√Jaringan Epitel ; Pengertian, Fungsi, Jenis, Ciri dan Sifatnya

Diposting pada

Pengertian jaringan epitel

Jaringan epitel ialah jaringan yang melapisi permukaan tubuh, baik dari luar maupun dari dalam tubuh. Ada tiga bagian dari jaringan epitel, diantaranya yaitu epitelium, endothelium dan mesothelium. Jaringan epithelium adalah jaringan yang melapisi luar permukaan tubuh, sedangkan jaringan endothelium ialah jaringan yang membatasi organ dalam dan jaringan mesothelium ialah jaringan yang membatasi rongga.

Jaringan epitel ini sifatnya uniseluler dan multiseluler yang tersusun kompak juga tidak mempunyai ruang antarsel. Fungsi utama dari jaringan epitel ialah sebagai pelindung jaringan dibawahnya. Letak jaringan epitel ini terdapat sepanjang system pencernaan yang dapat membantu dalam penyerapan nurisi yang dibutuhkan oleh tubuh dari proses pencernaan. Sekresi dan juga hormone sertra ekresi produk sampingan yang tidak diinginkan misalnya pada ginjal dan juga kelenjar keringat. Pada daerah paru-paru, lapisan epitel ini membantu menyebarkan okesigen kesuluruh tubuh dan yang terdapat pada bagian mata, lidah dan hidung merupakan untuk meningkatkan sendivitas.

Fungsi jaringan epiel

Sebagai pelindung

Fungsi khusus dari jaringan epitel ialah melindungi jaringan dibawahnya dari jaringan mekanik, bahan kimia yang masuk, bakteri yang masuk dan kehilangan air yang berlebihan sebagai penerima inpuls, sel epitel ini khusus ditempus dari rangsangan sensorik, dimana ransangan sendoril pada sel epitel ini ujung safar sensorik yang berbeda pada kulit, lidah, telinga dan hidung.

Sebagai alat absorpsi

Fungsi jaringan yang berikutnya ialah sebagai alat absorpsi, sel epitel yang melapisi sebagai alat sekresi pada kelenjar, jaringan epitel ini khusus untuk mengeluarkan zat-zat kimia tertentu misalnya seperti hormone, enzim dan cairan pelumas.

Jenis-jenis jaringan epitel

jaringan penyusun sel jaringan epitel dikelompokan menjadi dua, jaringan penyusun sel jaringan epitel inimerupakan jaringan epitel saru lapis atau  selapis dan jaringa nberlapis banyak.

a.jaringan epitel selapis atau siple epithelium

jenis jaringan ini berfungsi untuk jalan dalam pertukaran zat dari luar ke dalam tubuh dan sebaliknya. Contohya epitel ang erdapat pada pembuluh limfa, browman, pemberntuk peritoneum, pembuluh darah dan alveoulus.

b.jaringan epitel kuboid selapis

fungsi dari jaringan ini ialah sebagai alat sekresi dan juga pelindungan. Contoh dari jaringan ini ialah permukaan ovarium, saluran nefron, kelenjar tiroid, dan retina mata.

c.epitel selapis silindris

sel silindris ini ada yang memiliki silia pada daerah permukaannya, seperti pada oviduk. Contoh nya ialah kantong empedu, saluran pernapasan bagian atas, lambung dan jonjot urus.

d.epitel batang bersilia

epitel batang bersilia terletak di dinding rongga hidung fungsi dari batang bersilia adalah sebagai penghasil macus atau lender untuk menangkap benda asing yang masuk, letak bersilia ini berada di trake.

e.epitel berlapis

jaringan epitel ini terdapat di epidermis kulit betebrata epitel kuboid berlapis, jaringan epitel yang jarang sekali terdapat di tubuh. Fungsi dari jaringan epitel ini ialah sebagai tempat ekskresi, sebagai pelindung gerakan zat melewati permukaan yang sebagai kelenjar ludah dan juga kelenjar susu.

Ciri-ciri dan sifat jaringan epitel

  • Berbentuk pipih
  • Dapat ditemukan diseluruh tubuh
  • Berntuk sel penyusun bervariasi
  • Sebagai penutup dan kelenjar
  • Berbentuk matriksyang berguna mengikat jaringan dengan baian bawah

Sifat-sifat jaringan epitel

Terdiri atas selapis atau beberapa lapis sel memiliki sifat regenerasi, dilengkapi dengan mikrovili, flagella, dan stereosilia

 

demkian artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai jaringan epitel, semoga bermanfaat.

baca juga ;

Baca Juga :  √Makna Semboyan Dari Tut Wuri Handayani dan Sejarahnya
Baca Juga :  √Makna Semboyan Dari Tut Wuri Handayani dan Sejarahnya
Baca Juga :  √10 Fungsi Organ Manusia Dan Penjelasannya Lengkap
Baca Juga :  √Kekuasaan Negara : Macam, Konsep Dan Pembagiannya Lengkap