√ Ideologi Komunisme : Pengertian, Sejarah, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting pada

Pengertian

Komunisme merupakan ideologi yang dicetuskan oleh Karl Marx dan Fredrich Engels, yang ingin menghapus hak-hak milik perseorangan dan menggantikannya dengan hak milik bersama yang dikontrol oleh negara.

√ Ideologi Komunisme : Pengertian, Sejarah, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya

Sedangkan, Komunis adalah sebutan bagi orang yang menganut paham atau ideologi komunisme.

Komunisme menganut kesetaraan, Bila untung maka rakyat juga ungung, Bila Industri merosot atau mengalami kerugian, rakyat juga akan merasakan imbasnya, seperti pada tahun 1959- 1961 di era kepemimpinan Mao Zedong di China, saat produksi pertanian dan industri merosot. Kelaparan merajalela sampai jutaan nyawa meregang nyawa.

Sejarah

Ada berbagai jenis referensi sejarah yang menyebutkan bahwa asal muasal dari paham atau ideologi ini adalah dari Jerman dan yang membawanya ialah Karl Marx. Alasan Karl Marx memperkenalkan ideologi ini karena adanya kesenjangan dari segi industri yang terlihat sangat jelas.

Dia menganggap bahwa orang berkuasa secara ekonomi dan menghisap jatah yang seharusnya dapat diterima manusia lain tanpa adanya batas peri kemanusiaan. Harapan Karl Marx dala cita-citanya adalah menciptakan masyarakat tanpa adanya kelas pembeda yang tak terobsesi hanya pada kerja semata.

Ada beberapa karya Karl Marx yang memunculnya paham komunis yakni Manifesto Komunis tahun 1848 dan Das Kapital tahun 1867.

Dalam perkembangannya apa yang dikenalkan oleh Karl Marx terus berkembang hingga terjadi di Rusia pada 7 November 1917. Pada masa tersebut awal masa berdirinya Uni Soviet dimana terbentuk Komunisme Internasional atau disebut Komintern.

Komunisme internasional ini merupakan bentuk komunis dalam skala internasional dengan tujuan supaya setiap orang di seluruh dunia menjadi komunis dan seluruh dunia menjadi tidak bernegara. Tetapi setelah pecahnya perang dunia ke 2 popularitas komunisme ini mulai menghilang sampai akhir perang dingin hingga menyebabkan kejatuhan paham komunisme ini serta pembubaran Uni Soviet di tahun 1991.

Walaupun begitu sebenarnya sampai tahun 2005 masih ada beberapa negara yang memakai paham komunisme ini seperti Korea Utara, Laos, Kuba, Vietnam dan China.

Ciri-ciri

– Sifat dari paham ini adalah atheis sampai mereka akan berperilaku berdasarkan logika dan tidak mempercayai keberadaan Tuhan dan agama hanya dianggap mempengaruhi sehingga akan ditolak oleh para penganut komunis.

– Semua hal milik rakyat merupakan kekuasaan pemerintah. Sehingga bisa dikatakan bahwa pemerintah adalah pemegang kekuasaan tertinggi dalam ideologi komunisme tersebut.

– Komunisme tak akan melihat seorang manusia adalah individu tetapi hanya dipandang sebagai masyarakat dalam jumlah banyak atau majemuk. Sehingga tidak akan juga dianggap berbagai usaha individu untuk membuat kedudukannya lebih besar di kalangan masyarakat lainnya.

– Hanya ada satu partai dalam sistem politiknya yakni partai komunis. Sehingga tidak ada pilihan lain selain ikut dalam partai tersebut.

– Komunis akan beranggapan bahwa revolusi mesti dilakukan terus-menerus hingga mereka bisa menguasai dunia.

– Cara mereka utuk menyebarkan paham komunisme ialah dengan menghilangkan paham kapitalis dengan cara revolusi. Dalam masa revolusi tersebut maka pemerintah dan diktator akan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan nya.

Kelebihan Dan Kekurangan

  1. Kelebihan Ideologi Komunisme

– Lebih mudah dalam mengendalikan pengangguran, inflasi dan keburukan ekonomi dikarenakan pemerintah mempunyai kekuasaan dan memegang penuh berbagai hal yang ada di dalam sebuah Negara.

– Semua orang akan dianggap sama sampai tidak ada yang merasa lebih unggul atau lebih rendah. Kembali lagi pada prinsip bahwa pemerintah yang memegang kekuasaan secara utuh untuk setiap individu di dalam masyarakat tersebut

– Jarang terjadi krisis karena perekonomian juga diperhitungkan dan diatur dengan baik dari pusat, sehingga masyarakat hanya tinggal menjalani.

  1. Kekurangan Ideologi Komunisme

– Monopoli yang dibuat oleh pihak pemerintah tentunya akan sangat merugikan masyarakat.

– Hak Asasi Manusia atau HAM tidak lagi dihargai dan masyarakat banyak yang tertindas karena menganut ideologi ini.

– Masyarakat sama sekali tidak mempunyai kebebasan secara individu karena segala hal yang dilakukan dipegang penuh oleh pihak pemerintah.

Mengurangi adanya motivasi individu untuk menjadi pribadi yang lebih baik karena mereka tidak dapat memiliki usaha sendiri. Sekeras apapun usahanya maka kedudukannya pun akan tetap sama dengan  orang lain.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Ideologi Komunisme : Pengertian, Sejarah, Ciri-ciri, Kelebihan dan Kekurangannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Ideologi Kapitalisme :Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya
Baca Juga :  √ Hubungan Pemerintah Pusat dan Daerah : Pengertian, Hubungan, Asas dan Pembagian Urusannya
Baca Juga :  √ Hubungan Internasional Indonesia : Pengertian, Tujuan, Asas, Pola dan Sarananya
Baca Juga :  √ Hubungan Ham dengan Pancasila