√ Lapisan Matahari: Pengertian, Lapisan dan Manfaatnya

Pengertian

Matahari merupakan bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet.Secara kimiawi, sekira ¾ massa Matahari terdiri dari hidrogen, sementara sisanya didominasi helium.

√ Lapisan Matahari: Pengertian, Lapisan dan Manfaatnya

Matahari pun terdapat 4 lapisan yaitu sebagai berikut:

Lapisan Mahatari

  1. Lapisan Fotosfer

Lapisan pertama yang ada di matahari atau lapisan terluar dari matahari ialah fotosfer. Fotosfer tersebut juga dinamakan dengan lapisan cahaya. Fotorser adalah bagian permukaan dari matahari yang merupakan bola gas sangat besar dan memiliki ketebalan sekitar 350 km dan batas- batas dari lapisan tersebut tidak jelas. Fotosfer ini mirip piringan yang  memiliki warna emas.

Dari semua lapisan matahari, lapisan fotosfer ini yang memancarkan cahaya yang paling kuat, maka dari itu disebut sebagai lapisan cahaya. Cahaya kuat yang dipancarkan oleh lapisan ini sebagian hingga ke Bumi dan kita kenal sebagai cahaya matahari. Selain cahaya atau sinar, lapisan itu juga memancarkan energi panas yang bersamaan dengan sinar atau cahaya matahari tersebut. Karena cahaya dan energi panas telah dipancarkan atau disalurkan ke sekitarnya, maka suhu lapisan ini menjadi yang paling rendah dari lapisan- lapisan matahari yang lainnya.

  1. Lapisan Kromosfer

Lapisan kromosfer adalah lapisan yang ada di atas lapisan fotosfer. Lapisan kromosfer ini juga sering dikatakan sebagai atmosfernya matahari dan lapisan kromosfer itu adalah bagian paling bawah dari atmosfernya matahari. Lapisan kromosfer ini lebih tebal dibanding lapisan fotosfer, yait sekitar 16.000 km (sangat tebal).

Lapisan kromosfer merupakan lapisan matahari yang mengandung pertikel- partikel contohnya proton, elektron, dan neutron. Suhu yang dimiliki oleh lapisan kromosfer ini rata- rata sekitar 6.000 sampai 20.000 kelvin. Semakin ke dalam, suhu lapisan kromosfer ini akan sangat panas. Pada dasarnya lapisan kromosfer ini ialah lapisan yang sulit untuk dilihat oleh mata telanjang manusia. Tapi, lapisan kromosfer ini dapat dilihat dengan mata telanjang manusia jika terjadi gerhana matahari total. Pada saat proses terjadi gerhana matahari total ini, lapisan kromosfer tampak mirip cincin yang berwarna merah. Warna merah adalah pembuktian bahwa lapisan kromosfer ini memancarkan cahaya yang lebih lemah dari lapisan fotosfer.

  1. Korona

Lapisan korona ini adalah lapisan matahari yang paling luar. Lapisan korona mencakup kedua lapisan yang sudah dijelaskan di atas (fotosfer dan kromosfer). Lapisan korona juga disebut sebagai lapisan atmosfer matahari di bagian luar. Korona terdiri dari lapisan yang berupa gas, walaupun gas yang dimiliki sangatlah sedikit atau sangat tipis.

Karena berbetuk gas yang tipis, maka bentuk korona bisa beruah- ubah setiap waktu dan untuk menentukan batas- batas dari lapisan ini amatlah sulit. Lapisan korona ini sering terlihat sebagai mahkota yang berwarna putih cemerlang yang mengelilingi matahari. Sedangkan saat gerhana matahari  total terjadi, maka kita akan melihat lapisan ini mempunyai warna yang keabu- abuan. Karena memiliki bentuk yang menyerupai mahkota, maka lapisan ini dinamakan sebagai korona yang memiliki arti “mahkota”.

Lapisan korona ini mempunyai ketebalan sekitar 1.000.000 kelvin. Lapisan korona adaah lapisan matahari yang banyak mengandung atom besi, nikel, argon, dan juga zat kapur. Kita bisa mengamati korona setiap waktu dengan memakai sebuah alat yang disebut dengan teleskop. Teleskop yang dipakai untuk mengamati lapisan korona disebut dengan koronagraf.

