√ Cerita Ragnar Lothbrok dan Sejarahnya

Diposting pada

Cerita Ragnar Lothbrok

Ragnar Lothbrok  merupakan pahlawan legendaris Nordik pada era Viking yang banyak disebut dalam puisi dan saga Nordik kuno.

Menurut tulisan Nordik Kuno, Ragnar adalah salah satu pemimpin bangsa Viking yang berulang kali mengadakan penyerangan dan disertai perampokan ke wilayah kerajaan Frankia dan Anglo-Saxon (Sekarang Inggris) selama abad ke-9.

Tapi catatan sejarah tentang Ragnar masih diragukan keasliannya apakah tokoh ini benar nyata atau bagian dari tokoh mitologi Nordik.

Ragnar mempunyai 3 orang istri Lagertha the Shieldmaiden, Aslaug the Warrior Queen dan Thora Town-hart (Borgarhjort), seorang wanita bangsawan yang merupakan putri Earl Herrauðr dari Götaland.

Walaupun tidak banyak sumber yang merinci siapa Lagertha sebenarnya, ada satu sumber yang dapat menjelaskan kehidupan Shieldmaiden ini: Gesta Danorum (Akta Orang Denmark).

Di Gesta Danorum, diceritakan bahwa Ragnar bertemu Lagertha ketika dia kembali Norwegia dari Frø, Raja Swedia yang membunuh kakek Ragnar, Raja Siward dari Norwegia selama invasi itu.

Bersama dengan para wanita di keluarga Raja Siward dan yang lainnya tinggal di istananya, Lagertha ditangkap serta dimasukkan ke dalam rumah pelacuran guna dipermalukan.

Lagherta berjuang dengan berani ketika Ragnar Lodbrok datang untuk menyelamatkan mereka serta mengambil kembali tanah kakeknya. Di situlah waktu Ragnar bertemu Lagertha. Lagertha disebutkan di Gesta Danorum sebagai wanita dengan keberanian seorang pria yang bertempur tanpa ada rasa takut

Menurut cerita, Ragnar sangat kagum dengan keberanian Lagertha dan dia mau menikahinya. Tapi tidak semudah itu, Ragnar mesti membunuh seekor beruang dan anjing yang menjaga rumah Lagertha sebelumnya. Lagertha dan Ragnar kemudian mempunyai seorang putra lalu dia diberi nama Fridleif.

Karakter bernama Floki dalam film Viking berdasarkan pada tokoh sejarah kehidupan nyata bernama Hrafna-Flóki Vilgerðarson. Namun apakah dia benar-benar sahabat Ragnar Lothbrok? Ternyata bukan.

Baca Juga :  √ Sejarah Bekasi : Latar Belakang, Makanan Khas, Senjata Tradisional dan Pakaian Adat

Floki diceritakan lahir pada tahun 830M dan hanya beda 10 tahun sebelum Ragnar Lothbrok meninggal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Ragnar Lothbrok dan Floki of the Ravens (hrafna artinya gagak) mungkin atau bahkan tidak pernah bertemu serta tidak sedekat yang digambarkan dalam serial ini.

(Great Heathen Army juga dikenal sebagai Great Army atau Great Danish Army) merupakan tentara Viking yang berasal dari Denmark yang menjarah serta menguasai banyak wilayah Inggris di akhir abad ke-9. Tidak seperti halnya tentara berkuda Skandinavia pada periode itu, sumber-sumber yang ditemukan tak memperlihatkan bukti jelas tentang jumlahnya, tapi cukup jelas adalah kekuatan terbesar, dilihat dari jumlah kapal yang mencapai ratusan dan ribuan tentara.

Istilah Tentara Besar Biadab (Great Heathen Army) digunakan dalam Kronik Anglo-Saxon. Banyak bukti dari tentara tersebut berasal dari kronik sejarah ini, mereka mulai tahun dari tanggal 1 September, banyak peristiwa yang terjadi pada tahun-tahun berikutnya.

Asal-usul tentara ini bisa dilihat dari barisan pahlawan Viking yang menyerang Paris tahun 845, bisa jadi dipimpin oleh tokoh legendaris Viking Ragnar Lothbrok. Mereka menguasai wilayah dari tahun 850, berulang-ulang menjarah Rouen serat berbagai kota kecil, mungkin karena pertahanan yang lemah dari daerah yang mereka serang.

Karena berhasil dalam banyak daerah di Eropa, pasukan tentara ini sampai di Inggris akhir tahun 865, mendarat di East Anglia. Dibawah komando Halfdan Ragnarsson dan Ivar Ragnarsson, dengan dukungan Ubbe Ragnarsson, bertujuan menguasai serta menempati Inggris. Kisah-kisah Norwegia mempertimbangkan pendudukan atas kematian ayah mereka, Ragnar Lodbrok, di tangan Ælla Northumbria tahun 865, tapi bukti sejarah belum memastikannya.

Akhir 866, mereka menguasai Kerajaan Northumbria, lalu pada tahun 870 Kerajaan East Anglia. Tahun 871, Tentara Besar Musim Panas (Great Summer Army) sampai dari Skandinavia dipimpin oleh Bagsecg. Hal tersebut menambah kekuatan Tentara Besar Biadab, memungkinkan untuk menguasai Mercia pada tahun 874. Bukti bahwa mereka tinggal di Derbyshire ialah adanya kuburan massal 250 orang di Repton serta beberapa lusin timbunan bekas kremasi dekat Ingleby. Pada tahun yang sama, sebagian dari mereka tinggal di daerah yang mereka kuasai, diikuti kelompok lain pada tahun 877. Halfdan pindah ke utara untuk menyerang Picts, sedangkan Guthrum menjadi pemimpin perang di selatan, dan tahun 876 mereka bergabung dalam kekuatan dan memenangkan Pertempuran Wareham. Tapi, Alfred yang Agung menyerang balik lalu memenangkan pertempuran di Ethandun tahun 878, memperoleh Perjanjian Wedmore.

Baca Juga :  √Ascomycota: Pengertian, Struktur, Cara Reproduksi dan Contoh

Kemudian Pemukiman tentara membentuk Kerajaan York, yangselamat dari beberapa serangan sampai tahun 950-an.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Cerita Ragnar Lothbrok dan Sejarahnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :