√ Fungsi Bunga Pada Tumbuhan : Pengertian, Sistem Reproduksi, Struktur

Diposting pada

Pengertian

Fungsi dari bunga adalah menarik penyerbuk pada tumbuhan untuk membantu pembuahan sehingga tumbuhan menciptakan bibit.  warna cerah, aroma yang kuat dan nektar manis semua bekerja sama untuk menarik burung, lebah dan serangga lainnya untuk memindahkan serbuk sari dari satu bunga ke bunga lain. Setelah penyerbukan terjadi, bunga berkembang dan akan menjadi benih. Bunga yang normal mempunyai  tiga fungsi dasar:

√ Fungsi Bunga Pada Tumbuhan : Pengertian, Sistem Reproduksi, Struktur

Sistem reproduksi seksual

Bunga menyediakan platform untuk sistem reproduksi seksual dari tanaman (andresium – jantan dan juga ginesium – betina) – baik bunga berumah satu dan dua. Dalam serbuk sari bunga dan ovula diproduksi biasanya ini melalui proses meiosis.

Penyerbukan terjadi dan ovula terbentuk menjadi biji, dengan ovarium yang bengkak ini biasanya membentuk menjadi buah (atau polong biji).

Menarik penyerbuk

 Menyediakan mekanisme untuk menarik penyerbuk untuk memfasilitasi penyerbukan (kelopak) – bunga berumah satu dan juga bunga berumah dua. Bunga memberikan atraktan visual untuk banyak penyerbuk (serangga, burung, binatang dan yang lainya), ini juga kadang-kadang terkait dengan bau beraroma seperti nektar. Ini sebagai “umpan” untuk menarik serangga yang kemudian mentransfer serbuk sari antara bunga-bunga dan juga memfasilitasi penyerbukan (baik penyerbukan silang atau penyerbukan sendiri).

Menyediakan platform

menyediakan platform untuk ovula dibuahi ini untuk berkembang dan didistribusikan sebagai buah dan biji – bunga berumah satu dan bunga berumah dua betina saja.

Pengertian bunga

Bunga adalah bagian penting dari sistem reproduksi tumbuhan. Setiap bunga menghasilkan serbuk sari, yang dirilis melalui bagian antera dari benang sari. Beberapa bunga menghasilkan serbuk sari yang dibawa oleh angin ke bunga lainnya sehingga terjadi pembuahan. Banyak bunga membutuhkan penyerbuk untuk membawa serbuk sari. Penyerbuk umum termasuk Kolibri, lebah, tawon, semut, lalat dan kumbang. Di beberapa bagian dunia, mamalia kecil dan kadal juga berfungsi sebagai penyerbuk.

Fungsi bunga pada tumbuhan

Fungsi Bunga sebagai bagian reproduksi  tanaman.

Bunga mengakomodasi organ reproduksi tanaman yaitu; benang sari dan juga karpel (putik).

Ini menarik serangga dan hewan lain sebelum penyerbukan.

Ini memberi nektar.

Ini adalah bagian indah tanaman

Tapi ingat bunga bukan istilah tunggal, itu terdiri dari kelopak, sepal, androecium atau benang sari, gynoecium (karpel) dan ovarium dengan satu atau banyak ovula. Setiap bagian dari bunga mempunyai peran langsung atau tidak langsung dalam pengembangan keseluruhan dan kelangsungan hidup tanaman.  apabila mereka tidak berbunga, mereka bukan tanaman (kecuali yang bereproduksi secara generatif).

Struktur bunga

Bunga merupakan daun dan batang di sekitarnya yang termodifikasi. Modifikasi ini disebabkan oleh dihasilkannya sejumlah enzim yang dirangsang sejumlah fitohormon tertentu. Pembentukan bunga dengan ketat dikendalikan secara genetik dan juga pada banyak jenis diinduksi oleh perubahan lingkungan tertentu, seperti suhu rendah, lama pencahayaan, dan ketersediaan air.

 Kelopak bunga atau calyx;

Mahkota bunga atau corolla yang biasanya tipis dan bisa berwarna-warni untuk memikat serangga yang membantu proses penyerbukan;

Alat kelamin jantan atau androecium (dari bahasa Yunani yaitu andros oikia: rumah pria) berupa benang sari;

Alat kelamin betina atau gynoecium (dari bahasa Yunani yaitu gynaikos oikia: “rumah wanita”) berupa putik.

Organ reproduksi betina merupakan daun buah atau carpellum yang pada pangkalnya terdapat bakal buah (ovarium) dengan satu atau sejumlah bakal biji (ovulum, jamak ovula) yang membawa gamet betina) di dalam kantung embrio. Pada ujung putik terdapat juga kepala putik atau stigma untuk menerima serbuk sari atau pollen. Tangkai putik atau stylus berperan sebagai untuk jalan bagi pollen menuju bakal bakal buah.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Fungsi Bunga Pada Tumbuhan : Pengertian, Sistem Reproduksi, Struktur, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Pengertian Ekosistem : Macam Beserta Contohnya
Baca Juga :  √ Otonomi Daerah : Solusi Beserta Masalahnya
Baca Juga :  √ Kota Utama Di Jepang : Fungsi Beserta Perannya
Baca Juga :  √ Perbedaan Pendudukan Dan Bukan : Penegrtian Dan Aspeknya