  1. Inti

Inti matahari ini adalah bagian terdalam yang dimiliki oleh matahari. Sehingga kita bisa mengetahui bahwa bagian inilah yang memiliki suhu paling tinggi diantara semua lapisan. Lapisan ini matahari ini memiliki suhu sekitar 15.000.000 kelvin. Karena mempunyai suhu yang sangat tinggi, maka di lapisan inilah terjadi reaksi fusi.

Reaksi fusi ini terjadi karena dalam inti matahari ada muatan- muatan yaitu proton (atom yang mempunyai muatan positif), elektron (atom yang bermuatan negatif), dan neutron (atom yang mempunyai sifat netral). Pada bagian inti matahari ini ada gaya gravitasi yang bisa menarik semua materi kemudian membentuk sebuah tekanan.

Energi yang tercipta karena reaksi fusi atau reaksi termonuklir  lalu di pancarkan ke luar secara radiasi.  Bagian inti matahari ini ada di sekitar 502.000 km dibawah permukaan matahari. Bagian inti matahari ini memiliki diameter sekitar 386.160 km. Besarnya inti matahari ini memenuhi  sekitar 25% dari total rotasi matahari secara keseluruhan.

Manfaat Matahari

  1. Membantu proses pengeringan

Salah satu manfaat yang bisa kita rasakan secara langsung dari sinar matahari yang terik ialah membantu proses pengeringan. Sinar matahari adalah satu- satunya yang diandalkan apabilan melakukan proses pengeringan secara alami, sehingga bisa membantu pekerjanaan seharai- hari. Beberapa pengeringan yang mengandalkan sinar matahari ialah pengeraingan padi, pengeringan pakaian, ikan asin, dan hasil pertanian dan laut lainnya.

  1. Membantu pelaksanaan fotosintesis pada tumbuhan

Salah satu fungsi yang bisa dinikmati oleh makhluk hidup, yaitu tumbuhan dari keberadaan sinar matahari ini ialah membantu pelaksanaan proses fotosintesis. Fotosintesis adalah kegiatan makan yang dilakukan oleh tumbuhan. Selain sebagai prose atau kegiatan makan, fotosintesis ini pun bermanfaat untuk manusia karena akan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk bernafas manusia dan binatang.

  1. Sumber energi paling besar

Sinar matahari adalah sumber energi alami paling besar yang ada Bumi. Dengan sinar matahari manusia dapat melakukan berbagai kegiatan dan juga menciptakan berbagai temuan yang bisa meringankan kegiatan manusia sehari- hari. Sinar matahari yang sangat bermanfaat ini bisa digunakan sebagai pembangkit listrik, yaitu PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

  1. Menyehatkan badan

Sinar matahari pun bermanfaat untuk menyehatkan badan kita. Sinar matahari di pagi hari kaya akan vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Itu sebabnya banyak anak- anak yang disarankan untuk menjemur badannya pada pagi hari supaya mendapat kebaikan dari sinar matahari ini. Selain itu sinar matahari di pagi ini tak terlalu panas sehingga dapat kita gunakan untuk berjemur dengan waktu yang lama.

  1. Mengatur tata surya

Fungsi lain dari matahari merupakan sebagai pusat dan pengatur tata surya. Fungsi ini adalah fungsi sentral yang dimiliki oleh matahari dan hubunganya dengan benda- benda langit lainnya. Karena adanya matahari ini planet- planet memiliki orbit yang mengelilinya dan mendapatkan kebaikan sinar matahari.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dari matahari, baik manfaat dari sinar dan panasnya, ataupun fungsi dari adanya matahari itu sendiri.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Lapisan Matahari: Pengertian, Lapisan dan Manfaatnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Kebijakan Tanam Paksa : Pengertian, Latar Belakang, Beserta Dampaknya
Read More  √ Cerita Pemikiran Tan Malaka : Beserta Sejarahnya
Read More  √ Profil dan Biografi R.A Kartini : Nama Lengkap, Pendidikan dan Keluarganya
Read More  √ Pengertian Ringkasan : Bentuk, Ciri, dan Contohnya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend