√ Hakikat PKN : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Diposting pada

pengertian

pada hakikatn pendidikan kewarganegaraan adalah sebuah metode pendidikan yang bersumber pada nilai-nilai pancasila sebagai kepribadian bangsa demi meningkatkan serta melestarikan keluharaan moral dan juga perilaku masyarakat yang bersumber pada budaya bangsa yang ada sejak dahulu kala.

√ Hakikat PKN : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Dengan hal tersebuh diharapkan bisa menecerminkan jati diri yang terwujud dalam berbagai tingkah laku di dalam kehidupan keseharian masyarakat. Hakikat pendidikan kewarganegaraan sebagai sebuah mata pelajaran adalah memiliki sebuah tujuan penting dalam membentuk jati diri individu yang hidup dalam kehidupan masyarakat yang mejemuk.

Baik dalam kemajemukan suku, ras, agama dan budaya juga bahasa demi membangun karakter bangsa sebagai bangsa yang cerdas, cakap dan mempunyai karakter yang berlandaskan UUD 1945 dan pancasila sebagai filsafat bangsa.

Tujuan pendidikan kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan mempunnyai tujuan yang penting dalam memberi pemahaman bahwa pentingnya pendidikan bagi manusia, terutama seorang warga negara dalam memahami kedudukan warga negara dalam negara.

Beberapa ahli menuturkan tujuan-tujuan pendidikan kewarganegaraan, sebagai erikut ini:

  1. Brason

Brason berpendapat tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah keikut sertaan yang mempunyai tanggung jawab seerta mutu yang berkualitas dalam kehidupan masyarakat maupun politik baik secara lokal, negara bagian, dan nasional.

  1. Djahiri

Djahiri menyebutkan bahwa pendidikan kewarganegaraan mempunyai dua tujuan yang utama, yaitu tujuan secara umum dan tujuan secara khusus.

  1. Depdiknas

Menurut depdiknas, pendidikan kewarganegaraan mempunyai tujuan sebagai sebuah pembelajaran yang bisa meningkatkan kompetensi.

  1. Sapriya

Pendidikan kewarganegaraan menurut sapriya mempunyai tujuan sebagai sebuah keikutsertaan yang rasional dan juga tanggung jawab di dalam kehidupan berpolitik dari seorang warga negara yang patuh terhadap nilai-nilai serta prinsip-prinsip demokkrasi konstirusi indonesia yang mendasar. Keikutsertaan seorang tersebut perlu menguasai beberapa pengetahuan serta kecakapan intelektual juga keterampilan untuk ikutserta. Keikut sertaan tersebut lalu akan di tingkatkan lagi dengan jalan mengembangkan disposisi atau karakteristik tertentu.

Tujuan umum pendidikan kewarganegaraan

Secara umum pendidikan kewarganegaraan mempunyai tujuan untuk mendidik setiap warga negara agar menjadi warga negara yang baik, yang terlukis dalam sebuah tulisan somantri.

Fungsi pendidikan kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan sangat lah penting dalam peran serta memberi suatu pengajaran tentang tujuan pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari pendidikan kewarganegaraan:

Mendorong generasi penerus untuk mendapatkan sebuah pemahaman mengenai cita-cita nesional juga tujuan negara

Agar lebih cepat dalam memuat keputusan-keputusan yang penting beranggung jawab beik utnuk dalam penyelewaian masalah individu dan masyarakat juga negara

Bisa memberikan apresiasi cita-cita nasional serta mengambil keputusan-keputusan yang cerdas

Saran untuk menciptakan warga negara yang mempunyai kecerdasan, keterampilan, juga mempunyai karakteristik setia terhadap bangsa dan negara dengan mewujudkan dirinya dalam kebiasan berpikir maupun berprilaku yang sejalan dengan amanah pancasila.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Hakikat PKN : Pengertian, Tujuan dan Fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Pengertian Berdaulat : Sifat, Berdasarikan Keuar dan Dalam
Read More  √ Fungsi LSM: Pengertian, Ciri, Macam, Fungsinya
Read More  √ Fungsi Dan Tujuan Negara : Pengertian, Sifat, Unsur, Bentuknya
Read More  √ Arti Prosa : Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh dan Penjelasannya