√ Ikatan Logam : Pengertian, Sifat, Contoh

Diposting pada

Pengertian

Ikatan logam merupakan ikatan yang terbentuk akibat adanya gaya tarik-menarik yang terjadi antara ion-ion positif dengan elektron-elektron pada kulit terluar (valensi) dari sebuah atom unsur logam.

√ Ikatan Logam : Pengertian, Sifat, Contoh


Sifat-sifat Ikatan Logam

  1. Mempunyai permukaan yang mengkilap

Menurut teori Drude-Lorentz bila cahaya tampak (visible) jatuh pada permukaan logam, sebagian elektron valensi logam akan tereksitasi. Saat elektron yang tereksitasi itu kembali ke keadaan dasar akan disertai pembebasan energi dalam bentuk cahaya atau kilap. Peristiwa inilah yang menimbulkan sifat mengkilap terhadap permukaan logam.

  1. Penghantar listrik yang baik (Konduktor)

Daya hantar listrik pada logam karena adanya elektron valensi yang bergerak bebas dalam kristal logam. Kalau listrik dialirkan lewat logam, elektron-elektron valensi logam akan membawa muatan listrik ke seluruh logam serta bergerak menuju potensial yang lebih rendah sampai terjadi aliran listrik dalam logam.

  1. Penghantar panas yang baik

Sama kasusnya dengan daya hantar listrik, daya hantar panas pun disebabkan adanya elektron yang bisa bergerak dengan bebas. Kalau bagian tertentu dipanaskan, maka elektron-elektron pada bagian logam itu akan menerima sejumlah energi sehingga energi kinetis (energi yang dimiliki suatu pertikel karena gerakannya) bertambah yang membuat gerakannya sangat cepat. Elektron-elektron yang bergerak sangat cepat itu menyerahkan sebagian energi kinetisnya pada elektron lain sampai seluruh bagian logam menjadi panas dan naik suhunya.

  1. Dapat ditempa, dibengkokkan dan ditarik

Logam bersifat lentur (mudah ditempa, dibengkokkan namun tidak mudah patah). Karakteristik ini bisa terjadi karena kisi-kisi kation (ion positif) bersifat kaku (diam ditempat), sementara elektron valensi logam bergerak bebas. Kalau logam ditempa atau dibengkokkan akan terjadi pergeseran kation-kation, namun pergeseran ini tak menyebabkan patah karena selalu dikelilingi oleh lautan elektron.

  1. Berupa padatan pada suhu ruang

Atom-atom logam tergabung sebab adanya ikatan logam yang sangat kuat membentuk kristal yang rapat. Hal tersebut menyebabkan atom-atom tidak mempunyai kebebasan untuk bergerak. Biasanya logam pada suhu kamar berwujud padat kecuali raksa (Hg) yang berwujud cair.

  1. Memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi

Diperlukan energi dalam jumlah yang besar untuk dapat memutuskan ikatan logam yang sangat kuat pada atom-atom logam, hingga dengan adanya ikatan yang sangat kuat ini menyebabkan logam mempunyai titik didih dan titik leleh yang tinggi

  1. Memberi efek fotolistrik dan efek termionik

Jika elektron bebas pada ikatan logam memperoleh energi yang cukup dari luar, maka akan bisa menyebabkan terlepasnya elektron pada permukaan logam itu. Kalau energi yang datang berasal dari berkas cahaya maka disebut efek foto listrik, namun kalau dari pemanasan maka disebut efek termionik.


Contoh Logam

  1. Emas

Unsur logam emas memiliki struktur sifat yang lunak dan memiliki warna bentuk kuning terang yang biasa dipakai untuk perhiasan dan juga alat-alat elektonik.

  1. Perak

Logam perak adalah sebuah logam yang mudah untuk dibentuk, mempunyai warna dasar putih abu-abu adalah konduktor panas dan listrik yang sangat baik. Logam ini biasanya dipakai sebagai perhiasan dan peralatan berbahan perak

  1. Perunggu

Perunggu adalah sebuah campuran dari tembaga dan timah, yang telah dikenal sejak jaman kuno. Campuran ini mempunyai sifat tahan korosi dan juga mudah untuk dibentuk. Dari kebanyakan negara, logam ini biasanya dipakai sebagai mata uang berbentuk koin yang mempunyai nilai tukar rendah .

  1. Tembaga

Logam tembaga adalah logam yang mudah untuk dibentuk dan mempunyai warna putih keperakan. Jenis logam yang paling baik dipakai untuk membuat kawat listrik adalah tembaga. Tembaga biasa dipakai sebagai bahan tangki air panas, kebel listrik, dan campuran kuningan dan kupronikel.

  1. Kuningan

Kuningan adalah campuran dari tembaga dan juga seng. Kuningan dimanfaatkan sebagai hiasan, sekrup, paku-paku kecil dan alat-alat musik, yang memakai tembaga sebagai komponennya.

  1. Besi

Besi adalah logam yang dihasilkan dari peleburan biji hematit di dalam tanur sembur . Besi biasa dipakai sebagai bahan bangunan dan juga sebagai campuran baja.

  1. Aluminium

Aluminium adalah logam yang memiliki sifat ringan dan tahan korosi. Alumunium terbuat dari biji bauskit lewat proses elektrolisis. Aluminium biasanya dipakai pada kabel-kabel listrik, badan pesawat terbang, mobil, kapal serta kaleng aluminium.

  1. Timah

Timah adalah logam lunak serta mudah untuk dibentuk. Timah memiliki warna putih keperakan . Logam timah biasa dipakai untuk solder.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Ikatan Logam : Pengertian, Sifat, Contoh, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Gagasan Pokok Adalah : Pengertian, Ciri, Cara Menemukan dan Letaknya
Baca Juga :  √ Debat Adalah : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Peran, Etika, Ciri, Struktur, Jenis, Cara
Baca Juga :  √ Bintang Adalah : Pengertian, Ciri, Macam, Sistem Penamaan, Proses Terbentuknya
Baca Juga :  √ Besaran Dan Satuan : Pengertian, Macam, Alat