√ Globalisasi di Indonesia : Pengertian, Ciri-ciri, Teori, Faktor dan Dampaknya

Diposting pada

Pengertian

√ Globalisasi di Indonesia : Pengertian, Ciri-ciri, Teori, Faktor dan Dampaknya

Globalisasi merupakan proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, serta aspek-aspek kebudayaan lainnya. Globalisasi Juga sering disebut sebagai suatu proses yang mendunia.

Ciri-ciri Globalisasi

  1. Globalisasi Mengalami pelebaran aktivitas sosial, politik, ekonomi di pelosok wilayah, regional serta benua.
  2. Globalisasi mengalami intensifikasi atau peningkatan serta keterhubungan aliran perdagangan, investasi, keuangan, dan migrasi serta pertukaran budaya.
  3. Globalisasi mengalami percepatan interaksi dan komunikasi secara mendunia dengan terciptanya sistem transportasi maju, hingga mempercepat pertukaran dan difusi ide, barang barang, informasi, modal, serta masyarakat.
  4. Globalisasi mengalami peningkatan intensitas dan kecepatan interaksi global yang mengakibatkan kejadian atau peristiwa lokal di willayah yang berjauhan bisa menjadi sesuatu yang berdampak global. Artinya masalah domestik dan masalah global menjadi semakin berkaitan .

Teori Globalisasi Di Indonesia

  1. Para Globalis

Para Globalis menyatakan bahwa dengan adanya Globalisasi ini akan membawa konsekuensi secara langsung dalam kehidupan di seluruh dunia bahwa nantinya akan ada serangan budaya homogen yang menyebar ke seluruh dunia.

Mengenai hal ini, para globalis yang positif menyatakan bahwa hal tersebut dapat menjadikan masyarakat dunia yang mempunyai pemikiran yang lebih terbuka dan toleran pada budaya dari luar budayanya sendiri,

Tetapi para globalis negatif mengatakan bahwa hal ini dapat melunturkan budaya asli masing-masing masyarakat dan menganggap itu juga salah satu upaya Negara adidaya untuk menjajah budaya lain.

  1. Para Tradisionalis

Para Tradisionalis dalam teori ini ialah orang-orang yang tidak menganggap bahwa Globalisasi sedang terjadi, mereka menganggap bahwa proses yang saat ini terjadi ialah dampak dari perubahan yang telah terjadi sejak zaman dulu.

  1. Para Transformalis

Para Transformalis merupakan orang yang berada diantara globalis dan tradisionalis, yang menganggap bahwa benar Globalisasi sedang terjadi tetapi terlalu dilebih-lebihkan.

Faktor Globalisasi Di Indonesia

  1. Perkembangan Teknologi dan Informasi

Adanya perkembangan pada teknologi informasi dan komunikasi yang kemudian berdampak dalam mudahnya transaksi keuangan yang terjadi di seluruh Negara.

Selama beberapa waktu terakhir ada banyak sekali perkembangan dalam bidang teknologi yang berhubungan langsung dengan transaksi keuangan yang dapat memudahkan kamu untuk melakukan transaksi tidak hanya di Negara sendiri melainkan di Negara lain.

  1. Banyaknya Kerja Sama Internasional

Penyebab ke-2 terjadinya Globalisasi ialah karena terjadinya banyak kerja sama internasional yang memudahkan terjadinya transaksi keuangan sebelumnya yang dilakukan dari berbagai Negara.

Sehingga lewat sektor ekonomi inilah yang membuat banyaknya produk dari luar negeri masuk ke dalam negeri dan pula sebaliknya.

  1. Kemudahan Transportasi

Penyebab Ke-3 terjadinya Globalisasi juga masih berhubungan dengan penyebab sebelumnya yakni dengan adanya sistem pengiriman yang maju menyebabkan masyarakat mudah dalam mengirimkan barang meski terpisah jarak yang sangat jauh antar Negara maupun benua.

  1. Ekonomi Terbuka

Selanjutnya era Globalisasi juga terjadi karena Negara-negara di dunia mulai sangat terbuka di bidang ekonomi, sehingga perdagangan global juga diterima dengan terbuka yang menyebabkan banyak macam produk saling bertukar dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dampak-dampak Globalisasi

  1. Dampak Positif Globalisasi

– Kemudahan Mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan.

– Kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang meningkat.

– Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi yang memudahkan masyarakat.

  1. Dampak Negatif Globalisasi

– Gampangnya budaya barat masuk dan mempengaruhi budaya- budaya lokal.

– Lunturnya nilai-nilai kebudayaan contohnya gotong royong dan lain sebagainya.

– Rusaknya lingkungan serta meningkatnya polusi udara.

– Banyaknya penyelundupan barang-barang ilegal ataupun terlarang.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Globalisasi di Indonesia : Pengertian, Ciri-ciri, Teori, Faktor dan Dampaknya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semunya

baca juga :

Baca Juga :  √ Geostrategi Indonesia : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Faktor, Perkembangan
Baca Juga :  √ Fungsi Mahasiswa Beserta Penjelasannya
Baca Juga :  √ Pengertian Prestasi Diri Bagi Keunggulan Bangsa : Upaya Dan Sifatnya
Baca Juga :  √ Pengertian Pancasila Sebagai Etika : Makna, Aktualisasi Dan Pengamalannya