√ Fungsi Komnas Ham: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Tugas Utamanya

Diposting pada

Pengertian

Komnas HAM merupakan lembaga mandiri yang kedudukannya setingkat terhadap lembaga negara lainnya. Komnas HAM adalah lembaga yang didirikan bertujuan untuk melindungi hak-hak asasi dari pelanggaran HAM yang dilakukan. Pelanggaran HAM adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang, dalam hal ini termasuk aparat negara, baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, membatasi, menghalangi atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dilindungi oleh undang-undang.

√ Fungsi Komnas Ham: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Tugas Utamanya

Fungsi

  1. Pengkajian dan penelitian tentang instrument HAM internasional

Secara umum, walaupun merupakan sebuah lembaga Negara yang dimiliki oleh Indonesia, tetapi demikian Komnas HAM juga mempunyai fungsi penting dalam melakukan proses pengkajian dan juga penelitian mengenai instrument HAM secara internasional. Hal tersebut disebabkan karena instrument HAM international dibuat berdasarkan perkembangan kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia yang terus berkembang dan bertambah las dampaknya, hingga Komnas HAM juga perlu ikut mengkaji instrument HAM secara internasional.

  1. Pengkajian dan penelitian peraturan perundang-undangan

Penelitian dan juga pengkajian terhadap perundang-undangan local juga perlu untuk dilakukan hal tersebut untuk membantu memperjelas makna dari berbagai macam peraturan perundang-undangan di Indonesia, dan mengkaji apa saja dampak yang akan muncul serta pengaruh pada hak asasi manusia yang ada.

  1. Studi kepustakaan, lapangan dan perbandingan tentang Hak Asasi Manusia

Studi kepustakaan dan juga penelitian lapangan juga amat penting untuk dilakukan, tujuannya untuk mencari tahu mengenai dampak jenis jenis pelanggaran HAM, dan apa saja pelanggaran HAM yang marak terjadi. Hal tersebut nantinya akan sangat membantu Komnas HAM dalam menentukan regulasi dan juga instrument HAM yang ada di Indonesia.

  1. Pembahasan tentang Hak Asasi Manusia

Pembahasan tentang HAM dilakukan untuk menentukan faktor-faktor apa saja yang mesti dikedepankan untuk memajukan hak asasi manusia. Hal ini pula dilakukan untuk mencegah supaya pelanggaran tehadap hak asasi manusia menjadi lebih berkurang lagi.

  1. Penyuluhan dan juga penyebarluasan tentang Hak Asasi Manusia

Penyuluhan dan penyebarluasan tentang hak asasi manusia dilakukan oleh Komnas HAM untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas, betapa hak asasi manusia adalah 1 elemen penting yang tidak bisa dipisahkan dari diri manusia, sehingga merupakan suatu kesalahan besar jika hak asasi manusia tersebut dilanggar. Hal ini pula dilakukan untuk meningkatkan kesadaran individu tentang hak asasi manusia itu sendiri.

  1. Penanganan kasus Hak Asasi Manusia baik ringan ataupun berat

Fungsi Komnas Ham yang satu ini merupakan fungsi dan juga tugas, atau bisa pula disebut sebagai kewenangan dari Komnas HAM yang paling penitng. Ya, komnas ham mempunyai kewajiban untuk melakukan penanganan terhadap kasus yang menyeret apapun tentang hak asasi manusia. Lewat fungsi dan juga kewenangan ini, maka komnas ham merupakan salah satu lembaga Negara yang memang benar-benar dapat untuk menjaga martabat manusia yang mempunyai hak asasi.

Tujuan

– Tujuan Komnas HAM yang pertama ialah untuk mengembangkan kondisi yang kondusif untuk pelaksanaan hak asasi manusia dengan pancaila, UUD 1945 dan piagam PBB, dan Deklarasi Universal HAM.

  1. Tujuan Komnas HAM yang kedua adalah meningkatkan perlindungan dan penegakan hak asasi manusia yang tujuannya untuk berkembangnya pribadi manusia Indonesia seutuhnya dan kemampuannya berpartisipasi dalam banyaknya bidang kehidupan.

Tugas Utama

– Memberikan perlindungan terhadap Hak Asasi Manusia untuk seluruh rakyat Indonesia seperti hak perlindungan anak.

– Memberikan pendampingan pada warga yang mengalami kasus pelanggaran HAM.

– Menangani kasus-kasus pelanggaran HAM mulai dari ringan sampai yang berat.

– Memberikan penyuluhan kepada semua masyarakat tentang pentingnya HAM

– Melakukan revisi, dan membuat aturan-aturan hukum yang tegas yang berhubungan dengan Hak Asasi Manusia

– Mengajak seluruh aparat dan juga lembaga Negara dalam memberantas kasus-kasus pelanggaran Hak asasi manusia di Indonesia.

– Mencari solusi untuk menekan angka pelanggaran Hak Asasi Manusia yang semakin meningkat di tiap tahunnya.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.di mengenai √ Fungsi Komnas Ham: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Tugas Utamanya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  Fungsi Infrastruktur Politik: Pengertian, Fungsi, Peranannya
Baca Juga :  √ Akibat Bullying : Bagi Pelaku dan Korban
Baca Juga :  √ 8 Hubungan UUD 1945 dengan Pancasila
Baca Juga :  √ Peran KAA : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Peran Dan Hasilnya