√ Contoh Akulturasi Kebudayaan Hindu Budha : Pengertian dan Contoh

Diposting pada

Pengertian

Akulturasi Kebudayaan merupakan percampuran dari unsur, ciri khas kebudayaan satu dan juga kebudayaan lain, percampuran inilah kemudian membentuk suatu Kebudayaan baru yang ciri khasnya berasal dari dua budaya itu. Unsur yang khas pada masing-masing kebudayaan itu tak dapat hilang dengan muncunya kebudayaan baru tersebut. Proses dari Akulturasi kebudayaan yang bercampur tersebu haruslah mempunyai unsur seimbang. Dan berikut contoh dari Akulturasi Kebudayaan Nusantara dengan kebudayaan Hindu Budha :

1. Contoh Akulturasi Seni Aksara dan Sastra

Akulturasi kebudayaan dari negara India masuk Indonesia kemudian mempengaruhi perkembangan dari seni sastra di Indonesia. Seni sastra yang berbentuk seperti tembang ataupun puisi dan bisa juga berbentuk prosa. Seni sastra bisa dibedakan jadi 3 bentuk, yaitu :

  • Jenis-Jenis dari Manusia Purba dengan ditemukan di Indonesia
  • Asal Usul dari Nenek Moyang dari Bangsa Indonesia
  • Sejarah Masuknya ajaran agama Islam ke Indonesia

Kitab Ramayana dan juga Mahabarata adalah salah satu dari kitab Kepahlawanan dan lumayan dikenal di Indonesia. Perkembangan seterusnya yakni dari kitab-kitab itu lalu muncul sebuah seni pertunjukan yang bernama Wayang Kulit. Nah, seni pertunjukan dari Wayang ini telah terkenal sekali terutama di Pulau Jawa, nilai-nilai dalam pertunjukan itu bersifat Edukatif. Dan menariknya adalah kalau cerita-cerita pada pertunjukan wayang itu berasal dari negara India tetapi wayangnya asli dibuat oleh orang Indonesia. Contoh tersebut adalah bentuk akulturasi kebudayaan dari nusantara dengan kebudayaan hindu budha.

Baca Juga :  √Jantung: Pengertian, Struktur dan Cara Kerjanya

2. Contoh Akulturasi Seni Bangunan

Akulturasi kebudayaan dari nusantara dan kebudayaan hindu budha terlihat dalam seni bangunan, seperti contoh bangunan candi-candi kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Bentuk candi tersebut adalah bentuk akulturasi antara unsur kebudayaan dari India dengan kebudayaan Nusantara. Unsur asli kebudayaan dalam seni bangunan adalah bentuknya punden berundak.

3. Contoh Akulturasi Seni Rupa dan Seni Ukir

Seni rupa dengan seni ukir adalah contoh akulturasi kebudayaan nusantara dengan kebudayaan hindu budha. Pengaruh akulturasi pada bidang seni Rupa dengan Seni ukir itu bisa dilihat dari  relief-relief candi. Contoh dari relief di dinding Candi Borobudur yakni adalah pahatan riwayat hidup Sang Buddha, pada sekitar relief itu terdapat sebuah relief berbentuk burung merpati dan juga rumah panggung dan itu adalah ciri khas unsur kebudayaan Indonesia. Disamping itu adajuga relief kala makara dengan memiliki motif binatang dan tumbuh-tumbuhan.

4. Contoh Akulturasi Sistem Kepercayaan

Pada awalnya bangsa Indonesia merupakan menyembah roh dari nenek moyang, namun sesesudah masuk pengaruh kebudayaan dari India, kepercayaan yang memang teah dianut yakni animisme tak hilang jika dilihat dari fungsi candi yang ada di Indonesia.

Di India, candi fungsinya adalah untuk tempat pemujaan. Tetapi, di Indonesia disamping utnuk tempat pemujaan, namun, juga dipakai sebagai tempat pemakaman raja-raja. Dari penjelasan diatas, bahwa memang ada perpaduan kebudayaan yakni fungsi candi di India dan juga tradisi pemujaan roh dari nenek moyang serta sebagai pemakaman di Indonesia.

5. Contoh Akulturasi Sistem Pemerintahan

Pada awanya sistem pemerintahan diIndonesia bersifat sederhana, dimana rakyat mengangkat pemimpin menjadi kepala suku. Dengan riteria : seorang yang senior, punya kesaktian, dapat membimbing, ekonominya lebih, punya wibawa serta arif. Tetapi sesudah pengaruh kebudayaan India masuk, sistem kepercayaan lama tak hilang begitu saja.

Baca Juga :  √ Implementasi Nilai-nilai Pancasila Beserta Penjelasannya

Karena pemimpin-pemimpin yang memang telah ada selanjutnya diangkat jadi seorang raja dengan kekuasaannya yakni kerajaan. Bukti dari akulturasi kebudayaan Nusantara dengan kebudayaan Hindu Budha pada bidang pemerintahan bisa dilihat dari syarat seorang bisa menjadi seorang raja, yaitu harus mempunyai kesaktian danjuga wibawa. Raja dengan kesaktian dinila punya  kedekatan dengan para dewa.

6. Contoh Akulturasi Bidang Arsitektur

Arsitektur pada bidang Arsitektur seperti bentuk bangunan keagamaan yakni banyak candi yang  terkenal di masa Hindu Budha. Contohnya : Candi Tikus, Candi Sewu, Candi Gedong Song,Candi Cetho, Candi Jatulanda dan sebagainya.

7. Contoh Akulturasi Seni Pertunjukan

Akulturasi padaseni pertunjukan yakni sepertipada pertunjukan seni wayang. Pertunjukan tersebut sudah dikenal di Indonesia dari sejak zaman prasejarah. sekarang ini, pertunjukanwayang biasa dikaitkan dengan magis seperti pemujaan nenekmoyang melalui bayangan dari bentuk wayang. Disamping itu, lakon pewayangan juga banyak bercerita tentang petualangan dan juga kepahlawanan. Contohnyayakni “murwakala dan juga dewi sri’.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Contoh Akulturasi Kebudayaan Hindu Budha : Pengertian dan Contoh, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :