√ Instrumen Adalah : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian

Instrumen HAM adalah sebuah alat yang dipakai untuk melindungi hak asasi manusia. Alat ini berupa peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh pemerintah sebagai bentuk partisipatif adanya Universal Declaration of Human Right (Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia) dari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

√ Instrumen Adalah : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contohnya

Instrumen HAM perlu dibuat karena banyak jenis-jenis pelanggaran HAM yang sering terjadi. Oleh karena itu, negara-negara di dunia membuat peraturan tertulis untuk melindunginya baik secara internasional ataupun secara nasional.

Jenis

  1. Instrumen HAM Nasional

Instrumen ini berlaku secara nasional saja, maksudnya instrumen tersebut dibuat oleh pemerintah di sebuah negara dan hanya berlaku di negara di bawah hukum dimana instrumen tersebut ditetapkan. Oleh sebab itu, instrumen HAM Nasional Indonesia hanya berlaku di negara Indonesia saja.

  1. Instrumen HAM Internasional

Karena sifatnya internasional maka instrumen ini melindungi hak asasi manusia masyarakat internasional. Instrumen ini dijadikan sebagai acuan pembentukan instrumen HAM Nasional untuk negara-negara yang ikut serta mengesahkan instrumen tersebut.

Tujuan

  1. Menjaga dari Benturan

Contohnya, hak atas kemerdekaan mengemukakan pendapat. Karena merupakan hak asasi, maka setiap orang bebas mengeluarkan pendapat, pikiran, serta perasaannya. Tetapi, jika tidak diatur cara, apa yang disampaikan dan lain-lain maka benturan akan terjadi. Setiap orang akan bebas mencaci maki orang lain tanpa ada terkendala. Maka akan terjadi konflik antar manusia snediri. Selanjutnya, jika ham ini tak diatur maka setiap anggota masyarakat bebas mengeluarkan pendapat untuk pemerintahan negaranya. Dengan demikain anggota masyarakat lain bisa tidak  mengalami ganggangguan aktivitas.

  1. Melindungi Hak Asasi

Instrumen HAM dibentuk dengan tujuan supaya setiap manusia yanga ada di dunia terlindungi hak asasinya. Bila ada pelanggaran maka akan di proses hukum oleh lembaga peradilan yang telah dibentuk.

  1. Memberi Jaminan HAM

Instrumen HAM memberi jaminan pada manusia atas pelaksanaan hak asasi manusia. Instrumen HAM international memberi jaminan pada bangsa-bangsa yang di dalamnya ada rakyat (manusia) akan adanya kemerdekaan. Di dunia ini sehrusnya sudah tak ada lagi penjajahan dengan jenis apapun. Instrumen HAM Indonesia artinya memberikan jaminan Ham kepada warga negara Indonesia atas perlindungan serta terlaksananya HAM secara menyeluruh.

Contoh

  1. Pancasila

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia.  Pedoman dan contoh Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia.  Pancasila adalah sumber dari semua sumber hukum yang ada di Indonesia.  Hubungan HAM dengan Pancasila sangat jelas.  Oleh karena itu, Pancasila termasuk salah satu contoh instrumen HAM di Indonesia.

  1. Pembukaan UUD 1945

Pokok pikiran dalam pembukaan UUD 1945 merupakan pernyataan kemerdekaan Indonesia setelah naskah proklamasi.  Di dalamnya jelas mengutarakan bahwa kemerdekaan sebagai hak asasi paling dasar, serta menjadi hak semua orang dan semua bangsa. Oleh karena itu Pembukaan UUD 1945 termasuk salah satu contoh Instrumen HAM Di Indonesia.

  1. UUD 1945 Hasil Amandemen

Contoh instrumen HAM Indonesia selanjutnya ialah UUD 1945 hasil amandemen, yang di dalamnya menjelaskan secara terperinci mengenai pelaksanaan HAM di Indonesia. Maka dari itu UUD 1945 Hasil Amandemen termasuk salah satu contoh Instrumen HAM Di Indonesia

  1. Tap MPR

Instrumen HAM juga terdapat dalam ketetapan MPR RI yang bisa dilihat dalam Tap. MPR No. XVII/ 1996 mengenai pandangan dan sikap BAngsa Indonesia terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).  Bahwakan negara demokrasi mengakui adanya hak asasi manusia dan mengaturnya dalam Undang-undang.  Selain tiu, Tap MPR ini juga berisi mengenaii pengakuan pada piagam HAM Internasional. Maka dari itu TAP MPR termasuk salah satu contoh Instrumen HAM Di Indonesia.

  1. Undang-Undang

Selain contoh instrumen di atas, pemerintah bersama DPR juga membuat beberapa instrumen HAM yang mendukung dan lebih menjelaskan mengenai HAM di Indonesia salah satunya adalah undang-undang.

  1. Peraturan Pemerintah

Di tingkat pemerintah, dalam hal ini Presiden dan semua yang ada di bawahnya juga terdapat instrumen HAM. Instrumen HAM di tingkat ini dapat dikatakan semua dibuat sebelum era reformasi. Belum ada perubahan, karena dianggap telah mencakup semua hal tentang Instrumen HAM.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Instrumen Adalah : Pengertian, Jenis, Tujuan dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semunya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Implementasi Nilai-nilai Pancasila Beserta Penjelasannya
Baca Juga :  √ Ideologi Komunisme : Pengertian, Sejarah, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya
Baca Juga :  √ Ideologi Kapitalisme :Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya
Baca Juga :  √ Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah : Pengertian, Hubungan, Asas dan Pembagian Urusannya