√Otak Tengah: Pengertian, Fungsi dan Strukturnya

Diposting pada
√Otak Tengah: Pengertian, Fungsi dan Strukturnya

Pengertian

Otak tengah (Midbrain) biasa disebut mesencephalon merupakan bagian terkecil dari otak manusia. Sesuai dengan namanya, bagian tersebut terletak di tengah –tengah otak, tepatnya di atas batang otak (brainstem) serta di bawah otak besar (cereberum). Fungsi utamanya ialah sebagai statiun relai guna informasi pendengaran (audio) serta penglihatan (visual).

Fungsi Otak Tengah

  • Fungsi utama dari otak tengah adalah sebagai stasiun relai informasi pendengaran (audio) serta penglihatan (visual).
  • Otak tengah bisa berfungsi guna mengatur tanggapan dari rangsangan yang berhubungan dengan informasi sensorik. Contohnya saat tangan memegang sebuah yang panas, maka otak tengah mengatur tangan guna menjauhi pusat panas tersebut.
  • Otak tengah berperan dalam gerakan otot.
  • Meningkatkan daya ingat bisa membuat seseorang dapat belajar dalam tempo yang lebih singkat.
  • Ikut berperan dalam pengembangan kemampuan inovasi serta kreativitas.
  • Meningkatkan intuisi serta daya tangkap.

Nah karena peranannya dalam menjalankan beberapa fungsi diatas, kita sering mendengar bahwa melatih otak tengah bisa membuat kecerdasan itu meningkat. Pernyataan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, memang ada peneliti yang mengakui bahwa kemampuan interbrain bisa dikembangkan. Namun tidak seperti yang sering kita dengar “otak tengah kita tidak aktif”, pernyataan itu salah besar, otak tengah kita sebenarnya sudah aktif. Hanya saja seiring bertambahnya usia, otak mempunyai kecenderungan untuk secara otomatis menetapkan satu belahan otak menjadi lebih dominan dari yang lain, nah disinilah peran otak tengah penting. Mungkin saja otak tengah bisa membantu dalam penyeimbangan kedua belahan otak tadi, taka da yang berani memastikan argumen itu sebab belum menemukan informasi yang faktual terkait hal tersebut.

Baca Juga :  √Sejarah : Proses Masuk dan Menyebarnya Agama Hindu Budha di Indonesia

Struktur Bagian Otak Tengah

1. Tegmentum

Tegmentum adalah jaringan multisinapsis, jaringan tersebut terlibat dalam sistem homeostasis (keseimbangan) serta lintasan refleks tubuh. Tegmentum mempunyai fungsi utama guna mengatur kesadaran.

Di dalam tegmentum ada beberapa struktur yaitu:

  • Nukleus Merah (Red Nuclei)

Nulekus merah ialah bagian dalam tegmentum yang mempunyai peran penting dalam mengatur koordinasi gerak tubuh.

  • Substansia nigra

Substansia nigra ialah tempat membentangnya tegmentum, yang mana tegmentum mengandung nukleus merah yang mengatur fungsi motorik. Substansia nigra adalah struktur berwarna gelap berisi banyak neuron yang menghasilkan dopamin. Bagian tersebut berperan dalam pengontrolan gerakan badan.

2. Tectum

Tectum terdiri dari 2 pasang colliculi yang secara bersamaan disebut Corpora Quadrigemina yaitu sebagai berikut:

Superior colliculi, adalah colliculi yang berperan dalam proses awal visual serta mengendalikan gerakan mata.

Inferior Colliculi, adalah colliculi yang terlibat dalam proses pendengaran.

3. Pendukulus Serebri (cerebral peduncle)

Pendukulus Serebri (cerebral peduncle) biasa disebut crus serebri merupakan bundel saraf yang terdiri dari saraf sensoris dan motoris yang membawa informasi antara otak besar (cerebrum) serta pons.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Otak Tengah: Pengertian, Fungsi dan Strukturnya semoga bermanfaat

Baca Juga: