√Macam Kreativitas : Pengertian, Definisi, Ciri, Tahap dan Konsepnya

Diposting pada

pengertian kreativitas

kreativitas ialah potensi yang dimiliki oleh setiap manusia dan bukan yang diterima dari luar individu. Kreativitas yang dimiliki oleh menusia, lahir bersama lahirnya manusia tersebut. Seja lahir individu telah memperlihatkan kencederungan mengktualisasikkan dirinya. Dalam kkehidupan inni kkreativitas sangatlah penting, karena kreativitas ialah suatu kemampuan yang sangat berarti dalam proses kehidpan manusa.

√Macam Kreativitas : Pengertian, Definisi, Ciri, Tahap dan Konsepnya

Definisi reativitas menurut para ahli

Berikut ini ialah beberapa definisi reativitas menurut para ahli

  1. Menurut conny R semiawan

Reativitas merupakan modifikasi sesuatu yang telah ada menjadi konsep baru. Dengan begitu, terdapat dua konsep lama yang dikombinasikan menjadi satu konsep baru.

  1. Menurut utami mundar

Reativitas merupakan hasil dari interasi antara individu dan lingungannya, emampuan untu membuat kombinasi baru, berdasarkan data, informasi atau unsur yang telah ada atau dikenal sebelumnya, yaitu semua pengalaman dan juga pengatahuan yang sudah diproses seseorang selama hidupnya bai itu di lingungan seolah keluarga maupun di masyarakat.

  1. Menurut barron yang dikutip dari ngalimun dan awan-kawan

Kreativitas merupakkan emampuan untuk menciptaan seseuatau yang baru. Guilford yand dikutip dari ngalimun dan dawan-kawan menyatakkan kreativitas mengacu pada kemampuan yang menndai seseorang kreatif.

  1. Menurut rogers

Kreativitas ialah sebagai proses munculnya hasil-hasil baru ke dalam tindakan. Hasil baru itu muncul darisifat-sifat inficudu yang unik yang berinteraksi dengan individu lain, pengalaman maupun juga keadaan hidupnya.

  1. Menurut dreavdahl

Kreativitas merupakan kemampuan yang bisa berwujud kreativitas  sebagai kemampuan untuk memproduksi komposisi dan juga gagasan-gagasan baru yang bisa berwujud kreativitas imanjenatif atau sintesis yang mungkin melibatkan pembentukan pola-pola baru dan juga kombinasi dari pengalaman masa lalu yang duhubungkan dengan yang telah ada pada situasi sekarang.

  1. Menurut jawwad (dikutip dari kemendikbud)

Kreativitas merupakan kemampuan berpikir untuk meraih hasil-hasil yang variatif dan juga baru, serta memungkinkan untuk diaplikasikan, baik dalam bidag keilmuan, kesusastraan, keolah ragaan, maupun bidang kehidupan yang malimpah.

Ciri-ciri kreativitas

Berikut ini ialah beberapa ciri-ciri kreatifitas yang dikemukakan oleh beberapa para ahli.

  1. Menurut pedoman diagnostik potensi peserta didik

Disebutkan ciri kreativitas antaralain ialah sebagai berikut ini;

  1. Menciptakan berbagai ragam dan juga jumlah gagasan guna memecahkan persoalan,
  2. Menunukan rasa ingin tahu yang luarbiasa
  3. Sering mengajukan tanggapan yang unik dan juga pintar
  4. Suka mencoba hal baru
  5. Berani mengambil resiko
  6. Peka terehadap keindahan dan juga segi estetika dari lingkungan

Itulah tadi beberapa ciri kreatifitas dari pedman diagnostik potensi peserta didik

  1. Menurut conny R. semiawan

Ciri kreatifitas diantaranya ialah sebagai berikut

  1. Memainkan peran yang positif berfikir kreatif
  2. Berani mengambil resiko
  3. Tumbuh kembang mengatasi masalah
  4. Merumuskan dan juga mendefinisikan masalah
  5. Menghargai sesama dan juga lingkungan sekitarnya
  6. Toleransi terhadap masalah ganda

nah itulah tadi beberapa ciri kreativitas dari conny r. setiawan

Tahapan kreativitas

Menurut wallas, yang dikutip oleh solso, kreatif muncul dalam empat tahap yaitu sebagai  berikut ini;

  1. Tahapan persiapan

Tahapan ini merupakan tahapan awal yang berisikan keggiatan pengenalan masalah, pengumbulan data informasi yang relevan dan elihat hubungan antara hiptersis dengan kaidah yang ada, akan tetapi belum sampai menemukan sesuatu, baru menjajaki kemungkinan-kemungkinan.

  1. Tahapan inkubasi

Masa inkubasi ini dikenal luas sebagai tahapan istirahat, masa menyimpan informasi yang telah dikumpulakan, lalu berhenti dan juga tidak lagi memusatkan diri atau merenungkannya

Konsep tentang kreativitas

Ada empat pengertian kretivitas yang dapat di tinjau

  1. Kretivitas sebagai proses

Kreatifitas merupakan suatu proses yang menghasilakn sesuatu yang baru, apakan suatu gagasan atau suatau objek dalam suatu bentuk atau kan susunan yang baru proses kreativitas sebagai munculkanya ke dalam tindakan suatu prosuk baru yang tumbuh dari keunikan indiviru di satu pihak, dan juga dari kejadian orang-orag, dan keadaan hidup dilain pihak.

  1. Kreativitas sebagai produk

Definisi pada dimensi produk ialah upaya yang mendifinisikan kreativitas yang berfokus pada produk atau apa yang dihasilkan leh individu baik sesuatu yang baru attau original atau kan sebuar elaborasi atau penggabungan yang inovatif

  1. Kreativitas ditinjau dari sebi pribadi

Kreativitas ialah ungkapa yang unik dari seluruh pribadi sebagai hasil interaksi individu, sikap, perasaan dan juga prilakunya. Sebagi pribadi: kreaivitas mencerminkan keunikan individu dalam pikiran-pikiran dan juga ungkapannnya. Kreativitas muali dengan kemampuan individu untuk menciptakan sesuatu yang baru.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Macam Kreativitas : Pengertian, Definisi, Ciri, Tahap dan Konsepnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Media Pembelajaran Untuk Anak TK : Audio, Lingkungan, Permainan DLL
Baca Juga :  √Contoh Kalimat Majemuk : Pengertian, Ciri dan Jenisnya, Bertingkat, Setara
Baca Juga :  √Contoh Kalimat Impretatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contohnya
Baca Juga :  √Konsep Media Pembelajaran : Pengertian, Jenis dan Media Prosesnya