√ Negara Yang Menganut Macam Ideologi Beserta Pengikutnya

Diposting pada

Nama- Nama Ideologi yang ada Didunia beserta Penganutnya

  1. Komunisme

Palu Arit sebagai  Simbol Ideologi Komunisme. Ideologi komunis (komunisme) adalah bentuk perlawanan besar pertama di abad ke-20 kepada sistem ekomomi yang kapitalalis dan juga liberal. Komunisme ialah sebuah paham yang menekankan kepemilikan bersama atas alat-alat priduksi (tanah, tenaga kerja, dan modal) yang memiliki tujuan untuk tercapainya masyarakat yang makmur, masyarakat komunis tidak ada kelas serta semua orang dianggap sama.

√ Negara Yang Menganut Macam Ideologi Beserta Pengikutnya

Negara –negara yang masih menganut ideologi komunis yaitu  Republik Rakyat Tiongkok, Transnistia, Kuba, Korea Utara, Laos, serta Vietnam.

  1. ​Liberalisme

Liberalisme/Liberal merupakan sebuah ideologi, pandangan filsafat, serta tradisi politik yang berdasarkan kepada pemahaman bahwa  kebebasan dan juga persamaan hak ialah nilai politik yang utama. Liberalism secara umum mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan dengan kebebasan berpikir untuk para individu. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan, khususnya dari pemerintah dan juga agama.

  1. Negara penganutnya

  • Dibagian Benua Amerika yaitu Amerika Serikat, Brazil, Cili, Cuba, Argentina, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Honduras, Panama, Paraguay, Peru, Kanada, Meksiko, Nikaragua, Uruguay serta Dan Sekarang ini, liberalisme juga dianut oleh negara aruba, Bahamas Grenada, Kosta Rika, Puerto Rico, Republik Dominika, Greenland, dan juga Suriname.
  • Dibagian Eropa diantaranya yaitu Albania, Armenia, Kroasia, Cyprus, Republik Cekoslovakia, Denmark, Austria, Belgia, Bulgaria,Estonia, Finlandia, Perancis, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luxembourg, Macedonia, Moldova, , Bosnia-Herzegovina, Kepulauan Faroe, Netherlands, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Rusia, Serbia Montenegro, Slovakia, Slovenia, Jerman, Yunani, Hungaria, Spanyol, Swedia, Switzerland, Ukraina, United Kingdom, Andorra, BelarusiaGeorgia, Irlandia serta San Marino.
  • Dibagian Asia antara lain yaitu India, Iran Filipina, Taiwan, Thailand , Israel, Jepang, Korea Selatan, Turki, Myanmar, Malaysia Kamboja, Hong Kong, dan juga
  • Dikepulauan Oceania ialah Australia serta Selandia Baru.
  • Dibagian Afrika liberalisme hanya dianut oleh Mesir, Senegal serta Afrika Selatan. Sekarang ini, liberalisme sudah dipahami negara Aljazair, Angola, Côte D’Ivoire, Equatorial Guinea, Gambia, Ghana, Kenya, Malawi, Maroko, Mozambik, Benin, Burkina Faso, Mantol Verde, Seychelles, Tanzania, Tunisia, Zambia dan juga
  1. Kapitalisme

​Kapitalisme berasal dari kata kapital, yang artinya modal. Kapitalisme ialah suatu sistem ekonomi yang dimana sektor industri perdagangan, serta alat-alat produksi dikontrol oleh pihak privat/sektor swasta dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Sebenarnya kapitalisme tidak memiliki definisi universal yang diterima secara luas. Beberapa ahli mengartikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa di abad ke-16 sampai abad ke-19.

Baca Juga :  √ Ideologi Komunisme : Pengertian, Sejarah, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Paham kapitalisme lebih mengarah terhadap perekonomian dari pada politik. Negara yang berpaham kapitalisme adalah negara yang berhasil membangun negaranya seperti Inggris, Amerika, Perancis, Belanda, dan juga Italia.

  1. Fasisme

​Fasisme adalah sebuah paham politik yang mengangungkan kekuasaan absolut tanpa demokrasi. Didalam paham ini, nasionalisme yang sangat fanatik serta otoriter sangat terlihat. istilah fasisme berasal dari bahasa Italia “fascio” artinya sendirinya, sedangkan dari bahasa Latin “fascis” artinya seikat tangkai-tangkai kayu. Fascis ini sebagai simbol daripada kekuasaan pejabat pemerintah. Negara yang pernah menganut paham fasisme ialah Jerman, Italia, dan juga Jepang.

  1. Sosialisme

Sosialisme (sosialis) ialah paham yang bertujuan membentuk negara kemakmuran dengan usaha kolektif yang produktif serta membatasi milik perseorangan. Secara ringkas, Sosialisme ialah rasa perhatian, simpati dan juga empati antar individu ke individu lainnya tanpa memandang status.

