√Gempa Bumi : Pengertian Gempa Bumi Teknonik Dan Vulkanik

Diposting pada

Pengertian mengenai gempa bumi

Gempa bumi sendiri merupakan getaran yang terjadi di permukaan bumi, yang disebabkan pelepasan energy dari dalam secara tiba-tiba yang mengakibatkan adanya gelombang seismic, Negara kita sendiri termasuk dalam Negara asia yang sering terkena gempa bumi selalin Negara jepang dan Negara asia lainnya.

Gemba bumi
Gemba bumi

Hal ini disebabkan karena wilayan Indonesia sendiri mempunyai banyak gunung-gunung didalamnya, meskipun gempa bumi yang terjadi di Indonesia tidak sesering yang terjadi di Negara jepang pada umumnya, perlu diketahui bahwa banyak sekali macam-macam gempa yang terjadi di negeri ini,

Salah satu gempa yang sering terjadi di Indonesia adalah gempa tektonik dan vulkanik, oleh karena itu masyarakat Indonesia harus lebih mendalam mengetahui tentang gempa bumi khususnya gempa bumi tektonik dan vulkanik,

Berikut ini kami akan mejelaskan mengenai gempa bumi tektonik dan vulkanik.

Pengertian gemba bumi tektonik

Mungkin anda tidak asing lagi dengan kata gempa bumi tektonik, dan tahukan anda mengenai makna dari gempa bumi tektonik itu sendiri? Mari kita simak bersama mengenai pengertian seputar gempa bumi tektonikGempa bumi tektonik merupakan gempa atau pergeseran bumi yang disebabkan oleh adanya aktifitas tektonik, aktivitas tektonik ini merupakan aktivitas pergeseran pada lempengan-lempengan mendadak dengan kekuatan yang kecil hingga kekuatan yang cukup besar, yang dapat mengakibatkan kerusakan di permukaan bumi.

Penyebab gempa bumi tektonik ini karena adanya pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik misallnya ialah lempengan plat tektonik Karen gelang yang ditarik lalu di lepaskan secara tiba-tiba. Dan gempa bumi tektonik ini pada umumnya memiliki getran yang lebih kuat di bandingkan dengan gempa bumi vulkanik, inilah Negara yang sering mengalami gempa bumi tektonik, antara lain ialah Indonesia, iran, india, dan Balkan, amerika tengah, Filipina, chile dan jepang.

Pengertian gempa bumi vulkanik

Gempa bumi vulkanik adalah gempa yang terjadi karena adanya aktifitas magma pada gunung berapi, gempa bumi vulkanik ini terjadi sebelum gunung berapi meletus. Apabila ledakan gunung berapi terberbut meletus dengan kuat maka akan menghasilkan efek gempa bumi.

Salah satu penanda akan adanya gunung meletus ialah gempa bumi vulkanik, walaupun tidak semua gemba vulkanik diikuti letusan gunung berapi.

Salah satu pemicu gempa bumi vulkanik ialah tingkat pergeseran didalam gunung, yang mengakibatkan gelombang siesmik, gelombang siermik merupakan jenis aktifitas yang lainnya terkait dengan gunung berapi serta letusannya.

Kemudian pergerakan tersebut terhambat dari pergerakannya disebabkan karena terjadi penyumbatan. Hal seperti itu juga dapa mengakibatkan tejadinya gempa bumi vulkanik dan juga akan terjadinya letusan gunung berapi, salah satu gempa bumi vulkanik yang pernah terjadi di Indonesia dan merupakan yang terbesar aialah terjadi di tambora pada tahun 1815 dengan jumlah korban mencapai 92 ribu jiwa.

Demikianlah tadi pembahasan dari kami mengenai pengertian gempa bumi tektonik dan vulkanik, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan anda mengenai gempa.

baca juga :

Read More  √Revolusi Bumi : Pengertian, Manfaat, Akibat Dan Proses
Read More  √Gempa Bumi : Pengertian Gempa Bumi Teknonik Dan Vulkanik
Read More  √Silvikultur : Pengertian, Fungsi, Sistem dan Fase Secara Lengkap