√ Macam kerajaan Islam Di Indonesia

Diposting pada

Ada banyak kerajaan-kerajaan islam di Indonesia yang dapat kita ketahui. Kerajaan-kerajaan tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan agama islam di Nusantara. Kerajaan-kerajaan tersebut juga meninggalkan beberapa bukti sejarah yang hingga saat ini masih bisa dinikmati. Apa saja kerajaan kerajaan islam di Indonesia.

Kerajaan Perlak

Nama kerajaan islam yang paling tua adalah Kerajaan Perlak. Kerajaan ini terdapat di wilayah Sumatera. Berdirinya Kerajaan Perlak ini di pertengahan abad ke IX. Sementara raja pertama yang memerintah kerajaan Perlak adalah Alauddin Syah. Kerajaan Perlak ketika itu ialah kota Dagang yang menjadi penyedia lada yang terkenal. Akan tetapi  pada akhir abad ke XII Perlak akhirnya berada dalam masa kemunduran.

Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan islam di Indonesia yang kedua adalah Kerajaan Samudra Pasai. Kerajaan ini ialah kerajaan yang kembar. Letak kerajaan ini di pesisir timur dari laut Aceh Kab. Lhok Seumawe (Aceh Utara). Kehadirannya sebagai salah satu kerajaan islam dan diperkirakan pada awal ataupun pertengahan abad ke-13 Masehi.

Kerajaan Aceh Darussalam

Kerajaan islam di Indonesia selanjutnya adalah kerajaan Aceh Darussalam. Kerajaan ini berdiri pada 1514. Raja pertamanya yang di pimpin oleh Sultan Ibrahim (Ali Mugayat Syah). Sementara kerajaan Samudra Pasai hanya berlangsung sampai tahun 1524 Masehi. Karena tahun 1521 Masehi kerajaan tersebut ditaklukan tentara portugis dan selanjutnya mendudukinya sampai 3 tahun. Akan tetapi setelah tahun 1524 Masehi, dianekasi raja Aceh, bernama Ali Mughayatsyah. lalu kerajaan Samudera Pasai berada di bawah kekuasaan kesultanan Aceh dan berpusat di wilayah Bandar Aceh Darussalam.

Read More  √Cara Mendidik Anak Laki : Sesuai Sunnah Rosulullah

Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

Dalam beberapa buku sejarah pelajaran di sekolah, sudah menyebutkan apbila kerajaan islam tertua di Indonesia ialah Kerajaan Samudra Pasai. Namun hal ini masih diperdebatkan, karena ada yang menyebutkan apabila kerajaan Perlak jauh lebih dulu berdiri daripada Samudra Pasai. Perlak berdiri tahun 840 Masehi – tahun 1292. Sedangkan kerajaan Samudra Pasai berdiri tahun 1267 sampai 1521.

Kerajaan Samudra Pasai

Salah satu kerajaan islam tertua di Indonesia adalah Kerajaan Samudra Pasai. Tahun didirikannya kerajaan ini adalah abad ke 13 Masehi. Pendirinya adalah Sultan Malik AL Saleh yang bertepatan setelah kehancuran kerajaan Sriwijaya.

Letak kerajaan ini di Aceh Utara Kabupaten Lokseumawe. Selain itu, kerajaan ini juga merupakan gabungan  dari kerajaan Pase dan juga kerajaan Perlak. Akan tetapi ketika tahun 1297 raja pertama bernama Sultan Malik Al Saleh yang sudah wafat sehingga digantikan oleh putranya Sultan Mahmud.

lalu kepemimpinan dilanjutkan oleh Sultan Malik Al-Tahir tahun 1326. Saat masa pemerintahan raja Sultan Malik Al-Tahir, mata uang kerajaan ini adalah koin emas. Selain itu, kerajaan ini juga dijadikan pusat perdagangan dan juga  penyebaran agama islam.

Setelah wafatnya Sultan Malik Al-Tahir kepemimpinan digantikan oleh Raja Sultan Mahmud Malik Az Zahir hingga tahun 1345. Saat masa pemerintahan raja tersebut, kerajaan Perlak akhirnya telah menjadi bagian dari kedaulatan Pasai. Selanjutnya dia telah menempatkan putranya bernama Sultan Mansur.

Selain itu, pada masa pemerintahan Sultan Ahmad Malik Az Zahir, wilayah Samudera menjadi satu kesatuan bernama Samudera Pasai dan tetap berpusat di wilayah Pasai. Sementara pada masa Sultan Zain Al Abidin Malik Az Zahir, kerajaan Pedir menjadi bawahan dari kerajaan Pasai.

Read More  √Apa Yang Dimaksud Integrasi Nasional : Pengertian, Faktor dan Syaratnya

Dan untuk Pasai juga mempunyai  hubungan yang buruk dengan Nakur sehingga saat kemarahannya memuncakmengakibatkan terjadinya penyerangan terhadap Pasai dan juga Sultan Pasai terbunuhdikala itu. Sementara Kesultanan Pasai akhirnya runtuh setelah ditaklukkanPortugal pada tahun 1521. Akantetapi sebelumnya sudah menaklukan Melaka pada tahun 1511.Selanjutnya tahun 1524 Pasai sudah menjadi bagian kedaulatan Kesultanan Aceh.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Macam kerajaan Islam Di Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :