√Metamorfosis: Pengertian, Jenis Beserta Tahapnya

Diposting pada
√Metamorfosis: Pengertian, Jenis Beserta Tahapnya

Pengertian

Metamorfosis merupakan perubahan yang terjadi pada suatu organisme baik secara struktural maupun fungsional pada proses menuju kedewasaannya. Perubahan dari segi fisik terjadi sebab adanya perubahan serta diferensiasi sel, sementara perubahan fungsional terjadi sebab perkembangan dari sel itu sendiri.

Jenis-jenis Beserta Tahapnya

1. Metamorfosis Sempurna (Holometabola)

Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang membuat perubahan drastis sampai bentuk awal organisme sangat beda pada bentuknya sesudah metamorfosis terjadi. Metamorfosis sempurna melewati 4 tahapan, yakni Telur, Larva, Pupa, dan Dewasa.

Berikut adalah Fase Tahap Pada Metamorfosis Sempurna:

  • Fase Telur

Pada tahap telur, induk dari organisme itu akan meletakkan telur – telurnya di tempat yang aman serta nyaman untuk calon anaknya tersebut. Pada fase telur, embrio hasil fertilasi sel sperma serta sel ovum akan terus melakukan proses pembelahan sel yang membentuk organ – organ utama untuk kehidupannya. Waktu yang dibutuhkan sebuah organisme untuk menetas dari telurnya tergantung kepada jenis organime tersebut. Struktur serta bentuk dari telur ini juga bervariasi tergantung pada jenisnya.

  • Fase Larva

Sesudah menetas dari telurnya, organisme itu akan masuk ke fase larva. Pada fase larva, dia akan membutuhkan banyak makanan guna perkembangan dan pertumbuhannya. Karena itu bagi induknya untuk meletakkan telur di daerah yang sesuai dengan kebutuhan makanannya ketika menjadi larva. Pada fase larva bisa terjadi beberapa perubahan fisik, contohnya ialah pergantian kulit pada larva serangga, pergantian tersebut akan membuat tubuhnya siap untuk menjadi pupa. Perubahan tersebut dikontrol oleh faktor hormonal tubuhnya.

  • Fase Pupa

Pada fase pupa biasanya kebiasaan makan  akan berkurang, tapi metabolisme di dalam tubuh akan terus berlangsung. Pada proses pupa akan terjadi pertumbuhan, perkembangan serta diferensiasi sel. Saat cukup matang, maka organisme tersebut akan memasuki tahap dewasa.

  • Fase Dewasa (Fase Imago)
Baca Juga :  √Ciri Kebijakan Publik: Pengertian, Jenis, Ciri, Tujuan, Proses pembuatan, dan Contohnya

Fase Dewasa adalah tahapan akhir dalam sebuah metamorfosis. Biasanya bentuk akhir dari makhluk dewasa pada metamorfosis sempurna terlihat sangat beda daripada pada fase larva atau pupa. Fase dewasa adalah fase reproduksi dimana organisme tersebut akan mencari pasangan dan melakukan perkawinan serta berkembang biak.

2. Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola)

Metamorfosis tidak sempurna adalah jenis metamorfosis yang tidak lewat fase pupa. Hasil organisme dewasa yang terbentuk biasanya tidak jauh berbeda dengan tahap lain.

Berikut adalah Tahap Fase Dalam Metamorfosis Tidak Sempurna:

  • Fase Telur

Sama halnya pada metamorfosis sempurna, induk sebuah makhluk hidup akan meletakkan telurnya pada tempat yang dirasa aman dan nyaman. Embrio hasil fertilasi dari sel sperma serta ovum tersebut dilindungi oleh sebuah cangkang yang kuat. Nutrisi pada masa telur di diambil dari komponen di dalam telur tersebut. Pada fase telur terjadi proses pembelahan sel guna membentuk bakal individu yang bisa menghadapi dunia luar.

  • Fase Nimfa

Fase nimfa adalah fase dimana hewan itu sudah siap keluar dari telur. Organisme hasil dari fase limfa sudah mempunyai bentuk sempurna, tapi dalam ukuran yang lebih kecil. Pada fase limfa terjadi pematangan organ – organ di tubuhnya terutama pada organ reproduksi. Pada tahap ini juga akan terjadi perubahan struktur luar tubuh sebab penyesuaian dengan bertambah besarnya tubuh tersebut.

  • Fase Dewasa (Imago)

Sama halnya dengan pada metamofosis sempurna, pada tahap ini semua organ sudah siap guna mendukung kehidupannya secara keseluruhan. Hewan itu akan mencari pasangan kemudia melakukan perkawinan. Kemudian hasil fertilasi dari sel jantan serta betina akan masuk ke tahap awal dari metamorfosis tidak sempurna yakni fase telur.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Metamorfosis: Pengertian, Jenis Beserta Tahapnya semoga bermanfaat

Baca Juga :  √Proses Pencernaan Makanan : Mulut, Gigi, Lidah, Lambung dan Lainnya

Baca Juga: