√DEMOKRASI : Pengertian, Macam Dan Ciri Nya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Demokrasi

Demokrasi berasal dari Bahasa Yunani kata “Demos” yang artinya Rakyat dan “Kratos” yang artinya  Pemerintahan, jadi Demokrasi Adalah pemerintahan rakyat.

Dan menurut para Ahli salah satunya ialah Abraham Lincoln adalah pemerintahan berasal dari rakyat,oleh rakyat,dan untuk rakyat.

Dan Negara Indonesia sendiri memakai Demokrasi Pancasila,yang artinya suatu paham demokrasi yang berasal dari pandangan hidup atau falsafah hidup bangsa Indonesia yang berdasarkan ideologi pancasila.

MACAM MACAM DEMOKRASI

  • Demokrasi langsung

Demokrasi langsung adalah suatu sistem demokrasi yang menyertakan seluruh rakyat dalam mengambilan keputusan negara.

  • Demokrasi tak langsung

Demokrasi tak langsung adalah suatu sistem demokrasi yang digunakan untuk menyalurkan pendapart dari rakyat yang di wakilkan dari parlemen.

  • Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum

Merupakan suatu sistem demokrasi yang mana rakyat memilki perwakilan untuk menjabat di bidang parlemen tetapi dapat dikontrol oleh rakyat dengan sistem refrendum.

  • Demokrasi perwakilan dengan sistem parlementer

Merupakan suatu sistem demokrasi yang didalamnya terdapat hubungan kuat antara eksekutif dan legislative dalam mengontrol pemerintahan.

  • Demokrasi perwakilan dengan sistem pemisahan kekuasaan

Merupakan sautu sistem demokrasi dimana kedudukan antara eksekutif dan legislatif di pisah, sehingga keduanya secara langsung tidak berkaitan seperti sistem parlementer.

  • Demokrasi perwakilan dengan sistem refrendum dan inisiatif rakyat

Merupakan suatu sistem demokrasi  dari demokrasi tak langsung dan demokrasi langsung yang di gabung menjadi satu. Dalam sistem ini masih ada badan perwakilan tetapi dikontrol oleh rakyat melalui refrendum bersifat obligator dan fakultatif.

  1. Demokrasi liberal

Demokrasi liberal merupakan demokrasi yang berdasarkan atas hak individu warga Negara dalam menekankan sebuah kebebasan di setiap individunya dan diatas kepentingan umum.

  • Demokrasi Rakyat

Demokrasi rakyat merupakan demokrasi yang berdasarkan atas hak pemerintah pada suatu negara yang berdasarkan dari paham sosialisme dan komunisme yang lebih mementingkan kepentingan negara dan kepentingan umum.

  • Demokrasi pancasila

Demokrasi pancasila merupakan demokrasi yang berasal dari nilai sosial dan budaya bangsa Indonesia dengan berdasarkan musyawarah dan mufakat yang lebih mengutamakan kepentingan umum. Demokrasi pancasila merupakan ideologi negara Indonesia .

CIRI-CIRI DEMOKRASI

  1. Ciri Konstitusional merupakan ciri-ciri demokrasi yang membahasa tentang kehendak, kepentingan, maupun kekuasaan rakyat,yang berdasarkan konstitusi dan undang-undang yang berlaku di negara tersebut.
  2. Ciri Perwakilan merupakan ciri-ciri demokrasi yang membahas tentang kedaulatan rakyat yang diwakili oleh sejumlah orang yang telah terpilih oleh rakyat itu sendiri.
  3. Ciri Pemilihan Umum merupakan ciri-ciri demokrasi yang membahas tentang kegiatan politik untuk memilih pihak yang ada di dalam permerintahan.
  4. Ciri Kepartaian merupakan ciri-ciri demokrasi yang mebahas tentang partai yang menjadi sarana atau media sebagai bagian dalam pelaksaan pada sistem demokrasi.
  5. Ciri Kekuasaan merupakan ciri-ciri demokrasi yang membahas tentang adanya pembagian sistem kekuasaan dan pemisahan kekuasaan pada system pemerintahan.
  6. Ciri Tanggung Jawab merupakan ciri-ciri demokrasi yang membahas tentang tanggung jawab dari pihak yang telah terpilih oleh rakyat.

CIRI CIRI NEGARA DEMOKRASI

  1. Kebebasan Individu

Setiap Warga negara Bebas mengemukan pendapat yang kepada pemerintah sesuai dengan peraturan undang undang yang berlaku.

  1. Jaminan Terhadap Hak Asasi Manusia (HAM)

Setiap warga Negara dijaminan kelangsungan hidupnya meliputi:

-Hak untuk hidup

-Hak untuk mengemban pendidikan

-Hak untuk menjamin kesehatan

-Hak untuk Dilindungin dari perilau diskriminatif dan lainnya

  1. Kebebasan Pers

Kebebasan pers adalah salah satu hak yang diberikan oleh negara yang bersistem demokrasi. Media masa mempunyai hak untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat sesuai dengan peraturan undang undang yang berlaku. Seperti informasi tentang pemerintahan dan seputar kehidupan berbangsa dan bernegara, buka isu sara atau informasi tidak benar(hoax).

  1. Kebebasan Mengenyam Pendidikan.

Setiap warga Negara bebas Mengenyam Pendidikan,mengenyam di negeri sendiri maupun di negeri orang. Warga Negara dijamin pendidikannya oleh pemerintah untuk mengenyam pendidikannya setinggi mungkin.

  1. Berkonsep Hukum Secara Nyata.

Indonesia adalah Negara hokum,siapa yang melanggar Hukum maka akan DIhukum,Oleh karena itu warga Negara harus mematuhi peraturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

  1. Pemerintahan Secara Nyata Berada di Tangan Rakyat.

Rakyat bebas memilih Siapa yang pantas untuk Memimpin Pemerintahanya.sebagai Negara yang memakai demokrasi, Indonesia menyerahkan semua keputusan pemerintahan kepada tangan rakyat.

  1. Berlakukan Pemilihan Umum.

Setiap warga Negara Bebas Memilih pemerintah yang pantas bagi mereka,hal tersebut dilaksanakan pada Pemilihan Umum.Contohnya Indonesia Setiap 5 tahun rakyat indoensia melakukan pemilihan presiden dan wakil presiden  yang baru

  1. Kebebasan Beorganisasi dan Berkoloni.

Setiap warga Negara bebas Membuat Organisasi atau berkoloni  berdasarkan peraturan undang undang yang berlaku,yang bersifat tidak merugikan orang lain maupun Negara.

 

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai demokrasi, semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga ;

Baca Juga :  √JAMUR : Pengertian,Cara Hidup, Ciri, Manfaat Dan Jenisnya
Baca Juga :  √Sejarah Sumpah Pemuda Indonesia
Baca Juga :  √Penelitian : Pengertian dan Jenis Nya Lengkap
Baca Juga :  √Farmakologi : Pengertian, Cabang Farmakologi Dan Sejarah Farmakologi Secara Lengkap