√Hutan Mangrove : Pengertian , Ciri , Bentuk Dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian

Hutan mangrove merupakan ekosistem hutan di daerah pantai yang terdiri dari kelompok pepohonan yang dapat hidup dalam lingkungan berkadar garam tinggi. Salah satu ciri tanaman mangrove mempunyai akar yang menyembul ke permukaan. Penampakan mangrove mirip seperto hamparan semak belukar yang memisahkan daratan dengan laut.

Kata mangrove berasal dari bahasa portugis mangue yang artinya tumbuhan, dan dari bahasa inggris grove  yang artinya belukar.1

Hutan mangrove merupakan suatu kelompok jenis tumbuhan berkayu yang tumbuh disepanjang garis pantai tropis dan subtropis yang terlindung dan mempunyai semacam bentuk lahan pantai dengan tipe tanah anaerob.

Ciri ciri Hutan Mangrove

  1. Kurang abrasi tanahnya
  2. Salinitas tanahnya tinggi
  3. terjadinya daur penggenangan oleh pasang surut air laut
  4. Hanya sedikit sekali jenis tumbuhan yang dapat hidup
  5. Jenis tumbuhan yang bisa tumbuh bersifat khas karena telah melewati proses adaptasi dan juga evolusi

Itulah beberapa ke khasan yang dimiliki oleh ekosistem hutan bakau tersebut. Ekosistem hutan bakau ini adalah ekosistem yang sangat unik. Ekosistem hutan mangrove ini  harus dipelihara dan dilestarikan, Hal ini dikarenakan ekosistem hutan mangrove ini sangat berguna dan mengandung fungsi yang banyak.

Bentuk Adaptasi Hutan Mangrove

  1. Mengembangkan akar tunjang

Pengembangan akar tunjang ini dilakukan pada mangrove Rhizophora spp. Mangrove ini umumnya hidup di zona terluar dari lingkungan hutan mangrove. Pengembangan akar tunjang ini dilakukan untuk dapat bertahan hidup dari derasnya gelombang laut yang menerpa.

  1. Menumbuhkan akar napas

Penumbuhan akar napas ini dilakukan pada mangrove jenis Avicennia spp dan Sonneratia spp. Akar napas ini muncul dari pekatnya lumpur dan tujuannya untuk mengambil oksigen dari udara .

3. Penggunaan akar lutut

Untuk pohon keneka atau Bruguiera spp, bentuk adaptasi yang dilakukan ialah akar lutut atau knee root.

  1. Akar papan

Adaptasi dengan menggunakaan akar papan dilakukan pada tumbuhan nirih atau Xylocarpus spp. Akar papan yang dimiliki oleh tumbuhan ini bentuknya panjang dan berkelok- kelok. Keduanya tersebut berguna untuk menunjang tegaknya pohon di atas lumpur dan untuk mendapatkan udara untuk bernapas.

  1. Lubang pori atau lentisel

Kebanyakan dari flora yang tumbuh di hutan mangrove ini mempunyai lentisel atau lubang pori. Lubang ini berguna untuk bernafas. Contohnya ialah di tanaman pepagan.

  1. Mengeluarkan kelebihan garam

Mengeluarkan kelebihan garam merupakan bentuk adaptasi fisiologis. Adaptasi ini dapat dilakukan oleh Avicennia spp, berguna untuk mengatasi salinitas yang tinggi. Avicennia spp mengeluarkan kelebihan garam lewat kelenjar di bawah daunnya.

  1. Pengembangan sistem perakaran yang hampir tidak tertembus oleh air garam

Adaptasi ini dilakukan pada Rhizophora spp, dimana ketika air yang telah terserap telah hampir tawar. Kandungan garam sekitar 90% hingga 97% tidak dapat melewati saringan akar- akar ini. sementara untuk garam yang sudah terserap di tubung pohon akan diakumulasikan di daun tua dan akan terbuang sendiri pada saat daun tersebut gugur.

Fungsi Hutan Mangrove

  • Fungsi ekonomi

 Dilihat dari segi ekonomisnya, hutan mangrove ini berguna sebagai:

  1. Menghasilkan beberapa jenis kayu yang kualitasnya diakui baik
  2. Menghasilkan hasil- hasil non kayu. Hasil non kayu yang dihasilkan hutan ini dikenal dengan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). Hasil hutan bukan kayu ini umumnya mirip arang kayu, tanin, bahan pewarna, kosmetik, hewan, serta bahan makanan dan juga minuman.

 

  • Fungsi ekologis

Dilihat dari segi ekologisnya, hutan mangrove ini berguna sebagai:

  1. Hutan mangrove berguna sebagai pelindung pantai dari abrasi ombak- ombak laut yang bisa mengikis pinggir- pinggir pantai
  2. Menjadi habitat berbagai macam jenis hewan. Hewan- hewan yang hidup di sekitar pantai adalah biawak air, kepiting bakau, udang lumpur, siput bakau, dan berbagai jenis ikan belodok
  3. Menjadi tempat hidup atau habitat bagi banyak tumbuhan atau flora

 

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Hutan Mangrove : Pengertian , Ciri , Bentuk Dan Fungsinya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.

baca juga :

Baca Juga :  √Sel : Pengertian, Sejarah dan Ukurannya
Baca Juga :  √Pengertian Membrane Plasma dan Organel
Baca Juga :  √ Sistem Pencernaan Manusia : Gambar, Bagian dan Fungsinya (Lengkap)
Baca Juga :  √Teks Eksposisi : Pengertian , Jenis , Ciri , Struktur dan Contohnya