√Dinamika Demograf : Pengertian, Jumlah Penduduk Dan Persebarannya

Diposting pada

Pengertian

Dinamika demografi ialah peristiwa-peristiwa yang terjadi secara terus enerus  dan juga salingberkaitan mengenai perubahan julah penduduk. Berbisara mengnaipenduduk berarti kalian akan mempersoalkan pertumbuhan penduduk.

√Dinamika Demograf : Pengertian, Jumlah Penduduk Dan Persebarannya

Banyak bariabel yang perlu dibahas sebaia prasyarat dalam membicarakan pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk dapat diartikan sebagai pertambahan penduduk dalam setiap kurun waktu tertentu, melalui proses hasil perhitungan. Variable yang dimasksud dalam prasyarat yang perlu diketahui diantaranya ialah jumlah penduduk, persebaran penduduk, komposisi enduduk dan juga pertumbuhan penduduk itu sendiri. Variabel-variabel ini dikategorikan sebagai indikator kuantitas dala membicarakan pennduduk, yaitu membicarakan hitungan angka dalam mengelompokan penduduk.

Jumlah penduduk

Jummlah penduduk merupakan banyak individu manusia yang menepati suatu wilayah atau negara pada kurun waktu tertentu. Dalam menentukan jumlah penduduk satu wilayah diperlukan cara yang akurat untuk menjaringnya. Dalam menjaring data demografi, ada tiga cara yang dapat dilakukan, diantaranya ialah sensus penduduk, registrasi penduduk dan juga survei.

  • Sensus penduduk

Sensus penduduk ialah suatu metode menjaring data penduduk dengan cara mengadakan penghitungan langsung de lapangan. Dengan cara ini banyak data lain yang bisa didapat selain jumlah penduduk, misalnya seprti tingkat kemakmuran dan juga kesehatan. Kedua hat tersbut tadi bisa dilihat dengan kasat mata walaupn tanpa menayakan secara langsung.

  • Regristrasi penduduk

Registrasi penduduk ialah kumpulan serbagai keterangan dari kejadian penting yang dialami oleh manusia, seperti data perkawinan, perpindahan penduduk, dan juga kejadian-kejadian penting lainya yang tertulis. Semua catatan itu pada akhirnya akan dikumpulkan dan dipergunakan sebagai sumber data resmi dalam penghitungan semua peristiwa demografi. Meskipun saja terjadi bias pada data demografi yang terkumpul itu, karena bisa saja terjadi kesalahan penuisan data oleh responden tertentu.

  • Survei

Survei merupakan satu emtode menjaring data penduduk dalam beberapa peristiwa demografi atau ekonomi dengan tidak menghitung seluruh responden yang ada di satu negara, melainkan dengan cara penarikan sampel (contoh daerah) sebagai kawasan yang bisa mewakili karakteristik negara tersebut. Sudah barang tentu sebelum menetapkan kawasan sampel itu, ditentukan dulu kriteria apa saja yang bisa dijadikan syarat suatu wilayah bis ditetapkan sebagai kawasan sampel survei.

Persebaran dan kepadatan penduduk

  • Persebatan penduduk

Setelah kita melihat julah penduduk dengan segala variablenya, sekarang kita akan melihat persebaran penduduk dengan akibat yang ditumbulkannya.

Berbicara mengenai jumlah penduduk, sudah barang tentu tidak akan bisa lepas dari tempat persebaran penduduk itu sendiri. Di indonesia, persebaran penduduk tidak merata, padahal jumlah penduduk setiap saat ters bertambah. Pada akhirnya peristiwa ini menjadi persoalan demografi yang sangat pelik, karena memerlukan penyelesaian yang menyeluruh dan juga terintergrasi dari seluruh elemen di negeri ini.

  • Kepadatan penduduk

Kepadatan penduduk ialah jumlah penduduk yang tinggal dalam setiap satuan luas lahan. Satuan luas lahan yang bisa digunakan di antaranya kilometer persegi atau hektar, sehingga satuan dalam kepadatan penduduk itu ialah orang/km2.

Pertumbuhan penduduk

Pertumbuhan penduduk adalah suatu keadaan jumlah penduduk yang dipengaruhi oleh berbagai variabel. Variabel yang sangat berpengaruh terhadap engka pertumbuhan ini ialah kelahiran, migrasi dan kematian. Akan tetapi jenis, pertumbuhan penduduk ada dua jenis, yaitu pertumbuhan penduduk alami dan juga pertumbuhan penduduk total.

  • Pertumbuha penduduk alami

Pertumbuhan penduduk alami artinya ialah pertumbuhan penduduk yang hanya mepertimbangkan faktor kelahiran dan kematian. Rumus yang biasa digunakan untuk menentukan angka pertambahan penduduk alami adalah sebagi berikut

PPA = L –M

Keterangan

PPA = pertumbuhann penduduk alami

L = angka kelahiran

M = angka kematian

  • Pertuambuah penduduk total

Pertumbuhan penduduk total ialah pertumbuhan penduduk yang menjumlahkan pertumbuhan penduduk alami dengan seisih imigrasi dan juga emigrasi. Rumus yang bisa di gunakan dalam menentukan angka pertumbuhan total ialah sebagai berikut:

Pt = Po + (L – M) + (I – E)

Keterangan:

Pt = jumlah penduduk total

Po = jumlah penduduk awal tahun

L = jumlah penduduk yang lahir

M = jumlah penduduk yang mati

I = jumlah imigrasi

E = jumlah emigrasi

 

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Dinamika Demograf : Pengertian, Jumlah Penduduk Dan Persebarannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Pengertian Suku : Fusngi Peran Dalam Bahas, Budaya dan Macamnya
Baca Juga :  √Seni : Penertian , Fungsi dan Jenisnya
Baca Juga :  √Seni Kriya Nusantara : Pengertian, Sejarah , Fungsi dan Macamnya
Baca Juga :  √Pencernaan : Pengertian, Macam dan Prosesnya