√Enzim : Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, Sifat dan faktor

Diposting pada

pengertian Enzim

Enzim adalah senyawa protein yang tersusun dari komponen-komponen protein dan katalitik yang berfungsi guna mempercepat metabolisme. karena dapat mempercepat menurunkan energi aktivasi yang dibutuhkan saat reaksi metabolisme ketika akan dimulai.

Cara Kerja Enzim

cara kerja enzim dalam mempercepat reaksi kimia ialah dengan berkaitan bersama dengan sumbtrat, lalu subtrat tersebut tadi akan di ubah menjadi produk. setelah terbentuk menjadi proteinm protein akan melepaskan dirinya dari subtrat. dua teori yang menggambarkan cara kerja enzim,diantaranya yaitu:

1.teori gembok dan kunci

emil fischer mememukaan dalam teorinya pada 1894, enzim akan berkaitan dengan subtrat yang mempunyai bentuk yang sama (spesifik) dengan sisi aktuf enzim. dengan demikian, hanya subtrar mempunyai bentuk yang cocock/spesifik yang hanya berkaitan dengn enzim.

2.teori induksi

teori ini diungkapkan oleh daiel khosland pada tahun 1958, enzim mempunyai sisi aktif yang fleksibel meski begitu, sisi aktif enzim ini mempunyai titik-titik pengeikat yang sangat spesifik, sehingga hanya subtrat saja yang mempunyai titik-titik pengikatan yang sama yang menginduksi sisi aktif enzim sehinga pas.

fungsi enzim

enzim sangatlah penting untuk reaksi kimia, diantara fungsi dari enzim ialah mempercepat suat reaksi kimia di tubuhh, tanpa adanya enzim maka proses metabolisme baik anabolisme atau pun katabolisme akan dapat terganggu. selalin itu sifat dari enzim ialah tidak ikut bereaksi dengan subtrat, inilah yang menguntungkan dan untuk mempercepat reaksi kimia dalam tubuh.

sifat-sifat dari enzim

enzim mepunyai banyaksekali peran dalam suatu reaksi kimia, salah satu fungsi dari enzim adalah memperepatnya reaksi kimia didalam tubuh, tanpa adanya enzim maka proses metabolisme baik anabolisme maupun katabolisme akan tergannggu. selain dari itu, sifat enzim didak dapat ikut bereaksi dengan subtrat yang lain, inilah yang sangat menguntungkan guna mempercepat suatu reaksi kimia didalam tubuh kita.

enzim memiliki banyaksekali peran yang sangat berguna untuk kelangsungan hidup suatu organisme, berikut ini sifat-sifat enzim yang harus kita ketahui bersama;

1.biokatalisator

biokatalisator merupakan senyawa katalis, yaitu senyawa yang dapat mempercepat suatu reaksi kimia tanpa ikkut bereaksi, karena sifat enzim berasal dari organisme, maka dari itu enzim disebut dengan senyawa biokatalisator

2.termmolabil

oleh sebabitu, enzim juga mempunyai sifat termolabil ini atrinya sangat dipangaruhi oleh suhu. enzim juga mempunyai suhu optimal guna menjalankan sebagai fungsinya, enzim bekerja optimum pada suhu sekitar 37 derajat celcius,

3.spesifik

sifat spesifik, ini artinya enzim akan mengikat subtrat yang mampu berkaitan dengan sisi aktif enzim.subtrat mempunyai titik pengikatan yang sama yang dapat menyebabkan diikat dengan enzim.

4.dipengaruhi PH

ph atau derajat keasaman juga sangan mempengaruhi kerja enzim. enzim bekerja pada suasana netral sekitar (6,7-8),

5.bekerja bolak-balik

enzim yang memecah senyawa A menjadi B, enzim juga yang membantu reaksi pembentukan senyawa B dari senyawa A, inilah mengan disebuat enzim secara bolak-balik

faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim

berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi kerja enzim

1.temperatur

ternyat temperatur juga sangat mempengaruhi kerja enzim, enzim mempunyai rentang temperatur tertentu adar bisa bereaksi dengan optimal. enzim akan rusak pada saat temperatur yang tinggi, pada keadaan iini struktur enzim sudah rusak dan berubah sehingga tidak dapat di gunakan lagi, enzim berada pada kondisi inaktif pada temperatur yang rendah.

2.ph

tanpa kita sadari ph ternyada sangant mempengaruhi kerja enzim, ph dapat mempengearusi optimasi kerja enzim setiap enzim berkerja pada kondisi ph yang spesifik.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai pengertian seputar enzim, sebaga artikel ini bermanfaat

baca juga;

Baca Juga :  √Statistika : Pengertian, Fungsi, Dan Manfaat Lengkap

Baca Juga :  √ Lingkungan Sehat : Pengertian, Aspek, Manfaat Dan Contohnya

Baca Juga :  √Farmakologi : Pengertian, Cabang Farmakologi Dan Sejarah Farmakologi Secara Lengkap

Baca Juga :  √Revolusi Bumi : Pengertian, Manfaat, Akibat Dan Proses