√Menyajikan Informasi Demografi : Bentuk Tabel dan Grafik

Diposting pada

Setelah kita mempelajari semua bentuk variable yang bisa mempengaruhi peristiwa demografi, seprti angka kelahiran, kematian, persebaran penduduk sampai dengan menghitung proyeksi penduduk, maka langkah berikutnya kita mencoba menyangkan semua informasi yang kita dapat dengan cara paling menarik dan mudah dimengerti oleh orang yang membaca data demografi itu. Bukan malah sebaliknya, setelah membaca data kependudukan, seseorang menjadi lebih pusing karena cara penyajiannya yang kurang manarik dansistematis. Ada beberapa cara untuk menayangkan informasi kependudukan, diantaranya yaitu dalam bentuk tabel, grafik, ataupun peta.

√Menyajikan Informasi Demografi : Bentuk Tabel dan Grafik

 

  1. Bentuk tabel

Semua informasi dari data kependudukan dapat kita tayangkan dalam bentuk tabel. Tabel merupakan sebuah bentuk gambar yang berisi deretan angka-angka hasil perhitungan tabel ini akan memudahkan orang dalam menyusun data yang rumit menjadi gambapang dan dimengerti.

Kalau dujumlahkan, penduduk seluruh pulau  kalimantan sebesar 10.948.310 orang dengan menepati areal seluas 539.460 km atau sekitar 28,11 % luas seluruh indonesia.

  1. Bentuk grafik

Data demografi yang kita milki selain bisa ditampilkan dalam bentuk tabel, juga dapat ditampilkan dalam bentuk grafik. Grafik merupakan cara menayangkan data dengan bentuk titik koordinat yang menghubungkan dua  variabel atau lebih. Grafik itu sendiri banyak banyak sekali jenisnya, tetapi yang akan dijelaskan disini hanya tida jenis saja

  • Grafik garis

Grafik garis merpakan cara menampilkan data dengan mengunakan titik-titik koordinat yang disambungkan sehingga membentuk sebuah kurva.

  • Grafik batang

Data demografi dapat juga disajikan dalam bentuk grafik batang, yakni panampilan sejumlah data dengan memvisualkan titik-titik koordinat itu ke dalam bentuk seprti batang.

  • Grafik pie

Grafik pie merupakan grafik yang berbentuk lingkaran, sehingga data yang telah diolah kemudian disajikan dalam bentuk visual. Biasanya data yang bis di tampilkan dalam grafik ini ialah data yang hanya menampilkan persentase perbandingan seuatu peristiwa saja. Misalkan kita akan menginformasikan data geografis jenis mata pencaharian penduduk di suatu wilayah pada tahun penghitungan tertentu. Tentu sangant bagus data tersebut di tanyangkan melalui bentuk visual grafik pie.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Menyajikan Informasi Demografi : Bentuk Tabel dan Grafik, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Kualitas Penduduk : Pendidikan, Kesehatan dan Pendapatan Perkapita
Baca Juga :  √Dinamika Demograf : Pengertian, Jumlah Penduduk Dan Persebarannya
Baca Juga :  √Pengertian Suku : Fusngi Peran Dalam Bahas, Budaya dan Macamnya
Baca Juga :  √Pencernaan : Pengertian, Macam dan Prosesnya