Sejak abad 19, sosialisme sudah berkembang ke banyak aliran yang berbeda, yakni Anarkisme, Komunisme, Marhaenisme, Marxisme, dan juga Sindikalisme. Negara yang menganut paham sosialisme ialah Kuba dan Venezuela.

  1. Anarkisme

Anarkisme adalah suatu paham yang mempercayai bahwa segala bentuk negara, pemerintahan, dengan kekuasaannya ialah lembaga-lembaga yang menumbuh suburkan penindasan pada kehidupan, oleh sebab itu negara, pemerintahan, serta perangkatnya harus dihilangkan atau dihancurkan. Sesuai dengan namanya terkadang orang yang menganut paham anarkisme ini menggunakan kekerasan menjadi penyebab adanya penyalahgunaan kewenangan ketika mencapai tujuannya atau dalam menyampaikan ide yang dimilikinya. Negara penganut paham anarkisme ada di sebagian negara spanyol tetapi usianya tidak lama.

  1. Nazisme

Nazi, atau Nasional Sosialisme, mengarah pada sebuah ideologi totalitarian Partai Nazi (Partai Pekerja Nasional-Sosialis Jerman, Jerman: Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei/NSDAP) di pimpin  Adolf Hitler. Nazisme bukanlah sebuah ideologi baru, tetapi sebuah kombinasi dari berbagai ideologi serta kelompok yang mempunyai kesamaan pendapat tentang penentangan Perjanjian Versailes dan  juga kebencian terhadap  Yahudi serta  Komunis yang dipercaya ada di balik perjanjian tersebut.

  1. ​Islamisme

Islamisme merupakan sebuah paham yang pertama kali dicetuskan Jamal-al-Din Afghani/Sayyid Muhammad bin Safdar al-Husayn (1838 – 1897), yang umum dikenalnya sebagai Sayyid Jamal-Al-Din Al-Afghani/Al-Jamal Asadābādī-Din sebagai paham politik alternatif dalam menyatukan negara-negara termasuk di daerah Mandat Britania atas Palestina yang memiliki akar budaya serta tradisi yang berbeda dengan budaya dan tradisi Arab,  kemudian dikembangkan serta dikenal sebagai Pan Islamisme.

  1. Nasionalisme

Nasionalisme  ialah satu paham yang menciptakan serta mempertahankan kedaulatan sebuah negara (bahasa Inggris “nation”) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama bagi sekelompok manusia.

  1. Macam-macam nasionalis:

  • Nasionalisme kewarganegaraan/nasionalisme sipil yaitu sejenis nasionalisme dimana negara mendapatkan kebenaran politik dari penyertaan aktif rakyatnya.
  • Nasionalisme etnis yaitu sejenis nasionalisme dimana negara mendapatkan kebenaran politik dari budaya asal / etnis sebuah masyarakat.
  • Nasionalisme romantik / nasionalisme organic/ identitas ialah dimana negara memperoleh kebenaran politik secara semula. Jadi, organic hasil dari bangsa ataupun ras, menurut semangat romantisme.
  • Nasionalisme Budaya ialah sejenis nasionalisme dimana negara mendapatkan kebenaran politik dari budaya bersama, bukannya “sifat keturunan” seperti warna kulit, ras dan lain sebagainya.
  • Nasionalisme kenegaraan adalah variasi nasionalisme kewarganegaraan digabungkan dengan nasionalisme etnis.
  • Nasionalisme agama adalah sejenis nasionalisme dimana negara mendapatkan legitimasi politik dari persamaan agama.
  1. Pancasila

​Pancasila terdiri atas dua kata Sansekerta: pañca artinya lima dan śīla artinya prinsip/asas. Pancasila merupakan dasar negara Republik Indonesia yang berisi:

  • Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
  • Persatuan Indonesia
  • Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan
  • Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia​
  1. Konservatisme

Edmund Burke (1729-1797), adalah seorang Pendiri Ideologi Konservatisme yaitu suatu paham yang mendukung nilai-nilai tradisional. kata ini berasal dari bahasa Latin yaitu conservare yang artinya melestarikan, memelihara, menjaga, serta mengamalkan. Jadi, Konservatif ialah suatu usaha melestarikan apa yang ada, supaya terpelihara keadaan pada suatu saat tertentu (status quo), dan dengan sedikit sekali perubahan di masa yang akan datang.

Baca Juga :  √Apa Yang Dimaksud Liberalisme : Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Negara yang pernah menganut Ideologi Konservatisme ialah Inggris, Kanada, Bulgaria, Denmark, Hongaria, Belanda, Swedia​.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Negara Yang Menganut Macam Ideologi Beserta Pengikutnya. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :