√ Negara Totalitarian: Pengertian, Ciri Dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian totaliterisme/totalitarial

Totaliterisme ialah pemikiran politik yang melihat bahwa eksistensi manusia secara orang perorang tidaklah penting, sebaliknya setiap manusia menjalankan perannya untuk mendukung tercapainya kepentingan bersama.  Maka dari itu tuntunan utama ialah ideologi negara atau gagasan lain. Jerman di bawah pimpinan partai Nazi dan juga Hitler meruapakan contoh yang sering diungkapkan untuk bentuk pemerintahan yang sebagai perwujudan pemikiran politik ini.

√ Negara Totalitarian: Pengertian, Ciri Dan Contohnya

Sebagai lawan sistem demokrasi, sistem totalitarian ialah bentuk pemerintahan dari suatu negara yang tidak hanya selalu berusaha menguasai segala aspek ekonomi serta politik masyarakat, namun juga selalu berusaha menentukan nilai-nilai ‘baik’ dan juga ‘buruk’ dari prilaku, kepercayaan serta paham dari masyarakat. Hal ini mengak ibatkan ketiadaan batas di antara hak dan kewajiban dari negara ataupun masyarakat. Di dalam ideologi ini, bukan negara yang melayani masyarakat, tetapi justru masyarakatlah yang menjadi pelayan negara. Kebebasan begitu dikekang didalam ideologi ini, sangat berbeda dengan ideologi demokrasi. Mereka yang bekerja di lembaga pemerintahan diwajibkan untuk melaksanakan berbagai tugas untuk membantu penguasa negara dalam membangun negara ke arah yang lebih baik

Ciri – Ciri Negara Yang Berideologi Totalitarianisme

Totalitarianisme mempunyai beberapa ciri diantaranya adalah:

  1. Penggunaan sains dan juga tekhnologi bukan hanya terbatas sebagai sarana kuasa, akan tetapi juga merupakan karakter kuasa totaliter.
  2. Penggunaan gerakan massa sebagai strategi pada mobilisasi.
  3. Pemusatan kekuasaan dalam satu partai yang di umumkan secara sentral, menurut prinsip pemimpin.
  4. Penggunaan metode teror, serta kekerasan. Untuk menakuti masyarakat, supaya setia terhadap Negara.
  5. Monopoli sarana informasi dan juga sejuta Negara.
  6. Ekonomi yang di umumkansecara sentral.

Negara yang menganut totaliterisme/ totalitarian

  1. Republik Rakyat Tiongkok

Contoh negara totalitarianisme di dunia yang pertama adalah Republik Rakyat Tiongkok. Karakteristik ideologi totalitarianisme  di negara ini terlihat dari adanya pimpinan partai tunggal yang mengontrol system dalam negara. Sistem yang dimaksud adalah lembaga-lembaga peradilan, lembaga pendidikan, parlemen, dan mengendalikan komunikasi (bahkan termasuk didalamnya internet).

  1. Korea Utara

Selanjutnya Negara penganut totalitarianisme yakni Korea Utara. Negara ini mempunyai karakteristik ideologi egalitarianisme yakni rakyat diwajibkan atas banyak hal, pengendalian komunikasi serta alat komunikasi (termasuk internet), adanya kekuasaan mutlak pada pemimpin negara, dan juga berbagai karakteristik lainnya.

  1. Uni Soviet pada Masa Stalin

Berikutnya negara totalitarianisme di dunia yang ketiga ialah negara Uni Soviet pada masa pemerintahan Stalin. Rezim Stalin ini mencoba untuk mencapai nilai-nilai kemanusiaan yang universal dengan melalui pembagian kelas didalam masyarakat. Hal tersebut tentu sangat berlawanan dengan kodrat manusia, yaitu setiap orang ialah setara.

  1. Jerman pada Masa Nazi

Sama dengan Uni Soviet di masa Stalin, Jerman di masa penguasaan Nazi juga menerapkan paham Totalitarianisme. Jerman pada saat itu berusaha untuk mewujudkan keunggulan serta kelebihan dari bangsa Arya. Menyebabkan orang-orang selain bangsa Arya diburu kemudian untuk dibunuh.

Pada era modern seperti saat ini, mungkin keberadaan dari paham totalitarianisme menjadi lebih tersamar dan juga sedikit berbeda dengan pada saat masa lalu. Konsep totalitarianisme dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Misalnya seperti pengumpulan data masyarakat melalui sosial media dan juga mempengaruhinya untuk menyukai setiap kebijakan pemerintah.

  • Negara Yang Menganut Ideologi Totalitarianisme lainnya adalah : Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Brazil, Chili, Cuba, Kolombia, Ekuador, Honduras, Nikaragua, Argentina, Bolivia, Panama, Paraguay, Peru, Uruguay dan juga Venezuela.aliter.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Negara Totalitarian: Pengertian, Ciri Dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Ciri Sistem Pemerintahan Presidensial : Pengertian, kelebihan dan kekurangan
Baca Juga :  √ Pengertian Toleransi : Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaatnya
Baca Juga :  √ Pengertian Negara Hukum : Pengertian, Ciri, Unsur, Alasan, Jenisnya
Baca Juga :  √ Fungsi BPK : Pengertian, Tugas, Wewenang dan Fungsinya