikan, pengaiaran yang diberikan kepada siswa. Dalam proses pendidikan sebaliknya ada hubungan antara siswa dengan pendidik. Adanya interaksi ini akan menimbulkan perilaku siswa dan interaksi ini akan dapat mengetahui bagaimana perilaku siswa tersebut.

Tujuan Pembelajaran PPKn

Berpikir secara kritis sehingga kebal terhadap isu kewarganegaraan yang belum terbukti kebenerannya.

Ikut Serta secara adil dan bertanggungjawab dalam bertindak pada kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Berkembang secara baik dan demokratis untuk merubah pribadi masing masing berdasarkan karakter yang ada pada masyarakat Indonesia supaya dapat hidup berdampingan dengan bangsa-bangsa lain.

Berinteraksi dengan bangsa lain dalam ikut serta persaingan dunia serta memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pencapaian bangsa indonesia.

Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan

PKn sebagai mata pelajaran yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia agar memiliki keterampilan hidup bagi diri, masyarakat, bangsa dan negara.

Usaha menyadarkan secara logis pada siswa untuk memberikan kemudahan saat belajar kepada siswa  agar terjadi penyesuaian pada moral Pancasila dan pengetahuan kewarganegaraan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional untuk mewujudkan integritas pribadi siswa itu sendiri pada perilaku sehari-hari.

Fungsi dari mata pelajaran PPKn sebagai sarana dan prasarana untuk membentuk jiwa siswa yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang adil dan bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara Indonesia serta menyesuaikan dirinya kedalam kebiasaan berpikir kritis dan bertindak secara adil sesuai Nilai-Nilai luhur  yang ada Pada Pancasila dan UUD NKRI 1945.

Berdasarkan Penjelasan di atas mengenai fungsi PPKn, maka maka disimpulkan bahwa pembelajaran PKn diharapkan dapat memberikan kemudahan belajar para siswa dalam menginternalisasikan moral Pancasila dan pengetahuan kewarganegaraan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yang baik agar dapat  diwujudkan dalam integritas pribadi diri sendiri pada perilaku sehari-hari.

 

demikian artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai sepurar pengertian kewarganegaraan, semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga :

Baca Juga :  √Akar : Sturktur, Fungsi, Dan Macamnya Lengkap
Baca Juga :  √Kekuasaan Negara : Macam, Konsep Dan Pembagiannya Lengkap
Baca Juga :  √Cacingan : Ciri, Gejala, Penyebab Dan Obatnya
Baca Juga :  √Revolusi Bumi : Pengertian, Manfaat, Akibat Dan Proses