√Energi Nuklir : Pengertian , Sumber Daya Dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian Energi Nuklir

Energi Nuklir merupakan energi yang berasal dari sebuah proses kimia yang dikenal dengan reaksi fisi dan reaksi fusi pada sebuah inti atom.

Partikel nuklir seperti proton dan neutron tidak pecah pada proses reaksi fisi dan fusi, namun kumpulan dari mereka mempunyai massa lebih rendah daripada mereka berada dalam posisi terpisah atau sendiri. Adanya perbedaan massa ini dibebaskan dalam bentuk panas dan radiasi di reaksi nuklir (panas dan radiasinya memiliki massa yang hilang, namun terkadang terlepas ke sistem, di mana tak terukur). Energi matahari merupakan salah satu contoh sumber konversi energi ini. Matahari mengalami proses fusi hidrogen mengubah 4 miliar ton materi surya per detik menjadi energi elektromagnetik, selanjutnya diradiasikan ke angkasa luar.

Sumber Daya Energi Nuklir

Sumber Daya nuklir merupakan penggunaan energi yang berasal reaksi nuklir untuk menghasilkan energi panas, yang digunakan untuk pembangkit listrik. Penggunaan sumber daya nuklir untuk kepentingan manusia pada saat ini masih terbatas pada reaksi fisi nuklir dan peluruhan dari radioaktif.

Para peneliti terus melakukan percobaan fusi nuklir yang bertujuan untuk menghasilkan energi. Energi panas dari fusi nuklir malah lebih banyak dari fisi nuklir, namun sampai saat ini belum ditemukan wadah atau tempat sebagai reaktornya. Semua jenis batu kawah gunung meleleh jika dipakai fusi, jadi sampai sekarang  fusi nuklir belum bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik.

Daya dari nuklir menyumbangkan sekitar 6% sebagai kebutuhan energi dunia, dan 13-14% kebutuhan listrik di dunia. Sumbangan energi nuklir berada di Amerika Serikat, Perancis, dan Jepang menyumbang 50% dari seluruh pembangkit listrik nuklir yang ada.

Penggunaan energi nuklir sampai sekarang masih kontroversial dan banyak memunculkan perbedaan pendapat. Para pendukungnya, salah satunya ialah Asosiasi Nuklir Dunia dan IAEA, mengatakan bahwa energi nuklir merupakan salah satu sumber energi yang bisa mengurangi emisi karbon.Yang menolaknya, seperti Greenpeace dan NIRS, mempercayai bahwa nuklir akan membahayakan kehidupan manusia dan lingkungan.

Manfaat Energi Nuklir

Bidang Medis

Manfaat energi nuklir dalam bidang medis berguna sebagai diagnose dan terapi radiasi. Hal tersebut tentunya sangat berguna bagi mereka pengidap kanker. Pada bidang ini sering disebut dengan kedokteran nuklir. Sinar X adalah salah satu hasil dari pengembangan teknologi nuklir yang dikembangkan oleh banyak ahli di seluruh dunia. Teknologi nuklir tidak hanya digunakan sebagai senjata perang saja, tetapi bermanfaat dalam bidang medis untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Bidang Pertanian

Manfaat energi nuklir selanjutnya adalah dibidang pertanian. namun apa yang dimaksudkan dalam bidang pertanian? Apakah semua makanan yang akan dikonsumsi terkontaminasi dengan radiasi? Dalam hal tersebut teknologi nuklir disebut dengan istilah yakni Irradiasi makanan. Irradiasi makanan adalah proses memaparkan bahan makanan dengan memanfaatkan ionisasi radiasi. Proses tersebut dibilang berbahaya, tetapi proses tersebut bertujuan untuk menghancurkan bakteri, virus, maupun serangga yang ada pada makanan. Proses ini memanfaatkan radiasi dar sinar X, sinar gamma, dan electron dari hasil percepatan electron.

Dalam Bidang industri

Selanjutnya adalah manfaat nuklir pada bidang industri. Saat ini banyak negara yang memanfaatkan energi nuklir pada bidang industri. Contohnya dalam proses eksplorasi serta gas, penggunaan teknologi nuklir ini sangat bermanfaat. Dibutuhkan nuklir untuk menentukan dari sifat bebatuan yang ada di sekitar seperti litografi maupun porositas. Penggunaan teknologi nuklir menggunakan neutron, sumber energi dari sinar gamma dan juga detector radiasi yang telah ditanam pada bebatuan yang akan diteliti. Kemampuan dari radiasi nuklit ini memmpunyai daya tembus yang sangat tinggi, sehingga sangat efektif untuk memeriksa bahan tanpa harus melakukan perusakan terlebih dahulu. Selain itu digunakan untuk proses eksplorasi gas serta minyak, teknologi nuklir juga digunakan untuk mengukur kelembaban dan kepadatan serta berguna sebagai perancangan konstruksi jalan.

Dalam Bidang pembangkit Listrik

Teknologi nuklir digunakan juga dalam pembangkit energi listrik. Konsep ini dipakai oleh negara-negara maju di dunia seperti Jepang, Jerman, Inggris, dan negara maju lainnya. PLTN atau Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir dipercayai memberikan energi listrik sangat besar ketimbang energi dari fosil. Tetapi dalam penerapan sebagai pembangkit listrik dibutuhkan biaya yang mahal serta membutuhkan perawatan khusus dalam hal keamanan agar radiaktof dalam reactor tidak bocor dan mengalami kerusakan.

demikianlah atrikel dari duniapendidikan.co.id mengenai energi listrik, semoga artiekl ini dapat menambah pengetahuan anda.

baca juga ;

Baca Juga :  √Apa Itu Bandwidth : Pengertiannya Kerja, Fungsi, Jenis Dan Cara Kerjanya
Baca Juga :  √Mamalia : Pengertian, Ciri Dan Klarifikasi Ordo
Baca Juga :  √Endonom : Pengertian dan Macam Gerak Endonom
Baca Juga :  √Energi Panas : Pengertian dan Macam Perpindahannya