√Konsep Media Pembelajaran : Pengertian, Jenis dan Media Prosesnya

Diposting pada

Menurut bovee media merupakan sebuah alat yyang memiliki fungsi penyampaikan pesan. Media ialah bentuk jamak dari kata “medium” yang besaral dari bahasa latin yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media ialah perantara attau perantar pesan daari pengirim ke penerima pesan.

√Konsep Media Pembelajaran : Pengertian, Jenis dan Media Prosesnya

Menurut dadang media tentunya memiliki cakupan yang sangat luar, oleh sebab itu saat ini masalah media dibatasi kearah yang relevan dengan masalah pembelajaran saja atau yang dikenal sebagai media pembelajaran.

Media pembelajaran secara umum ialah alat bantu proses dalam belajar mengajar. Media pembelajaran seringkali menggunakan prinsip kerucut pengalaman, yang membutuhkan media seperti buku teks, bahan belajar yang dibuat oleh guru dan juga “audio visual”

  • Jenis-jenis media pembelajaran

Ada enam jenis dasar dari media pembelajaran menurut heinich and molenda.

  1. Teks

Merupakan elemen dasar bagi menyampaikan suatu informasi yang meiliki berbaai jenis dan juga bentuk tulisan yang berupaya memberi daya tarik dalam penyampaian informasi.

  1. Media audio

Membantu menyampaikan maklumat dengan lebih berkesan. Membantu meningkatkan daya rarikan terhadap sesuatu persembahan. Jenis ardio ini termasuk suara latar atau rekaman suara dan lainnya.

  1. Media visual

Media yang bisa memberikan rangsangan visual seperti gambar, sketsa, diagram, grafik kartu,  proster, dan yang lainnya

  1. Media proyeksi gerak

Termasuk di dalam film gerak, program tv, dan yang lainnya.

  1. Benda-beda tiruan (miniatur)

Seperti benda tiga dimensi yang bisa disentuh dan juga diraba oelh siswa. Media ini dibuat guna mengatasi keterbatasan baik objek maupu situasi sehingga proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik.

  • Media-mendia yang dapatt digunakan dalam proses pembelajaran.

Seperti halnya media lain, media visual berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan de dalam simbol visual. Selain itu juga, fungsi media visual iaalah untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan / menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan apabila tidak divisualkan.

  1. Gambar atau foto

Kita sering enggunakan gambar dan juga waktu, gambar atau foto bisa mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Bisa memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja. Manfaat atau kelebihan gambar/foto sebagai media pembelajaran ialah :

Memberikan tampilan yang sifatnya konkrit.

Gambar bisa mengatasi batasan ruang dan waktu.

Gambar atau foto bisa mengatasi keterbatasan pengamatan kita

Bisa memperjelas suatu masalah, dalam bidangg apa saja dan untuk tingkat usia berapa saja.

  1. Sketsa

Sketsa ialah gambar yang merupakan draft kasar yang menyajikan bagian pokoknya saja tanpa detail. Sketsa selain bisa menarik perhatian perserta atau siswa juga bisa menghindari berbalisme dan bisa memperjelas penyampaian pesan.

  1. Diagram

Diagram ini berfungsi sebagai penyederhana sesuatu yang kompleks sehingga bisa memperjelas penyaian pesan. Isi diagram pada umumny aialh berpa petunjuk.

  1. Grafik

Disusun berdasarkan prinsip matematik dan juga menggunakan data komparatif, grafik ialah gambar sederhana yang menggunakan itik-jtitik, gari atau simbol verbal yang berfungsi untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti,

  1. Kartun

Kartun merupakan suat gambar interpreteatif yang menggunakan simbol untuk menyampaikan suatu pesan secaracepat dan ringkas atau suatu sikap terhadap orang, situasi atau kejadia tertentu.

  • Media audio

Merupakan jenis media yang berhubungandengan indera pendengaran. Pesan yang akan disampaikan dituangkan de dalam lambang auditif. Beberapa jenis media yang bisa digolongkanke dalam media audio ialah sebagai berikut ini;

  1. Radio

Radio ini media yang dapat merangsang partisipasi aktif dari pendengar. Siarang radio sangat lah cocok untuk mengajarkan musik dan bahasa. Bahkan radio juga bisa digunakan sebagai pemberi petunjuk mengenai apa yang harus dilakukan oleh guru atasi siswa dalam pembelajaran.

  1. Alat perekam magnetik

Alat ini ialah salah satu media yang mempunyai peran yang sangat penting dalam penyampaian keakuratan sebuah informasi. Melalui media ini kita bisa merekan audio, mengulangnya dan juga menghapusnya.  Selain itu juga pita rekaman bisa diputas berulang-ulang tanpa mempengaruhi volume, sehingga bisa menimbulkan berbagai kegiatan diskusi.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Konsep Media Pembelajaran : Pengertian, Jenis dan Media Prosesnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Contoh Resume : Pengertian, Perbedaan dan Ikhtisar
Baca Juga :  √ Permainan Outbond
Baca Juga :  √Cara Menjadi Moderator : Yang Baik dan Benar
Baca Juga :  √Cara Menulis Dengan Cepat, Efektif dan Benar