√ Fungsi Partai Politik: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Hak dan Kewajibannya

Diposting pada

Pengertian

Partai Politik merupakan sebuah organisasi yang bersifat nasional dan dibentuk oleh sekelompok warga negara Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan keinginan dan cita-cita untuk memperjuangkan dan membela kepentingan politik anggota, masyarakat, bangsa dan negara, serta memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Ciri-ciri

– Terjun ke dalam dunia politik.

– Dalam partai politik ada fondasi yang berasal dari masyarakat lokal.

– Kegiatan yang dilaksanakan dalam partai politik dilakukan secara terus-menurus. Yang dimaskudkan dengan istilah terus menerus disini ialah bukan partai yang mempunyai jangka waktu seperti pemerintahan. Partai politik tetap mempunyai kegiatan walaupun pemilihan umum tidak sedang berlangsung.

– Dasarnya partai politik berusaha untuk mendapatkan kekuasaan dalam pemerintahan. Hal tersebut dilakukan dengan mengajukan calon- calon legislatif dari partai politik yang ada.

– Partai politik aktif dan ikut serta dalam hal yang berhubungan dengan pemilihan umum.

Fungsi

pendidikan politik

– Partai politik berfungsi sebagai pendidikan politik untuk anggota-anggotanya dan masyarakat luas supaya menjadi warga negara Republik Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam kehidupan  bermasyarakat, berbangsa serta bernegara.

menciptakan iklim yang kondusif

– Partai politik berfungsi sebagai sarana dalam menciptakan iklim yang kondusif serta program yang nyata.

persatuan serta kesatuan bangsa

– Partai politik berfungsi sebagai perekat persatuan serta kesatuan bangsa yang tujuannya untuk mensejahterakan  masyarakat.

penyalur aspirasi politik

– Partai politik berfungsi sebagai penyerap, penghimpun dan penyalur aspirasi politik yang bersumber dari masyarakat secara konstuitusional dalam merumuskan dan menetapkan kebijakan yang ingin diambil oleh negara.

bentuk aspirasi politik yang berasal dari masyarakat

– Partai politik berfungsi sebagai bentuk aspirasi politik yang berasal dari masyarakat atau warga negara.

sarana rekuitmen politik

– Partai politik berfungsi sebagai sarana rekuitmen politik dalam proses pengisian jabatan politik lewat mekanisme demokrasi dengan memperhatikan kesetaraan gender.

Tujuan

  1. Tujuan umum

Tujuan partai politik ialah untuk mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia.  Cita-cita nasional bangsa Indonesia ini berasal dari Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Partai politik dibentuk bertujuan untuk menjaga serta memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Partai politik bertujuan untuk mengembangkan kehidupan demokrasi yang didasarkan pada pancasila dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

  1. Tujuan khusus

Tujuan khusus yang dimiliki oleh partai politik adalah untuk memperjuangkan cita-cita anggota yang ada di dalamnya berhubungan dengan perihal kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tetapi, secara lebih khusus, ternyata partai politik juga mempunyai tujuan untuk mempertahankan kekuasaannya di pemerintahan.

Hak Dan Kewajiban

  1. Hak partai politik

– Partai politik memiliki hak menyampaikan aspirasi masyarakat dan menyebarluaskan sarana-sarana dan kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

– Partai politik memiliki hak untuk membantu memberikan pertimbangan pada setiap kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah.

– Partai politik memiliki hak dalam ikut serta pemilihan umum. Keikutsertaan partai politik dalam pemilihan umum tersebut sesuai dengan ketetapan Undang-Undang.

– Partai politik memiliki hak untuk mendapatkan perlakuan yang adil dari negara.

  1. Kewajiban Partai Politik

– Partai politik mempunyai kewajiban untuk berpedoman dan berpegang teguh Pancasila dan Undang –Undang Dasar 1945 dalam mengamalkan dan menerapkannya.

– Mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

– Memelihara persatuan serta kesatuan bangsa Indonesia.

– Partai politik pun berkewajiban untuk membantu menyukseskan pembangunan nasional.

– Berhubungan dengan pemilihan umum partai politik mempunyai kewajiban untuk ikut menyukseskannya dengan cara demokrasi yang sesuai asas pemilihan umum.

– Partai politik pun memiliki kewajiban untuk ikut serta dalam memberikan suara secara langsung, umum, bebas dan bersifat rahasia.

demikianlah artikel dari duniapendidi.co.id mengenai √ Fungsi Partai Politik: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Hak dan Kewajibannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Read More  √ Chauvinisme Adalah : Pengertian, Sejarah, Ciri, Dampak dan Contohnya
Read More  √ 7 Cara Melestarikan Budaya

 

Posting pada SD