√ Fungsi Mahasiswa Beserta Penjelasannya

Diposting pada

4 Fungsi mahasiswa

  1. Sebagai iron Stock

√ Fungsi Mahasiswa Beserta Penjelasannya

Sifat mengalir yang dimiliki oleh organisasi-organisasi yang ada ditandai dengan adanya pergantian kekuasaan, yakni dari golongan yang tua kepada golongan yang muda, sampai proses kaderisasi akan diperlukan secara terus menerus. Kampus atau perguruan tinggi adalah salah satu wadah yang menyediakan kader-kader berkualitas yang akan sangat sayang jika tidak dimanfaatkan.

Dan mahasiswa sebagai salah satu unsur dari perguruan tinggi tersebut adalah generasi yang diharapkan bisa menjadi pribadi yang tangguh yang mempunyai kemampuan serta moralitas yang baik, sehingga nantinya bisa menjadi pengganti bagi generasi-generasi sebelumnya. Dalam artian yang lain, bahwa mahasiswa adalah cadangan (stock), aset, serta harapan untuk masa depan sebuah bangsa. Itulah mengapa dikatakan bahwa mahasiswa adalah iron stock untuk sebuah bangsa. Sejarah sudah membuktikan bahwa perubahan-perubahan besar terjadi ditangan generasi muda. Hal tersebut sudah terjadi sejak zaman nabi, zaman kolonialisme, sampai zaman reformasi seperti sekarang ini, dimana yang menjadi garda terdepan dari perubahan kondisi bangsa ialah para pemudanya.

  1. Sebagai Guardian Of Value

Mahasiswa adalah kalangan akademis yang dalam mencari sebuah kebenaran akan selalu berfikir secara ilmiah. Di kalangan masyarakat, salah satu peran penting mahasiswa adalah menjaga nilai-nilai dan hak dan kewajiban warga negara yang telah tertanam di masyarakat yang mempunyai kebenaran mutlak yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa serta bukan sebagai hasil pragmatisme saja. Selain itu, mahasiswa juga harus menjaga nilai-nilai yang berasal dari kebenaran alamiah yang adalah representasi dari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa sebagai dzat yang Maha Mengetahui. Mahasiswa harus mempunyai kemampuan untuk mencari kebenaran yang berlandaskan pada pemikiran ilmiah yang bersumber pada ilmu-ilmu yang sudah mereka dapatkan dan untuk selanjutnya harus diterapkan dalam kehidupan masyarakat serta selalu dijaga.

Jadi pemikiran yang menyatakan bahwa mahasiswa adalah sebagai guardian of value berarti bahwa mahasiswa adalah golongan penyampai dan penjaga nilai-nilai kebenaran yang bersifat mutlak, dimana nilai-nilai tersebut diperoleh berdasarkan pemikiran untuk selalu mencari nilai kebenaran yang mahasiswa miliki.

  1. Sebagai Agent Of Change

Sebagai agent of change, maksudnya mahasiswa adalah salah satu agen pembawa perubahan, dimana sebagai golongan eksklusif, sudah sepantasnyalah bila mahasiswa menjadi garda terdepan dalam melakukan perubahan-perubahan di sebuah bangsa.

Sebuah perubahan mempunyai arti yang sangat penting, dimana dalam ajaran agama islam sudah disebutkan bahwa suatu kaum harus mau berubah jika mereka menginginkan sebuah keadaan yang lebih baik. Kita juga bisa melihat dari kondisi yang dialami bangsa kita saat ini, dimana berbagai penyakit masyarakat sudah banyak sekali menghinggapi kehidupan bangsa ini, mulai dari pejabat tinggi sampai pejabat kelas bawah serta akhirnya merambat ke rakyat yang akan  menjadi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan. Oleh karena itu, telah menjadi sebuah hal yang wajib jika kita melakukan perubahan, dimana hal tersebut adalah harga mutlak dan pasti akan terjadi walaupun kita hanya berdiam diri. Karena walaupun kita diam, akan tetapi kita juga telah ikut dalam melakukan perubahan, walupun hasilnya belum tentu sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Perubahan-perubahan tersebut dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, yakni :

– Pandangan yang mengatakan bahwa tatanan kehidupan masyarakat dipengaruhi oleh berbagai hal yang sifanya materialistik, seperti keberadaan teknologi.

– Pandangan yang mengatakan bahwa perubahan sangat dipengaruhi oleh adanya faktor ideologi atau nilai-nilai.

Untuk mencapai perubahan-perubahan yang diharapkan, maka kedua pandangan ini sudah seharusnya diakomodasikan oleh para mahasiswa, karena merekalah yang berpotensi untuk melaksanalan. namun dalam melakukan upaya perubahan tersebut harus dilakukan dengan tidak tergesa-gesa yang dimulai dari diri sendiri sebagai lingkungan terkecil, lalu meluas sampai ke ruang lingkup bangsa dan negara.

  1. Sebagai Social control

Dalam menjalankan fungsinya sebagai social control, mahasiswa bertindak sebagai penengah antara pemerintah dan masyarakat, dimana mahasiswa sebagai penyampai pendapat dan aspirasi masyarakat kepada pemerintah dan mahasiswa pula harus menunjukkan sikap yang baik pada masyarakat. Selain itu, sebagai kontrol sosial, mahasiswa juga mempunyai tugas untuk berbagai kebijakan dan peraturan yang  dibuat untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok.

Mahasiswa adalah insan akademis yang salah satu cirinya adalah mempunyai sense of crisis, yakni dimana mereka harus selalu kritis dan peka pada masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya yang mengikuti pengaruh globalisasi saat ini. Hal ini akan terwujud dengan sendirinya jika mereka selalu mempunyai pemikiran untuk mencari kebenaran-kebenaran yang bersifat ilmiah. Dengan begitu maka diharapkan mereka bisa memahami mengenai masalah-masalah yang sedang terjadi serta bisa mencari solusi-solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Ciri yang lain adalah mahasiswa harus dapat mengembangkan dirinya sehingga mereka bisa generasi yang selalu tanggap dan bisa menghadapi segala tantangan di masa depan.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Fungsi Mahasiswa Beserta Penjelasannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Pengertian Prestasi Diri Bagi Keunggulan Bangsa : Upaya Dan Sifatnya
Read More  √ Pengertian Pancasila Sebagai Etika : Makna, Aktualisasi Dan Pengamalannya
Read More  √ 14 Tugas Kementerian Dalam Negeri
Read More  7 Tugas Wewenang MPR : Fungsi Dan Haknya