√Mamalia : Pengertian, Ciri Dan Klarifikasi Ordo

Diposting pada

Pengertian

Mamalia berasal dari kata Mamae yang artinya kelenjar susu. Mamalia adalah hewan kelas vertebrata(hewan bertulang belakang) yang mempunyai kelenjar susu sehingga binatang betina mamalia dapat menyusui anaknya. Mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan.

Ciri-ciri Mamalia

–  Memiliki Kelenjar susu

–  Mempunyai Rambut atau Bulu

–  Sistem Pernafasannya Paru-paru

–  Memiliki Otot diafragma

–  Memiliki 4 serambi kiri dan kanan pada Jantung

–  Suhu tubuh tetap

–  Fertilisasi internal(proses pembuahan di dalam tubuh induk)

–  Memilki Rangka Pembentuk Tubuh

Klasifikasi Ordo Mamalia

  1. Ordo insektivora

Mamalia ordo insektivora mempunyai ciri khusus yaitu mata yang tertutup, telapak kaki bagian depan yang lelebar, cakar yang kuat dan setebal. Mamalia jenis ordo ini termasuk jenis mamalia kecil. Selain itu, mamalia ordo insektivora suka memakan serangga. Contohnya hewannya:tapir,rakun,landak,dll.

  1. Ordo marsupialia

Mamalia ordo marsupilia adalah mamalia yang mempunyai ciri khusus yaitu mempunyai kantung di bagian perut. Kantung  itu berguna untuk membawa dan menyusui bayi-bayi mereka. Contoh mamalia marsupilia ialah kanguru, kuskus, dan koala. Di dalam kantong tersebut terdapat kelenjar susu berguna untuk wadah membawa bayinya dan juga beguna sebagai tempat menyusui sang bayi.

  1. Ordo demoptera

Mamalia ordo demoptera adalah mamalia dengan ciri mempunyai parasut meski bukan sayap. Parasut tersebut didapatkan dari kulit atau membrane sel yang terhubung antara keempat kakinya hewan tersebut. Salah satu contoh hewan yang mamalia jenis ordo demoptera ialah tupai terbang, monyet terbang, dan beberapa jenis serangga.

  1. Ordo chiroptera

Mamalia ordo chiroptera mempunyai ciri fisik hampir mirip dengan mamalia ordo demoptera yaitu terdapat selaput membran yang terhubung dengan kaki depan dan belakang. Yang membedakannya mamalia ordo chiroptera adalah mempunyai ciri lain yakni terletak pada ukuran kaki depan yang lebih besar dari kaki bagian belakang. Contohnya adalah kekelawar.

  1. Ordo primata

Mamalia ordo primata adalah termasuk mamalia jenis omnivora. Selain itu ciri mamalia primata adalah bentuk jari yang lebih besar dan panjang. jari tersebut bertujuan memudahkan dalam memanjat untuk mengambil makanan. Contoh mamalia ordo primate yaitu kera, monyet, gorila, dan orang utan.

  1. Ordo carnivore

Ordo carnivore adalah hewan mamalia yang memangsa hewan lain dan memakan dagingnya. Ciri khusus ordo mamalia yaitu mempunyai taring yang tajam untuk mengunyah daging serta cakar untuk mencabik mangsanya. Contohnya macan, anjing, harimau, singa dan lainnya.

  1. Ordo cetacean

mamalia Ordo Cetacean adalah hewan yang hidup di laut. Contohnya adalah paus dan lumba-lumba. Walaupun mamalia laut tidak menyusui anaknya karena tidak mempunyai kelenjar susu, namun termasuk dalam mamalia dikarenakan memenuhi ciri mamalia lainnya seperti adanya kelenjar susu, paru-paru, dan berkembang biak dengan melahirkan.

  1. Ordo rodentia

Mamalia Ordo Rodentia termasuk dalam jenis mamalia pengerat yaitu mempunyai gigi seri tumbuh pada rahang bawah dan berbentuk seperti pahatan. Tidak mempunyai Taring dan beberapa geraham depan tidak. Contoh hewan nya: tikus,tupai,marmut.

  1. Ordo lagomorpha

Ordo lagomorpha merupakan mamalia herbivora pemakan tumbuh-tumbuhan, daun, dan buah contohnya kelinci.

  1. Ordo proboscidea

Ordo proboscidea adalah ordo mamalia jenis gajah termasuk semua spesies gajah.

  1. Ordo artiodactyla

Ordo artiodactyla adalah mamalia berjari genap contohnya kijang, kerbau, banteng, sapi, kambing, jerapah, dan unta.

  1. Ordo perisodactyla

Ordo perisodactyla adalah mamalia berkuku ganjil contohnya kuda, dan keledai.

  1. Ordo Monotremata

Monotremata termasuk dalam mamalia bertelur seperti platypus, meskipun platypus tergolong hewan bertelur tapi mereka menyusui anaknya.

demikianlah artikel dari dunia duniapendidikan.co.id menganai Mamalia : Pengertian, Ciri Dan Klarifikasi Ordo, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.

baca juga :

Baca Juga :  √Endonom : Pengertian dan Macam Gerak Endonom
Baca Juga :  √Sosiologi : Fungsi dan Definisi Menurut Para Ahli
Baca Juga :  √Energi Panas : Pengertian dan Macam Perpindahannya
Baca Juga :  √Baterai : Pengertian, Jenis Dan Manfaatnya