√ Konservasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Contoh

Diposting pada

Pengertian

Konservasi adalah sebuah upaya pelestarian lingkungan akan tetapi masih memperhatikan manfaat yang bisa didapatkan pada saat itu dengan cara tetap mempertahankan sebuah keberadaan setiap komponen-komponen lingkungan untuk pemanfaatan di masa yang akan datang.

√ Konservasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Contoh


Tujuan Konservasi

– Untuk dapat memelihara dan untuk melindungi tempat-tempat yang telah dianggap berharga agar tidak hancur.

– Untuk dapat menekankan kembali sehingga dapat memakai kembali pemakaian bangunan yang telah lama yang sehingga tidak terlantar, sebenarnya mempunyai maksud apakah dengan memakai cara seperti ini bisa menghidupkan kembali fungsi dari bangunan yang sebelumnya dari bangunan itu atau bisa juga mengganti sebuah fungsi dari bangunan yang lama dengan fungsi yang baru yang memang diperlukan.

 – Untuk dapat melindungi benda-benda sejarah atau juga benda-benda pada zaman purbakala dari kehancuran dan kerusakan yang dapat diakibatkan oleh faktor alam, mikro organisme dan juga kimiawi.

 – Untuk dapat melindungi benda-benda cagar alam yang telah dilakukan dengan secara langsung seperti membersihkannya, memelihara dan juga memperbaiki baik secara fisik ataupun dengan cara langsung dari pengaruh berbagai macam faktor yang ada, contohnya seperti faktor lingkungan yang bisa merusak benda-benda itu.


Manfaat Konservasi

– Yang pertama adalah untuk melindungi kekayaan ekosistem alam dan memelihara sebuah proses – proses ekologi maupun keseimbangan ekosistem dengan secara berkelanjutan.

– Yang kedua adalah untuk melindungi spesies flora dan fauna yang langka atau hampir punah.

– Yang ketiga adalah untuk melindungi ekosistem yang indah, menarik dan unik.

– Yang keempat adalah untuk melindungi ekosistem dari sebuah kerusakan yang disebabkan oleh faktor alam, mikro organisme dan lain sebagainya.

– Yang Kelima adalah untuk menjaga kualitas lingkungan supaya tetap terjaga, dan lain sebagainya.

– Yang keenam adalah Untuk mencegah sebuah kerugian yang diakibatkan oleh suatu sistem penyangga kehidupan contohnya kerusakan pada hutan lindung, daerah aliran sungai dan lain-lain. Kerusakan pada sebuah lingkungan akan mengakibatkan bencana dan otomatis akan mengalami kerugian.

– Untuk mencegah sebuah kerugian yang diakibatkan hilangnya sumber genetika yang ada pada  sebuah flora yang mengembangkan bahan pangan dan bahan untuk obat-obatan.


Jenis-jenis Konservasi

  1. Taman Nasional

Taman nasional memiliki fungsi sebagai perlindungan pada sebuah sistem penyangga kehidupan dan perlindungan pada hewan dan tumbuhan dan dalam pelestarian sumber daya alam. Selain itu pun, pada taman nasional penting untuk ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya, dan rekreasi.

Contoh : Pada Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh, Taman Nasional Komodo di pulau Komodo, dan Taman Nasional Kepulauan Seribu.

  1. Cagar Alam

Cagar alam adalah sebuah kawasan perlindungan alam yang memiliki ciri khas, yakni tumbuhan dan hewan yang perkembangannya diserahkan pada alam.

Contoh : pada Cagar Alam Rafflesia di Bengkulu, Cagar Alam Kawah Ijen di Jawa Timur, dan Cagar Alam Gunung Krakatau di Lampung.

  1. Taman Laut

Taman laut adalah sebuah wilayah lautan yang mempunyai ciri khas yang berupa keindahan alam yang diperuntukkan untuk melindungi keanekaragaman hayati di lautan.

Contoh : pada Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara.

  1. Kebun Raya

Kebun Raya adalah sebuah kumpulan tumbuh-tumbuhan di suatu tempat yang berasal dari berbagai daerah untuk tujuan konservasi, ilmu pengetahuan, serta rekreasi.

Contoh: pada Kebun Raya Bogor, kebun raya kuningan, kebun raya cibodas, kebun raya baturaden.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Konservasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Contoh, semoga artikel ini bermanfaaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Ikatan Logam : Pengertian, Sifat, Contoh
Baca Juga :  √ Gagasan Pokok Adalah : Pengertian, Ciri, Cara Menemukan dan Letaknya
Baca Juga :  √ Debat Adalah : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Etika, Ciri, Struktur
Baca Juga :  √ Bintang Adalah : Pengertian, Ciri, Macam, Sistem Penamaan, Proses Terbentuknya