√Jenis Persebaran Sumber Daya Alam : Pengertian , Hasil Pertania, Hutan dan Peternakan

Diposting pada

Pengertian

Suber daya alam yang dapat diperbaharui ialah sumber daya alam yang dapat dipulihkan kembali setelah melalui proses pemakaian. Proses pemulihan ini bisa dilakukan secara alami, artinya dibiarkan alam saja yang memperbaiki diri atau bisa juga diperbaiki oleh manusia sebagai pelaupembangnan sekaligus sebagai penentu keberlangsungan dari pemanfaat semua sumberdaya alam itu.

√Jenis Persebaran Sumber Daya Alam : Pengertian , Hasil Pertania, Hutan dan Peternakan

Hasil pertanian

Banyak sekali sumber daya alam yang memrlukan hasil dari usaha pertanian, akan tetapi kita memfokuskan persoalannya pada hasil pertanian yang memiliki peluang untuk bisnis. Sebab banyak hasil pertanian penduduk yang hanya cukup untuk dikonsumsi sendiri sana, jenis pertanaian yang seperti itu idak dibagas di sini.

  1. Padi

Padi merupakan salah satu hasil eprtanian yang paling populer, karena selain sebagai bhan makanan pokok sebagian besar rakyat indonesia, padi juga mempunyai peluang bisnis yang besar.

  1. Jagung

Jagung merupakan makanan pokok kedua setelah beras. Hampir semua wilayah pertanian di indonesia bisa ditanami jenis tanaman ini. Hanya saja bagi penduduk yang tidak emngonsumsi jagung sebagi bahan makanan pokok, hasilnya diprioritaskan sebagai komoditas perdagangan walaupun dalam partai yang tidak begitu besar.

  1. Sagu

Sagu ialah salah satu bahan makanan poko sebagian rakyat indonesia. Sagu didapat dari pohon sejenis enau, yang kemudian diambil inisarinya atau tepungnya. Beberapa penduduk daerah diindonesia yang kebetulan menjadikan sagu ini sebagai bahan makanan pokok ilaah penduduk yang berada di kepulauan maluku dan papua.

Hasil perkebunan

Selain beberapa persyaratan fisik dan non fisik yang dimiliki indonesia, juga ada komoditas tertendu yang hanya bisa di dapatkan di indonesia, tidak ada kawasan lain. Beberapa jenis tanaman yang dihasilkan dari perkebunan indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Tebut

Tebu merupakan bahan bahu untuk pembuatan gula, spritus alkohol. Pohon ini bisa tumbuh baik di kawasan yang mempunyai suhu panas sekitar 200c-260c dengan tingkat kelembaban cukup.

  1. Ketet

Jenis tanaman ketet banyak ditemukan hampir diseluru indonesia. Tanaman ini ckup baik dibudidayakan di perkebunan di indonesia. Jenis tanaman karet yang baik diindonesia ilah jenis karet have braziliensis yang berasal dari brazil.

  1. Kelapa

Kelapa ialah jenis tanaman yang sudah begitu akrab dengan penduduk di indonesia. Hampir di semua wilayah indonesia ditemukan pohon kelapa.

  1. Kelapa sawit

Perbedaan kelapa sawit dengan kelapa biasa ialah ukuran, buah dan juga ketinggian pohonya. Kelapa sawit ukuranya lebih kecil dari kelapa biasa.

Hasil hutan

Luas hutan yang ada diindonesia sudah mulail mengalami penyusuta. Banyak hutan yang dijadikan kawasan lindung mengalami kerusakan lebih dahulu dari pada hutan bukan hutan lindung. Persebaran hutan indonesia kalu di lihat berdasarkan angka, boleh saja disebut luas, tetapi kalau melihat tingkat kerusakanya, hitungluas itu sudah tidak menjadi andalan lagi.

Peternakan

Peernakan yang terbentang luas di indonesia tepengaruh oleh keadaan iklim di kawasan tersebut. Iklim mempengaruhi persebaran jenis begetasi di kawwasan itu. Dilihat dari bentuk ukuran hewan, peternakan itu bisa dikelompokan ke dalam tiga kelompok besar

  1. Ternak hewan besar

Ternak hewan besar yaitu kelompok peternak sapi, kerbau, kuda. Hewan-hewan ini selain diambil daging dan susunya, juga diambil tenaganya, misalnnya ialah untuk membajak sawah.

  1. Ternak hewan kecil

ternak yang diklasifikasikan pada hewan kecil ialah kambing, babi, persebaran hewan-hewan itu hampir disetiap wilayan indonesia bisa di jumpai babi yang hanya di tempat-tempat tertentu bisa di jumpai

  1. Unggas

Hewan yang termasuk kategor unggas ialah itik, ayam, angsa dan sejenisnya. Hewan unggas ialah hewan peliharaan keluarga, sehingga dipedesaan hampis rumah mempnyai unggas peliharaan.

Perikanan

Usaha perikana di indonesia sebetulnya sangat memungkinkan untuk maju karena semua daya pendukungnya tersedia, seprti air yang melimpah, baik air darat maupun air laut. Air darat sangat terpengaruh oleh ketersediaan air tanah dan air limpasan. Usaha perikanan yang dilakukan penduduk t dan dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu perikanan darat dan perikanan laut

  1. Perikanan darat

Perikanan darat ialah usaha pengolaan perikanan yang tidak menggunakan air laut, ada dua kelompok pada perikanan darat ini, yaitu perikanan air tawar dan perikanan air payau

  1. Perikanana laut

Perikanan laut artinya mencari ikan ke lepas lautan. Usaha ini baisanya dilakukan oleh mereka yang berdomisili dekat dengan pantai.

 

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Jenis Persebaran Sumber Daya Alam : Pengertian , Hasil Pertania, Hutan dan Peternakan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga;

Baca Juga :  √Menyajikan Informasi Demografi : Bentuk Tabel dan Grafik
Baca Juga :  √Kualitas Penduduk : Pendidikan, Kesehatan dan Pendapatan Perkapita
Baca Juga :  √Dinamika Demograf : Pengertian, Jumlah Penduduk Dan Persebarannya
Baca Juga :  √Pengertian Suku : Fusngi Peran Dalam Bahas, Budaya dan Macamnya