√Jenis Komunikasi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Jenis Jenis Komunikasi Menurut Para Ahli

√Jenis Jenis Komunikasi Menurut Para Ahli

  1. Komunikasi menurut Cara Penyampaian
  2. Komunikasi Lisan
  3. Komunikasi yang terjadi secara langsung dan tak dibatasi oleh jarak, dimana 2 belah pihak bisa bertatap muka, misalnya dialog 2 orang, wawancara maupun rapat dsb.
  4. Komunikasi yang terjadi secara tak langsung dikarenakan dibatasi oleh jarak, misalnya komunikasi lewat telepon dan sebagainya.
  5. Komunikasi Tertulis

Komunikasi Tertulis merupakan komunikasi yang dilaksanakan dalam bentuk surat dan dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat singkat, jelas tapi dipandang perlu untuk ditulis dengan maksud tertentu.

Contoh-contoh komunikasi tertulis adalah sebagai berikut:

Naskah, umumnya dipergunakan untuk menyampaikan berita yang bersifat komplek.

Blangko-blangko, umumnya dipergunakan untuk mengirimkan berita dalam suatu daftar.

Gambar dan foto, karena tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata atau kalimat.

Spanduk, umumnya dipergunakan untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang.

  • Komunikasi Menurut Kelangsungaanya
  • Komunikasi Langsung

Proses komunikasinya umumnya dilaksanakan secara langsung tanpa bantuan perantara orang ketiga maupun media komunikasi yang ada dan tak dibatasi oleh jarak.

  • Komunikasi Tak Langsung

Proses komunikasinya umumnya dilaksanakan dengan bantuan pihak ketiga atau bantuan alat-alat atau media komunikasi.

  • Komunikasi Menurut Perilaku

Komunikasi adalah hasil belajar manusia yang terjadi secara otomatis, sehingga mempengaruhi perilaku maupun posisi seseorang. Menurut perilaku, komunikasi dapat dibedakan menjadi :

  • Komunikasi Formal

Komunikasi umumnya terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan yang tata caranya telah diatur dalam struktur organisasinya, contohnya rapat kerja perusahaan, konferensi, seminar dan sebagainya.

  • Komunikasi Informal

Komunikasi umumnya terjadi di dalam suatu organisasi atau perusahaan yang tidak bisa ditentukan dalam struktur organisasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan, contohnya kabar buruk, desas-desus, dan sebagainya.

  • Komunikasi Nonformal

Komunikasi umumnya terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yakni komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut,contohnya rapat tentang ulang tahun perusahaan, dan sebagainya.

  • Komunikasi Menurut Maksuda Komunikasi

Bila diperhatikan dengan teliti, maka bisa diketahui bahwa komunikasi dapat terlaksana bahwa terdapat inisiatif dari komunikator maka maksud terlaksananya komunikasi lebih banyak ditentukan oleh komunikator tersebut. Menurut maksud dilakukan komunikasi  bisa dibedakan sebagai berikut:

  • Pidato
  • Ceramah
  • Memberi prasaran
  • Wawancara
  • Memberi perintah atau tugas
  • Komunikasi Menurut Ruang Lingkup
  • Komunikasi Internal

Komunikasi yang berlangsung dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan umumnya terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja.

Komunikasi Internal ini dibagi menjadi 3 macam yaitu :

  1. Komunikasi Vertikal, yakni komunikasi yang terjadi dalam bentuk komunikasi dari atasan kepada bawahan, contohnya perintah, teguran, pujian, petunjuk dan sebagainya.
  2. Komunikasi Horisontal, yakni komunikasi yang terjadi di dalam ruang lingkup organisasi/ kantor diantara orang-orang yang mempunyai kedudukan sejajar.
  3. Komunikasi Diagonal, yakni komunikasi yang terjadi di dalam ruang lingkup organisasi atau kantor diantara orang – orang yang mempunyai kedudukan tidak sama pada posisi tidak sejalur vertikal.
  4. Komunikasi Eksternal

Komunikasi yang berlangsung antara organisasi atau perusahaan dengan pihak masyarakat yang ada di luar organisasi atau perusahaan tersebut. Komunikasi dengan pihak luar bisa berbentuk :

  1. Eksposisi, pameran, promosi, publikasi dan sebagainya
  2. Konperensi pers( press release )
  3. Siaran televisi, radio, dan sebagainya
  4. Bakti sosial, pengabdian pada masyarakat, dan sebagainya
  5. Komunikasi eksternal dimaksudkan untuk mendapat pengertian,kepercayaan, bantuan dan kerjasama dengan masyarakat.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Jenis Jenis Komunikasi Menurut Para Ahli, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.

baca juga ;

Read More  √Hutan Mangrove : Pengertian , Ciri , Bentuk Dan Fungsinya
Read More  √Sel : Pengertian, Sejarah dan Ukurannya
Read More  √Pengertian Membrane Plasma dan Organel
Read More  √Macam Sistem Pencernaan Manusia (LENGKAP)