√Garis Khatulistiwa: Pengertian, Ciri, Fungsi, Iklim

Diposting pada
√Garis Khatulistiwa: Pengertian, Ciri, Fungsi, Iklim

Pengertian

Garis khatulistiwa berasal dari 2 kata yakni garis dan khatulistiwa. Garis dalam matematika adalah bentuk geometri yang dilukiskan dengan titik yang bergerak. Tapi dalam istilah pada umumnya khatulistiwa sudah bisa mewakili arti dari kedua kata walaupun tanpa ada kata garis didepannya. Dalam Bahasa Inggris garis khatulistiwa biasa disebut dengan equator. BIla diartikan jadi pengertian garis khatulistiwa ini merupakan siati garis imajinasi yang digambar ditengah-tengah planet diantara 2 kutub dan paralel pada poros rotasi planet.

Ciri-ciri Garis Khatulistiwa

Disekitar garis khatulistiwa ada beraneka ragam makhluk. Berhubungan dengan keaneka ragaman hayati, di sekitar garis khatulistiwa ada banyak keanekaragamannya. Semakin dekat sebuah daerah dengan garis khatulistiwa maka daerah itu semakin tinggi mempunyai keanekaragaman hayati. Tapi sebaliknya semakin jauh dari khatulistiwa semakin rendah keanekaragaman hayatinya. Indonesia adalah salah satu yang ada disekitaran khatulistiwa. Hal tersebut bisa dijadikan tolak ukur untuk melihat bagaimana persebaran makhluk hidup yang ada didaerah tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa iklim juga mempunyai pengaruh pada persebaran keanekaragaman hayati yang ada disebuah daerah.

Suhu serta kelembaban disekitaran khatulistiwa pun mempengaruhi kondisi maakhluk yang tingggal disebuah daeraah. Suhu lingkungan ditentukan oleh banyaknya sinar matahari yang diserap oleh komponen yang menyusun sebuah ekosistem. Biasanya makhluk hidup hanya bisa bertahan hidup pada kissaran suhu 0 derajat celcius sampai 40 derajat celcius. Suhu yang paling ideal untuk kelangsungan hiddup makhluk adalah sekitar 27 derajat celcius. Suhu itu masuk ke dalam suhu hangat. Di daerah garis khatulistiwa suhu hangat terjadi sepanjang tahun. Hal tersebut menyebabkan tingginya keanekaragaman hayati di daerah itu. Kondisi tersebut adalah kondisi paling baik untuk makhluk hidup bisa bertahan.

Baca Juga :  √Gigi: Pengertian, Bagian, Jenis dan Strukturnya

Di daerah khatulistiwa ada hutan yang disebut dengan hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis tersebut adalah tempat yang paling kaya akan keanekaragaman hayati. Lebih dari 2.500 spesies tanaman tumbuh di hutan hujan tersebut.

Fungsi Garis Khatulistiwa

  • Menjadi acuan yang dipakai untuk menentukan perbedaan zona iklim di bumi.
  • Menjadi pembagi antara 2 belahan bumi yakni belahan bumi selatan dan belahan bumi utara.
  • Garis khatulistiwa digunakan sebagai patokan guna menentukan lokasi sebuah negara .

Iklim Garis Khatulistiwa

Berdasarkan aspek goegrafi dan kondisi fisiknya, iklim di sekiitar garis Khatulistiwa mempunyai perbedaan bila dibandingkan dengan belahan bumi utara dan selatan. Daerah disekitaran garis khatulistiwa mempunyai iklim tropis (panas). Keadaan cuaca yang rata-rata panas mengakibatkan Negara-negara didaerah itu beriklim tropis. Iklim tersebut mengakibatkan terjadinya hujan yang disebut dengan hujan tropis. Selama 2 bulan daerah ini mempunyai temperatur rata-rata di atas 18. Suhu tropis tersebut akan relatif tetap sepanjang tahun, dengan variasi musiman yang didominasi oleh presipitasi. Iklim tropis dsekitaran garis khatulistiwa terletak antara 0 – 231 derajat / 2 derajat LU / LS  serta hampir 40% dari permukaan bumi.

Ciri-ciri Iklim di Sekitar Garis Khatulistiwa:

  • Mempunyai suhu rata-rata yang tinggi. Hal tersebut terjadi karena matahari vertikal.Biasanya suhu udara pada daerah yang mempunyai iklim tropis ialah 20 – 23 derajat celcius. Tapi di beberapa tempat mempunyai suhu rata-rata 30 derajat celcius.
  • Mempunyai amplitudo suhu rata-rata tahunan yang kecil. Di garis khatulistiwa amplitudo suhu rata-rata tahunannya sekitar 1 – 5 derajat celcius, sementara ammplitudo suhu hariannya lebih besar.
  • Mempunyai tekanan udara yang rendah yang berubah secaaraa perlahan dan beraturan.
  • Mempunyai frekuensi hujan yang besar dibandingkan dearah-daerah lainnya (belahaan bumi utara serta belahaan bumi selatan).
  • Di daerah sekitar khatulistiwa lamanya waktu siang serta malam relative sama sepanjang tahun.
Baca Juga :  √Apa itu Kloroplas: Pengertian, Fungsi, Struktur

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Garis Khatulistiwa: Pengertian, Ciri, Fungsi, Iklim semoga bermanfaat

Baca Juga: