√JAMUR : Pengertian,Cara Hidup, Ciri, Manfaat Dan Jenisnya

Diposting pada

PENGERTIAN JAMUR

Jamur adalah organisme bersel tunggal atau banyak Yang tidak memiliki zat klorofil. Jamur memiliki dinding yang tersusun bernama kitin. Jamur mempunyai kingdom nya tersendiri dan bukan termasuk ke dalam kingdom protista, monera ataupun plantae. Karena tidak mengandung klorofil, jamur temasuk dalam jenis makhluk hidup heterotof  artinya memperoleh makanan dari organisme lain.

CARA HIDUP JAMUR

Jamur hidup karena dapat menghasilkan makanan nya sendiri dengan cara arbsorbsi pada lingkungannya dan dapat berkembang biak dengan spora. Jamur sering ditemukan pada lingkungan yang lembab. Tapi jamur juga bisa ditemukan disemua tempat yang ada materi organik.

Jamur terbagi menjadi 2 yaitu Jamur Uni Seluler Dan Jamur Multi Seluler

Jmur Uni Seluler

Jamur Uni Seluler berkembang biak dengan cara aseksual jamur membentuk tunas dari spora askus.

Jamur MultiSeluler

Jamur multiseluler jamur selnya membentuk benang seperti kapas, yang dinamai benang hifa. Dalam cara berkembang biaknya secara aseksual jamur memutuskan benang hifa (fragmentasi) dan terbentuknya spora aseksual yaitu zoospora, endospora dan konidia.

CIRI-CIRI JAMUR

-Tidak memiki klorofil.

-Berkembang biak secara uniseluler dan multiseluler.

-Bereproduksi secara generatif dan vegetatif.

-ditemukan di tempat yg lembab

-tumbuh

MANFAAT PADA JAMUR

Manfaat jamur dalam kehidupan manusia sangat banyak Salah satunya :

-Jamur merang bermanfaat sebagai bahan pangan berprotein tinggi.

-Rhizopus dan Mucor bermanfaat dalam industri bahan makanan, yaitu dalam pembuatan tempe dan oncom.

-Khamir Saccharomyces bermanfaat sebagai fermentor dalam industri keju, roti dan bir.

-Penicillium notatum bermanfaat sebagai penghasil antibiotik.

-Higroporus dan Lycoperdon perlatum bermanfaat sebagai dekomposer.

JENIS JAMUR YANG DAPAT DI KONSUMSI MANUSIA

  1. Jamur Tiram

Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) mempunyai bentuk yang mirip dengan cangkang kerang atau tiram. Jamur tiram ini hanya dapat ditemukan pada tempat di budidayakannya jamur timar tersebut dan tidak sembarang di temukan di manapun. Jamur tiram mengandung protein tinggi, lemak, fospor, besi, thiamin dan juga riboflin yang berguna untuk mengatasi berbagai macam penyakit pada tubuh.

  1. Jamur Kancing

Jamur kancing memiliki bentuk yang mirip dengan kancing pakaian maka dari itu disebut jamur kancing. Jamur ini berbentuk bulat dengan warna putih bersih, krem dan coklat. Jamur kancing mempunyai nama latin yaitu Agaricus bisporus,yang memiliki banyak manfaat pada tubuh. Setiap butir jamur kancing dengan ukuran besar mengandung sodium, bebas lemak dan kaya akan vitamin B dan pottasium.

  1. Jamur Merang

Jamur merang  mempunyai nama latin yaitu Volvariella volvacea, Jamur Merang merupakan salah satu spesies jamur pangan yang banyak sekali dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang mempunyai klim tropis. Jamur ini banyak dibudidayakan karena termasuk golongan jamur yang paling enak rasanya dan mempunyai tekstur yang lembut.

  1. Jamur Shitake

Jamur Shitake memiliki tekstur yang cukup tebal. Jamur shitake adalah jamur yang berasal dari china yang sering disebut Chinese Black Mushroom.

Jamur ini biasanya menjadi campuran pada sop miso. Harga jamur ini memiliki harga yang mahal di bandingankan dengan jamur jenis lain,karena sangat baik untuk kesehatan tubuh meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.

  1. Jamur Kuping

Jamur Kuping merupakan jamur yang pertama kali dibudidayakan  sebelum jamur Shiitake dibudidayakan di Cina. Di Indonesia sendiri jamur Kuping sangat terkenal dikenal di kalangan masyarakat menengah ke bawah sesudah jamur merang. Masyarakat di daerah perkampungan sering mengambil jamur ini dari alam biasanya ditemukkan pada batang-batang yang sudah lapuk.

Jamur kuping sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol dan menghentikan pendarahan.

 

Demikian lah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai jamur, semoga dapat menambah wawasan anda semuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √Sejarah Sumpah Pemuda Indonesia
Baca Juga :  √Urin : Proses Pembentukan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya
Baca Juga :  √Penelitian : Pengertian dan Jenis Nya Lengkap
Baca Juga :  √Daur Air Adalah