√Contoh Kreativitas Siswa : Pengertian, Unsur dan Penjelasannya

Diposting pada

Pengertian

Pendapat lain yang dikemukakan oleh seorang yang bernama siedel yang dikutip oleh utami munadar th 2009 bahwa kreativitas ialah memamupan untuk menghubungkan dan  juga mengkaitak, kadang dengan cara yang ganjil akan tetapi mengeankan dan juga merupakan dasar pendayagunaan kreatif dan daya rahani manusia dalam bidang atau lapangan manapun. Kreativitas dari berbagai jenis keterampilan manusia yang bisa menghasilkan mengungkapkan yang unik, orisinil, berbeda dan juga sama sekali baru.

√Contoh Kreativitas Siswa : Pengertian, Unsur dan Penjelasannya

Unsur kreativitas

Berbagai pendapat diatas menunjukkan bahwa dalam kreativitas terdapat unnsur-unsur, diantaranya ialah sebagai berikut ini;

  1. Interaksi anttara individu dengan lingkungan
  2. Pengungkapan yang unik
  3. Menghubungkan ide
  4. Membuah kombinasi baru

Dengan begitu jelas bahwa kemampuan tersebut tidak dimiliki oleh semua orang melainkkan hanya orang-orang tertentu yang dikatakan sebagai orang kreaif

Penjelasan kreatif

Kreatif adalah suatu proses, aktivitas dan juga bukan haasil, akan tetapi sesuatu kegiatan yang mendatangkan hasil. Hasil tersebut sifatnya baru, bergunan dajuga bisa dimengerti.

Kreatif memiliki hubungan yang erat dengan kepribadian seseorang. .pengembang kemampuan kreatif akan berpengaruh pada sikap mental atau keperibadian seseoang.

Siswa yang kreatif mempunyai kepribadian yang lebih integratif, luwes, mandiri, percara diri. Menurut moor yang dikutip oleh tami munandar 2009 menhelaskan bahwa empat ciri-ciri utama kreatif berfikir sebagai berikut ini

  1. Sensitifitas terhadap masalah

Menunjukan pada kemampuan untuk melihat masalah secara tajam. Siswa yang kreatif juga mempunyai kekuatan yang tajam dalam melihat problem, diperlihatkan oleh orang lain.

  1. Kelancaran ide

Menunjukan pada kemempuan untuk menciptakan ide sebagai alternatif pemecah masalah. Siswa yang kreatif mempunyai kemampuan guna mengahukan ide atau alternatif pemecah masalah

  1. Kelenturan berfikir

Menunjukkan bahwa pada kemampuan siswa memindahkan ide, meninggalkan satu kerangka berfikir yang lain untuk mengganti pendekatan yang satu dengan yang lai.

  1. Keaslian berfikir

Menunjuk pada kemampuan siswa untuk menciptakan ide-ide asli dari dirinya sendiri. Siswa yang kreatif mempunyai kemampuan menciptakan ide atau pikiran dalam bentuk baru, orsinil, imajinatif, dan juga berbeda dengan cara pemecahan yang lama.

Menurut utami mundar, ciri-ciri pribadi yang kreatif dari para pakar psikologi ialah sebagai berikut ini;

  • Imajinatif
  • Memiliki prakarsa
  • Memiliki minat luas
  • Mandiri dalam berfikir
  • Memiliki rasa ingin tahu
  • Senang energi
  • Percaya diri
  • Bersedia mengambil resiko
  • Berani dalam pendirian dan juga keyakinan

Ada perbedaan dalam cara pengungkapan pendapat para ahli tersebut  diatas, akan tetapi pada prinsip nya tidak jauh berbeda. Beberapa pendapat ersebut pada prinsipnya ciri prilalku yag ditemukan pada orang yang memberikan sumbangan reatif menonjol ialah berani dalam pendirian, ingin tahu, mandiri dalam berfikir daan juga mempertimbangkan , bersibuk diri tersu menerus dengan kerjanya intuitif, ulet dan juga tidak bersedia menerima pendapat dari otoritas bagitu saja.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Contoh Kreativitas Siswa : Pengertian, Unsur dan Penjelasannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Cara Menjadi Moderator : Yang Baik dan Benar
Baca Juga :  √Cara Menulis Dengan Cepat, Efektif dan Benar
Baca Juga :  √Visi Dan Misi : Pengertian, Perbedaan, Contoh dan Kesimpulannya
Baca Juga :  √Contoh Kalimat Langsung dan Tak Langsung : Penertian dan Cirinya