Pengertian Pangsa Pasar
Pangsa Pasar adalah sebuah strategi pemasaran yang mencakup sasaran pasar yang luas menjadi kumpulan dari beberapa bagian kecil diantaranya konsumen, bisnis dan negara yang memiliki kebutuhan umum atau suatu kepentingan dan mempunyai prioritas dan kemudian merancang suatu strategi untuk menjadikannya sasaran. Biasanya pangsa pasar dipakai guna menganalisa target pasar sebuah produk yang tergantung pada permintaan yang spesifik serta sesuai dengan segmentasi produk.
Tujuan Pangsa Pasar
- Pasar menjadi lebih mudah dibedakan.
- Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik.
- Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah.
Segmentasi Pangsa Pasar
-
Segmentasi Geografis
Pemasar biasanya memakai segmentasi geografis guna melakukan analisa pada konsumen terhadap sebuah wilayah yang cenderung memakai produk tertentu berdasarkan wilayahnya, contohnya wilayah atau daerah yang mempunyai curah hujan tinggi maka sasaran yang tepat adalah berjualan payung, Jasa hujan atau yang sangat berguna saat hujan. Dan pemasar didaerah yang panas menjual barang contohnya kipas angin, Pendingin ruangan dsb.
-
Segmentasi Demografis
Segmentasi yang berdasarkan usia, gender, agama, suku berdasarkan manfaat dari layanan maupun produk yang diberikan manfaat nya pun akan berbeda sesuai dengan klasifikasi dari konsumen nya. Segementasi tersebut memungkinkan membagi pasar sesuai pada tahap kehidupan yang ada.
-
Segmentasi Psikografis
Segmentasi yang paling berpengaruh dalam kegiatan pangsa pasar karena berhubungan dengan gaya hidup, di zaman saat ini saat sebuah barang menjadi trending maka akan diikuti oleh semua kalangan. Didalam perkembanganya media sosial yang paling berpengaruh terhadap segmentasi ini.
-
Segmentasi oleh Manfaat
Segementasi ini dapat berjalan sesuai dengan manfaat yang diinginkan oleh pengguna atau costumer.
-
Segementasi Sesekali
Segmentasiini tak mempertimbangkan kelas pelanggan baik bawah, menengah ataupun atas misal dengan memberikan minuman bersoda yang ada didalam pesta sederhana.
-
Segmentasi Budaya
Segmentasi budaya dipakai untuk mengklasifikasikan pangsa pasar berdasarkan budaya karena budaya ialah hal yang sangat kuat dari sebuah prilaku pelanggan dan digunakan untuk meningkatakan pengetahuan konsumen dengan model prediksi. Segmentasi budaya bisa dipakai sebagai cara yang baik guna membuat komunitas berdasarkan adat atau budaya tertentu.
-
Segmentasi Prilaku
Sekmentasi ini mengukur dengan tingkah laku pelanggan, serta diukur dari satus loyalitas dan pengetahuan, sikap maupun tanggapan terkait sebuah produk banyak pemasar yang memakai metode ini karna prilaku atau sikap ialah langkah pertama dalam membangun pangsa pasar.
Strategi Pangsa Pasar
-
Tambahkan produk dan layanan baru
Terdengar sangat sederhana, hanya dengan menambah produk dan layanan baru pada perusahaan. namun untuk menjalankan strategi ini dengan baik dibutuhkan kerja keras serta tekat yang kuat. Anda mesti mengerti produk dan layanan apa yang pelanggan butuhkan.
Selain dari pada itu, banyak juga dari mereka yang mau membayar untuk menambah jumlah produk dan layanan baru.
-
Menjual Produk kepada konsumen yang Sudah ada dengan meningkatkan Jumlah
Dengan metode ini, maka bisa meningkatkan jumlah penjualan untuk pelanggan yang sudah ada. Lalu, akan fokus pada penjualan dan strategi marketing yang fokus pada segmen tersebut. Strategi ini pun terlihat sangat mudah akan namun cukup sulit untuk dilakukan untuk menganalisis segmentasi pasar.
-
Memperluas area Pasar ke Tempat Baru
Tugas Anda ialah mencari pelanggan baru yang berpotensial. Anda pun memerlukan yang namanya riset atau penelitian dilapangan supaya produk yang dijual akan diterima dengan baik oleh konsumen baru. Di sini, dengan riset atau penelitian menentukan daerah mana yang akan menjadi target pasar bila baik maka langkah berikutnya adalah memilih lokasi yang strategis guna mempromosikan produk pada pelanggan baru.
-
Targetkan Pasar Serta Pelanggan Baru
Biasanya pebisnis akan mempromosikan produknya berdasarkan demografi atau lokasi tertentu misalnya jenis kelamin,usia atau kebiasaan yang dilakukan oleh pelanggan.
-
Masuk Pada Sistem Penjualan Baru
Strategi inimenuntut Anda untuk bisa memasuki ranah dunia bisnis baru yaitu ke online marketing. Sudah banyak bukti toko kecil yang beralih menjadi toko besar dan ketika dia berhasil memanfaatkan sebuah teknologi serta sistem online marketing. dengan Teknik SEO (Search Engine Optimization) bisa juga dipakai guna memudahkan pelanggan pada dunia internet menemukan produk yang anda jual.
-
Mengambil Alih Bisnis Lain
Mengambil alih usaha atau bisnis orang lain yang telah meningkat atau yang akan menjadi pesaing pada perusahaan anda bisa jadi akan menjadi cara guna peningkatan jumlah pelanggan Anda. Misalnya Instagram di beli oleh facebook karna bisa saja menjadi pesaing serta pastinya meningkatkan bisnis pada facebook.
Jenis-jenis Pangsa Pasar Dalam Bidang Kesehatan
-
Home Care
Pelayanan kesehatan di rumah adalah pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien di rumahnya, yang merupakan sintesa dari pelayanan keperawatan komunitas dan keterampian teknikal tertentu yang berasal dari spesalisasi kesehatan tertentu, yang befokus pada asuhan keperawatan individu dengan melibatkan keluarga , dengan tujuan menyembuhkan, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan fisik, mental/ emosi pasien.
Perawatan kesehatan di rumah merupakan salah satu jenis dari perawatan jangka panjang (Long term care) yang dapat diberikan oleh tenaga profesional maupun non profesional yang telah mendapatkan pelatihan. Perawatan kesehatan di rumah yang merupakan salah satu bentuk pelayanan kesehatan adalah suatu komponen rentang pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan serta memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit termasuk penyakit terminal.
-
Terapi Komplementer
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Terapi adalah usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit; pengobatan penyakit; perawatan penyakit. Komplementer adalah bersifat melengkapi, bersifat menyempurnakan.
Menurut WHO (World Health Organization), Pengobatan komplementer adalah pengobatan non-konvensional yang bukan berasal dari negara yang bersangkutan, sehingga untuk Indonesia jamu misalnya, bukan termasuk pengobatan komplementer tetapi merupakan pengobatan tradisional. Pengobatan tradisional yang dimaksud adalah pengobatan yang sudah dari zaman dahulu digunakan dan diturunkan secara turun – temurun pada suatu negara. Tetapi di Philipina misalnya, jamu Indonesia bisa dikategorikan sebagai pengobatan komplementer.
Terapi Komplementer adalah cara Penanggulangan Penyakit yang dilakukan sebagai pendukung kepada pengobatan medis konvensional atau sebagai pengobatan pilihan lain diluar pengobatan medis yang Konvensional.
-
Herbal
Pengobatan tradisional adalah pengobatan dan atau perawatan dengan cara, obat, dan pengobatannya yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun temurun dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakat.
Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (gelenik) atau campuran dari bahan tersebut secara turun-temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.
Pengobatan tradisional (batra) adalah seseorang yang diakui dan dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai orang yang mampu melakukan pengobatan secara tradisional.
Cara Meningkatkan Pangsa Pasar
- Tambahkan produk serta layanan baru
- Menjual Produk dan Layanan Pada Pelanggan yang Sudah Ada dengan Peningkatan Jumlah
- Lebarkan Pasar ke Daerah Baru
- Targetkan Pasar Serta Pelanggan Baru
- Masuk Pada Sistem Penjualan Baru
- Mengambilalih Bisnis Lain
Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang Apa Itu Pangsa Pasar : Pengertian, Tujuan, Segmentasi, Strategi, Jenis, Beserta Cara Menigkatkannya, semoga bermanfaat