√Dasar Hukum NKRI: Pancasila, Filsafat dan Pasal UUD 1945

Diposting pada

sebagai warganegara tentu saja kita harus egetahui bahwa negara kita ini bisa berdiri sampai karena ada intrumen hukum yang menopangnya. Hukum yang di ciptakan di dunia ini membuat setiap warga dapat selaras dalam kehidupan sehingga bisa tercipta negara yang utuh dan baik. Berikut ini ialah informasi lengkap mengenai dasar hukum  nkri:

Pancasila

dasar hukum yang ideal atau yang utama dari NKRI sendiri terwujud di dalam pancasila, Panca sila adalah rumusan yang dibuat oleh beberapa tokok berjasa indonesia yang harus kita ketahui. Oleh sebabtiu, kita wajib mengetahui siapa saja tokoh perumus pancasila sehingga tahu siapa saja mereka dan juga bagaimana prosesnya untuk mendapatkan kelima sila itu sehinga dapat menjadi dasar hukum indonesia. Untuk menjadi dasaru hukum yang ada di NKRI ini tentu saja membutuhkan sesuatu hal yang dianggap kuat dan dapat mempersatukan rakyat indonesia. Oleh sebab itu di gunakan pancasila sebagai dasar hukum negara indonesia, oleh karena itu landasan dasar hukum indonesia ada di dalam pancasila.

√Dasar Hukum NKRI: Pancasila, Filsafat dan Pasal UUD 1945

Pembukaan UUD 1945

Dasar hukum dari NKRI sendiri ialah nilai-nilai dari pancasila yang tersirat di dalam pembukaan UUD 1945. Kedudukan pancasila yang ada pada pembukaan UUD 1945 itu menjadi sumber dari segala sumber hukum yang ada di indonesia dan termuat dalam berikut republik infonesia tahun II no.7 itu artinya penetapan UUD 1945 sebagai dasar hukum sudahlah pasti dan juga sudah dapat dipastikan apabila pembukaan UUD 1945 ialah salah satu suber hukum yang positif di indonesia.

Hukum-hukum filsafat indonesia

Salah satu contoh nyata dari norma yang menjalankan sumber dari segala sumber hukum ialah proklamasi. Kmudian sehari setelah proklamasi tepatnya pada tanggal 18 agustus 1945 dibuatlah pembukaan UUD 1945 pembukaan ini merupakan salah satu jelmaan dari sumber sebagal hukum dasar. Bisa kita katakan apabila penjelmaan wujud dari pancasila yang pertama ialah proklamasi, sedangkan penjelmaan wujud yang kedua ialah pembukaan UUD 1945.

  1. Hukum dasar yang tidak tertulis

Hukum dasar yang tidak tertulis disebut juga sebagai konvensi. Konvensi adalah beberapa aturan dasar yang ada dan juga dipelihara hukumnya dalam praktek penyelenggaraan negara. Supaya lebih jelas mari kita bahan sedikit mengenai konvensi ini. Konvensi adalah peraturan dasar yang belum tercantum di dalam undang-undang dalam pembuatannya tidak boleh bertentangan dengan undang-undang dasar dan diterima oleh masyarakat luas. Untuk contoh nyata maka kita akan mengambil pidato presiden yang dilakukan setiap tanggal 16 agustus di depan sidang DPR yang bertanggung jawad ialah MPR.

  1. Konstitusi

Yang kedua ialah konstitusi, konstitusi dalam bahasa belanda dan inggri sendiri diterjemahkan sebagai undang-undang yang artinya ialah hukum tertulis.

Pasal-pasal di dalam UUD 1945

Ang dapat menjadi dasar hukum dari negara indonesia yang ketiga ialah pasal-pasal yang ada di dalam undang-undang dasar 1945. Pasal-pasal yang ada di dalam UUD itu dibuat sesuai dengan pancasila dan juga kepribadian negara indonesia. Oleh sebab itu UUD 1945 dijadikan sebagai dasar hukum di indonesia. Penjabaran menganai filsafat hukum di dindonesia.  Ini terkandung dalam penjelasan pada pembukaan UUD 1945 dimana yang isinya”undang-undang dasar di ciptakan pokok-pokok pikirann yang terkandung dalam pembukaan dan pasal-pasalnya”.

  1. Sikap untuk menghargai dasar hukum NKRI

Sebagai warga negara indonesia yang baik tentu kita harus menghargai dan juga menghormati dasar hukum negara kita sendiri. Oleh sebabitu, kali ini kami akan memberikan pengertian atau beberapa contoh sikap yang dapat dilakukan untuk menghargai dssar hukum negara kesatuan sebagai dasar hukum atau sumber segala hukum yang ada di indonesia itu tidaklah mudah.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Dasar Hukum NKRI: Pancasila, Filsafat dan Pasal UUD 1945, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Read More  √Dampak Korupsi Bagi Negara Beserta Sejarahnya
Read More  √Daerah Otonom : Pengertian, Tujuan dan Asas
Read More  √Contoh Wilayah Ekstrateritorial Beserta Pengertiannya
Read More  √Asas Hukum Tata Negara: Pengertian,Tujuan,Fungsi,Dan Asas-asas.