√ Enzim adalah: Pengertian, Fungsi, Sifat, Macam

Diposting pada

Pengertian

Enzim adalah sebuah senyawa protein yang tersusun dari komponen protein dan juga katalitik yang mempunyai fungsi untuk mempercepat suatu proses metabolisme pada tubuh organisme. Kenapa Komponen itu begitu penting dalam sebuah proses metabolisme, sebab akan mampu mempercepat dengan menurunkan energi aktivasi yang dibutuhkan pada saat reaksi metabolisme akan dimulai

√ Enzim adalah: Pengertian, Fungsi, Sifat, Macam

Fungsi

Enzim memiliki peranan yang sangat penting didalam suatu reaksi kimia. Seperti yang dijelaskan Fungsi enzim adalah untuk mempercepat suatu reaksi kimia pada tubuh oprganisme. Tanpa enzim, proses metabolisme baik anabolisme maupun katabolisme pasti akan terganggu. Selain dari hal itu, sifat enzim yang tak ikut bereaksi dengan substrat tersebut yang sangat paling menguntungkan dalam suatu percepatan reaksi kimia pada tubuh organisme.

Sifat-sifat

  1. Biokatalisator

bersifat biokatalisator artinya enzim adalah sebuah senyawa katalis yaitu sebuah senyawa yang mempercepat sebuah reaksi kimia tanpa ikut bereaksi. Karena enzim ini berasal dari organisme, maka enzim disebut juga adalah sebagai senyawa biokatalisator.

  1. Termolabil

Sebagian struktur enzim adalah sebuah senyawa protein. Oleh karena itu, enzim juga memiliki sifat termolabil artinya enzim ini sangat dipengaruhi oleh suhu. Enzim memiliki suhu optimum untuk bisa menjalankan fungsinya. Secara garis besar, enzim bekerja optimum pada suhu 37ºC Kalau pada suhu ekstrim dapat merusak kerja enzim. Enzim itu akan inaktif disuhu dibawah 10 ºC, sementara akan mengalami denaturasi jika pada suhu di atas 60 ºC. oleh sebab itu, proses pendinginan adalah salah satu proses pengawetan makanan sebab enzim – enzim dari bakteri pembusuk tidak bisa mencerna makanan.

  1. Spesifik

Seperti yang sudah dijelaskan dalam 2 teori cara kerja enzim, enzim ini bersifat spesifik yang maksudnya disini, enzim akan mengikat sebuah substrat yang bisa untuk berikatan dengan sisi aktif enzim. Substrat tersebut mempunyai titik pengikatan yang sama yang akan menyebabkan substrat bisa diikat oleh enzim. Sifat spesifik enzim tersebut juga dijadikan adalah sebagai dasar penamaan. Nama enzim ini pun biasanya diambil dari jenis substrat yang diikat atau jenis reaksi yang berlangsung. Contohnya amylase yaitu enzim yang berperan dalam memecah amilum adalah polisakarida (gula kompleks) menjadi gula yang lebih sederhana.

  1. Dipengaruhi pH

Sama halnya seperti suhu, pH atau derajat keasaman juga ikut dalam memengaruhi kerja enzim. Pada dasrnya , enzim itu bekerja pada suasana netral (6,5 – 7). Tetapi beberapa enzim optimum pada pH asam contohnya Pepsinogen, ataupun pada pH yang basa seperti Tripsin.

  1. Bekerja bolak balik

Enzim yang memecah senyawa A menjadi B dan juga enzim yang membantu reaksi pembentukan senyawa B dari senyawa A. Hal tersebut mengapa disebut kalau enzim itu bekerja dengan secara bolak balik.

  1. Tidak menentukan arah reaksi

Perubahan senyawa A menjadi B atau dibalik bukanlah enzim yang menentukan kemana arah reaksi itu akan berjalan. Senyawa yang lebih dibutuhkan adalah poin dari arah sebuah  reaksi kimia. Contohnya, tubuh kekurangan glukosa maka akan bisa memecah gula cadangan (glikogen) serta juga sebaliknya.

Macam-macam

  1. Berdasarkan tempat bekerja

– Endoenzim adalah enzim yang kerjanya di dalam sel.

– Eksoenzim adalah enzim yang kerjanya di luar sel.

  1. Berdasarkan cara terbentuknya

– Enzim konstitutif adalah enzim yang jumlahnya dipengaruhi oleh kadar molekul awalnya (substrat). Contohnya ialah enzim amilase yang ada pada saliva.

– Enzim adaptifadalah enzim yang pembentukannya distimulasi oleh adanya substrat, contohnya enzim β-galaktosidase yang dihasilkan oleh bakteri E.coli yang ditumbuhkan di dalam medium yang mengandung laktosa.

  1. Berdasarkan Proses Metabolisme

– Enzim katalase adalah enzim yang bersifat antioksidan pada makhluk hidup akibat fungsinya yang membantu mengubah hidrogen peroksida (H2O2) yang berasal dari respirasi (pernafasan) menjadi air (H2O) serta oksigen (O2). Hal tersebut dilakukan oleh tubuh lewat enzim katalase karena H2O2 bahaya untuk tubuh karena mudah bereaksi (oksidator kuat) dan bersifat korosif.

– Enzim oksidase  adalah enzim yang fungsinya untuk mempercepat penggabungan ikatan oksigen (O2) pada substrat tertentu yang spesifik dengan mengkatalisis transfer elektron, dan pada waktu yang bersamaan, oksigen itu juga direduksikan menjadi air (H2O)

– Enzim karbosilase adalah enzim yang fungsinya untuk mengubah asam organik dengan cara bolak balik. Sama seperti enzim karbosilase piruvat yang mengkatalisis proses karboksilasi asam piruvat menjadi oksaloasetat. Pada keadaan kekurangan oksigen pada tubuh, asam piruvat dipecah secara anaerob menghasilkan asam laktat pada manusia dan juga  hewan, menjadi etanol pada tumbuhan. Penumpukan asam laktat tersebut akan menyebabkan terjadinya keletihan atau kelelahan yang berpengaruh pada seseorang.

– Enzim hidrase adalah enzim yang fungsinya untuk menambah atau mengurangi air (H2O) dari senyawa spesifik tertentu, dengan tak menyebabkan terurainya senyawa itu. Contoh enzim hidrase seperti akonitase, enolase, dan fumarase

– Enzim dehidrogenase adalah enzim yang fungsinya memindahkan hidrogen dari sebuah molekul/zat ke zat lainnya. Dengan begitu, enzim ini bisa membantu untuk melangsungkan proses oksidasi didalam sel-sel hidup.

– Enzim desmolase adalah enzim oksidase dan reduktase yang fungsinya membantu penggabungan atau pemindahan ikatan karbon, dan pemutusan ikatan-ikatan C-C, C-N. Contohnya enzim aldolase yang diubah dalam pemecahan fruktosa menjadi gliseraldehid dan dehidroksiaseton.

– Enzim transphoforilase  adalah enzim yang fungsinya memindahkan H3PO4 dari sebuah molekul/zat ke molekul lainnya dibantu oleh ion magnesium (Mg2+).

– Enzim peroksida adalah enzim oksireduktase yang terdiri atas protein heme yang ada pada organisme prokariotik dan eukariotik. Fungsinya mengkatalisis proses oksidase substrat organik dengan H2O2, serta mereduksinya menjadi H2O.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Enzim adalah: Pengertian, Fungsi, Sifat, Macam, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Baca Juga :  √ Apa Itu Protein: Pengertian, Struktur, Sifat, Fungsi, Akibat, dan Makanan Mengandung

Baca Juga :  √ Announcement Text : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur

Baca Juga :  √ Akuntansi Adalah : Pengertian,Tujuan, Fungsi, Bidang

Baca Juga :  √ Pengertian dan Alasan Merantau