√Jenis Perangkat Pembelajaran dan Pengertiannya

Diposting pada

Pengertian

Perangkat pembelajaran merupakan sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan diapakai dalam proses pembelajaran. Dari uraian tersebut bisa kita dikemukakan bahwa perangkat pembelajaran ialah sekumpulan media atau sarana yang dipakai oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Jenis-jenis Perangkat Pembelajaran

√Jenis Perangkat Pembelajaran dan Pengertiannya

  1. Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada sebuah kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan pada setiap satuan pendidikan. Silabus dapat dikembangkan sendiri sesuai kearifan lokal di daerah masing-masing.

Silabus dipakai untuk menyebut sebuah produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok dan uraian yang ingin dicapai dan dipelajari oleh siswa dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis meliputi komponen-komponen yang saling berhubungan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Unsur Unsur dalam Silabus:

– Tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan pada siswa.

– Targert-target mata pelajaran.

– Keterampilan yang diperlukan agar bisa menguasai semua mata pelajaran dengan baik,

– Urutan tema-tema yang diajarkan,

– Aktifitas dan sumber-sumber belajar pendukung keberhasilan dalam pengajaran,

– Berbagai macam teknik evaluasi yang dipakai.

  1. Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan biasanya memuat tanggal-tanggal yang telah direncakan untuk waktu pembelajaran, baik tanggal ujian tengah semester, tanggal ujian akhir semester ataupun hari libur semester. Kalender pendidikan ini juga bisa menjadi panutan untuk memulai ataupun mengakhiri pembelajaran dalam satu semester.

  1. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana pelaksanaan pembelajaran yakni panduan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran yang disusun dalam jadwal kegiatan. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun dalam setiap pertemuan yang terdiri dari 3 rencana pembelajaran, yang masing-masing Dijadwalkan untuk pertemuan selama 90 menit atau 135 menit.

Adapun komponen rencana pembelajaran adalah:

  1. Standar kompetensi dan kompetensi dasar
  2. Pokok Bahasan.
  3. Indicator.
  4. Model pembelajaran.
  5. Skenario pembelajaran.
  6. Media pembelajaran.
  7. Sumber pembelajaran
  8. Penilaian hasil belajar.
  9. Lembar Kegiatan Siswa (LKS)

Lembar kegiatan siswa adalah panduan siswa yang dipakai untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau memecahkan masalah. LKS bisa disusun dengan bersifat panduan tertutup yang bisa dikerjakan siswa, sesuai dengan tuntunan yang ada, atau bisa juga LKS yang bersifat semi terbuka. LKS model ini memberi peluang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitasnya, walaupun masih ada peranan guru dalam memberikan arahan pada siswa. LKS model apapun yang disusun harus bisa memberikan panduan agar siswa dapat belajar dengan benar, baik dari segi proses keilmuan ataupun dalam memperoleh konsep.

  1. Buku

Buku merupakan rangkaian dari perangkat pembelajaran pastinya harus memberikan manfaat bagi guru khususnya siswa. Buku adalah bahan tertulis yang menyajikan ilmu pengetahuan buah pikiran dari pengarangnya.  Buku merupakan kertas yang berisi suatu ilmu pengetahuan hasil analisis pada kurikulum dalam bentuk tertulis. Sedangkan buku yang baik ialah buku yang ditulis dengan memakai bahasa yang baik dan mudah dimengerti, disajikan secara menarik dilengkapi serta gambar dan keterangan-keterangannya, isi buku juga menggambarkan sesuatu yang beasak dari ide penulisnya.

Di atas menjelaskan bahwa buku adalah  sebagai salah satu bahan ajar jenis bahan cetak merupakan buku yang substansinya ialah pengetahuan, yang disusun berdasarkan analisis kurikulum, disusun untuk memudahkan guru dalam pembelajaran dan siswa belajar untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan kurikulum, dengan memperhatikan kebahasaan, kemenarikan, dan mencerminkan ide dari penulisnya. Buku yang memudahkan belajar siswa dinamakan dengan buku siswa, dan buku yang memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran dinamakan buku panduan guru/pendidik, masing-masing mempunyai struktur dan komponen yang khas.

  1. Instrumen Penilaian Penilaian

Instrumen Penilaian Penilaian tujuannya untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan belajar peserta didik. Dalam Permendikbud No. 81A Tahun 2013 mengenai Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran dijelaskan bahwa penilaian dalam setiap mata pelajaran mencakup kompetensi pengetahuan, kompetensi keterampilan dan kompetensi sikap. Penilaian dilakukan berdasarkan indikator-indikator pencapaian hasil belajar berasal dari masing-masing domain. Ada beberapa teknik dan instrumen penilaian yang dipakai untuk mengumpulkan informasi mengenai kemajuan peserta didik baik berupa tes ataupunn non-tes antara lain tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian hasil karya, penilaian portofolio serta penilaian diri.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Jenis Perangkat Pembelajaran dan Pengertian. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Jenis Media Interaktif : Pengertian dan Jenisnya
Baca Juga :  √Contoh Teks Laporan Hasil Observasi(LHO) : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Sifat, Struktur, Kaidah dan Contohnya
Baca Juga :  √Contoh Teks Anekdot : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Tujuan dan Contohnya
Baca Juga :  √Contoh Software : Pengertian, Fungsi dan Jenisnnya