√Kualitas Penduduk : Pendidikan, Kesehatan dan Pendapatan Perkapita

Diposting pada

Jika pada kuantitas penduduk kita berbidcara mengenai angka-angka yang berhubungan dengan jumlah penduduk, maka pada kualiat penduduk kita akan berbicara tentang nilai atau mutu yang dimiliki penduduk. Nilai atau mutu penduduk itu tidak dapat dengan serta merta kita simpulkan, tetapi diperlukan parameter yang digunakan dalam menentukan kuantitas penduduk ialah angka-angka akurat yang diperoleh di lapangan. Sedangkan ualitas penduduk itu diukur dari tingkat kesehatan dan pendidikan serta pendapata perkapita yang dimilliki oleh penduduk yang bersangkutan.

√Kualitas Penduduk : Pendidikan, Kesehatan dan Pendapatan Perkapita

Pendidikan

Seperti yang telah di jelaskan tadi, bahwa tingkat pendidikan penduduk bisa diukur dari tingkat kelulusan yang dilalui. Semakin tinggi tingkatan sekolah yang dilalui, maka semakin berkualitas penduduk satu negara. Paling tidak ada beberpa tingkatan kelompok kelulusan yang bisa dianalisis.

Kesehatan

Sesudah pendidikan, parameter yang bisa di gunakan dalam menentukan kualitas penduduk ialah tingkat kesehatan. Berbicara mengenai kesehatan, ada dua hal yang menjadi dasar. Pertama, semakin tinggi tingkat kesehatan penduduk maka semakin tinggi kualitasnya. Begitu juga sebaliknya. Semaikin rendah tingkat kesehatan penduduk makan akan semakin tendah kualitas penduduk itu. Kedua, dilihat dari tingkat kematian bayi yang dilahirkan dan usianya dibatasi sampai dibwah satu tahun dari setiap serbu orang penduduk. Angka ini akan didapat dengan cara membagi jumlah bayi yang dilahirkan daari setiap seribu orang penduduk dikalikan seratus persen.

Pendapatan per kapita

Pendapatan per kapita ialah salah satu indikator kemakmuran sattu negara. Pendapatan perkapita mencerminkan penghasilan yang diperoleh setiap penduduk melalui aktivitas produktif. Angka ini dihitung dari jumlah GNP di bagi jumlah penduduk satu negara. GNP Ialah pendapatan yang dihasilkan negera dalam setiap tahunya, jadi , semakin besar jumlah GNP suatu negara, maka pendapatan perkapitanya pun akan ikut naik, dengan caatan jumlah penduduk tidak bertambah dengan cepat.

Diantara maslah-masalah kependudukan yang dihadapi di negara kita dewasa ini ialah sebagai berikut.

  1. Jumlah penduduk dan tingkat pertumbuhannya yang tinggi

Besarnya jumlah penduduk indonesia mencapai angka 206.264.595 jiwa berdasarkan sensus penduduk tahun 2000. Tidak terlepas dari tingkat pertumbuhan penduduknya yang tinggi, takni 1,6%. Dengan demikian, pertambahan penduduk indonesia ialah sebanyak 3.320.860 jiwa pertahunnya. Untuk menekan laju pertumbuhan penduduk yang lebih besar lagi, pemerintah hendaknya kembali menggalakkan program keluarga berencana (KB) seperti yang telah sukses di gelar selama periode pemerintah orde baru. Melalu proram ini masyarakat dan juga para pemimpinya, formal dan informal, di ajak untuk bangkit dan mengerakkan masyarakat dan seluruh warganya meningkatkan kesadaran dan harkat martabanya menjadi manusia yang utuh.

  1. Kepadatan penduduk dan penyebarannya yang tidak merata

Kepadatan penduduk di beberapa daerah di indonesia erjadi karena tidak meratanya penyebaran penduduk, dimana terdapa provinsi-provinsi yang jumlah penduduknya jauh melampaui batas kemampuan lahannya, seberjti jawabarat, dki jakarta, dan juga jawa tengah, sementara ada beberpa propinsi yang masih rendah tingkat kependataan penduduk nya, misalnya di kalimanttan barat, kalimantan tengah, dan juga papua. Masalah kepadatan dantidak meratanya penyebaran penduduk ini dapat di tanggulangi dengan menggalakkan program transmigrasi.

  1. Kondisi ekonomi yang masih rendah

Mengutip dari data BPS, digambarkan bahwa pada tahun 2004 jumlah penduduk miskin mencapai 36,1 juta atau sekitar 16,6 % dari keseluruhan jumlah penduduk indonesia. Angka ini sudah mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun perhitungan sebelumnya. Ini artinya, angka kemiskinan di indonesia sediki demi sedikit bisa ditekan. Banyak faktor yang mempengaruhi tinginya angka kemiskinan di indonesia, di antaranya ialah angka pengangguran yang tinggi. Penyediaan lapangan pekerjaan-lapangan pekerjaan pada karya di harapkan dapat mengurangi angka kemiskinan di indonesia.

 

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Kualitas Penduduk : Pendidikan, Kesehatan dan Pendapatan Perkapita, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Dinamika Demograf : Pengertian, Jumlah Penduduk Dan Persebarannya
Baca Juga :  √Pengertian Suku : Fusngi Peran Dalam Bahas, Budaya dan Macamnya
Baca Juga :  √Seni : Penertian , Fungsi dan Jenisnya
Baca Juga :  √Pencernaan : Pengertian, Macam dan Prosesnya