√Pancasila : Pengertian, Sejarah dan Fugnsinya

Diposting pada

Pengertian panasil

Tanggal 1 maret 1945 adalah awal perintisan perjuganan kemerdekaan Indonesia. Tanggal yang mempersiapkan kemerdekaan indonesi. Badan yang dimaksudkan ialah BPUPKI, KRT radjiman wadyodiningrat merpakan ketua pertama dari badan ini. Yang pertama kalinya membuka siding BPUPKI ini, bapak radjiman yang menanyakan kepada seluruh peserta siding BPUPKI yang pertama ini mengenai tentang apa yang nantinya akan menjdi dasar Negara Indonesia ini.

lima pasal yang sanga mendasar bagi bangsa yang baru ini.

Kelima dasar itu meliputi peri ketuhanan, peri kemanusiaan, peri kebangsaan, dan peri kesejahteraan rakyat. Bapak radjiman ini menyatakan bahwa kelima dasar ini ialah perwujudan dari sejar, agama, kehicupan dann peradaban yang berkembang sudah lama di negeri Indonesia ini.

Sejarah lahirnya pancasila

Ir. Soekarno merupakan sosok kedua yang tercatat dalam sejarah yang mengusulkan dasar Negara, soekarno menyampaikan pidato nya mengenai dasar Negara pada tanggal 1 juni 1945, pada saat itu judulnya ialah ‘lahirnya pancasila’. Dalam pidatonya tersebut, soekarno menyampaikan makna dari pancasila. Pancasila itu sendiri beliau ambil dari dua kat adalam bahas sanskerta, yaitu panca yang berarti ‘lima’ dan lila yang berarti ‘dasar atau landasan’, seingga dari kedua kata tersebut membentuk frasa lima dasar.

Fungsi pancasila sebagai ideology Negara Indonesia

Pencasila mempunyai sejara tersendiri yang membuat kita akan semakin menyadari bahwa Negara Indonesia ini sangat membutuhkan pancasila dalam melaksanakan kehidupan bangsa ini.

Selain itu fungsi dari pancasila ialah sebagai ideologi Negara yang tidak kalah penting. Akan tetapi, apa sebenarnya makna dari pancasila sebagai ideology Negara tersebut ?

1.pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia : pemersatu bangsa

Pancasila bukanlah sekedar lima kalimat yang tersusun bersamaan lambing garuda, lebih dari itu pancasila adalah sebuat filosofi mulai tentang bagaimana Negara ini akan dijalankan sampai akan mengarahkan. Fungsi dari pancasila merupakan pemersatu bangsa. Ini menjadi tugar berat bagi pancasila.

2.pancasila sebagai ideoloi Negara : pembimbing bansa

Fungsi pertama dari panca sila sebagai ideologi bangsa ialah sebagai pemersatu bangsa Indonesia, fungsi kedua ialah sebagai pembimbing bangsa. Seorajanto yang merupakan ilmu poliitik Indonesia menyatakan bahwa salah satu dari fungsi ideology ialah sebagai norma yang menjadi pedoman seseorang untuk bekal dan juga jalan bagi Negara untuk menentukan identitasnya.

3.pancasila sebagai ideoloog Negara : pemberi tekad

Soerajanto seorang imuan politik Indonesia menegaskan bahwa salah saru dari fungsi ideologi ialah mampu memberikan semangat serta dorongan kepada seseorang untuk dapat mencapai tujuan yang dicita-citakan. Ketika suatu bangsa telah menentukan ideologinya, makan ideoloti tersebtu harus dapat memberikan tekad dan jug semangat bagu bangsanya untuk bergerak kearah yang lebih baik.

4.pencasila sebagai ideology Negara : control social

Pemerintah tidak dapat berbuat sewena-wena dalam menyengarakan kedaulatan rakat tentu harus memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setiap bangsa di dunia ini tertunya sudah pernah merasaka pahitnya dari pemeriantah yang berbuat sewena-wena. Bangsa kita pun pernah merasakan hal yang sama. Contohnya ialah pemerintah yang berpuat korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),.

5.pancasila sebagai ideology Negara : dasar pengetahuan

Kita sadari bahwa di dunia ini terdapat banyak sekali pengetahuan yang dapat membantu kita agar kehidupan menjadi lebih baik lagi. Disisi lain, terdapat pula pengetahuan yang dapat membuat kehidupan menjadi buruk. Maka dari itu , kita sebagai manusia membutuhkan suatu dasar pengethuan

6.pancasila sebagai ideology Negara : pengarah bangsa

Pengarah bangsa merupakan fungsipancasila sebagai ideologi Negara Indonesia. Pencasila dapat memberikan gambaran mengenai cita-cita yang dimiliki oleh bangsa kita ini dna juga dapat mengerakkan setiap komponen bangsa Indonesia untk dapat melaksanakan pebangunan sebagai suatu bentuk dari pengamalan pancasila itu sendiri.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai pancasila, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.

baca juga :

Baca Juga :  √Flamenco : Pengertian, Sejarah dan Ikhtisar Lengkap
Baca Juga :  √Enzim : Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, Sifat dan faktor
Baca Juga :  √ Lingkungan Sehat : Pengertian, Aspek, Manfaat Dan Contohnya
Baca Juga :  √Refrigerasi : Pengertian, Prinsip, Kompunen Dan Syarat Secara Lengkap