√Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Benar

Diposting pada

DuniaPendidikan.co.id akan memberikan tips Cara Mengajarkan Anak Menulis Simak Hal Berikut Ini:

A. Cara Mengajarkan Anak Menulis

√Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Benar

  1. Mengajarkan cara Memegang Pensil

Hal pertama yang perlu Anda latih kepada anak ialah cara untuk memegang pensil yang benar. Mulailah dengan pensil bukan dengan pena karena anak bisa mengerti jika mereka melakukan kesalahan dan bekas pensil dapat dihapus. Cara memegang pensil harus dicontohkan dengan baik oleh orang tua. Cara yang selama ini bisa memberikan tulisan yang baik ialah dengan memegang bagian pensil dengan ibu jari dan jari telujuk. Sementara ketiga jari ada dibagian belakang telunjuk mengikuti arahnya tangan. Lalu tentukan jarak antara jari tangan dengan ujung pensil, serta tekanan dari pensil ke kertas tak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah. Mulailah dengan gerakan ini selama beberapa kali sampai anak paham cara untuk memegang pensil.

  1. Menulis Sesuai Dengan Garis yang ada Di Kertas

Untuk pelajaran pertama maka Anda harus memberikan kertas bergaris untuk menulis anak. Untuk tulisan biasa ada 2 garis yang berurutan sebagai tanda untuk mulai menulis huruf besar atau huruf kecil. Kemudian ajari si anak untuk mengetahui dimana titik menulis huruf besar serta huruf kecil. Setelah anak tau maka ajari anak untuk menulis dengan huruf yang sejajar. Jika ada huruf yang miring atau tidak rata maka Anda dapat meminta anak untuk menghapus dan mengulanginya lagi. Intinya ialah si anak harus membuat tulisan sesuai dengan garis. Kemampuan motorik anak sangat dibutuhkan dalam mendukung proses ini. Anda dapat mengikuti perkembangan anak secara dasar selama 1 tahun penuh.

  1. Melatih dengan Mulai dengan Satu Huruf

Kemudian Anda harus mencoba untuk mengajari anak dengan cara yang pelan dan perlahan. Pertama cobalah meminta anak untuk menulis 1 huruf saja di satu lembar kertas. Ulangi langkah ini selama beberapa kali sampai anak bisa menulis satu huruf dengan rapi. Kemudian lanjutkan dengan menulis huruf lain sampai semua huruf dapat dipraktekkan dengan baik. Setelah anak bisa menulis semua huruf dengan rapi dan baik maka minta si anak untuk menulis beberapa kata.

  1. Mengajari penuh dengan Kesabaran dan Perlahan

Jika Anda langsung meminta anak untuk menulis dengan rapi maka hal itu sulit untuk terjadi. Biasanya anak perlu mengulang latihan selama beberapa kali sampai mendapatkan bentuk yang sempurna. Pada saat anak harus selalu menghapus tulisan mereka maka cobalah untuk bersabar. Minta anak untuk bersabar atau istirahat sampai tangan mereka tidak terlalu lelah. Ketika anak sudah mempunyai niat untuk belajar kembali, maka Anda dapat membimbingnya.

  1. Berikan contoh Tekanan yang Benar ketika Menulis

Anak-anak pasti berpikir bahwa menulis dengan pensil harus memberikan tekanan yang kuat. Karena mereka berpikir jika tekanan tidak kuat maka tulisan tak akan jelas. Dan ternyata inilah yang membuat tulisan tidak rapi karena bekas pensil yang terlalu hitam. Anda dapat menjelaskan dan memberi contoh pada anak supaya menulis tidak terlalu keras. Kemudian lihat apakah anak terlalu keras ketika memegang pensil. BIla terlalu keras maka ini juga bisa menyebabkan tangan cepat lelah dan hasil tulisan terlalu hitam.

  1. Latihan memperkuat otot tangan anak agar terbiasa

Memberikan latihan untuk membuat otot tangan si anak menjadi terbiasa dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Anda bisa mencoba untuk meminta anak menulis kata sesuai yang Anda sebutkan atau memberikan latihan. Kemudian periksa apakah latihan itu telah benar atau belum sampai Anda tahu tingkat kerapian anak. Dan jika anak salah saat berlatih maka beri contoh yang baik supaya latihan bisa menjadi kebiasan anak.

  1. Latihan Menulis Dipapan Tulis

Beberapa anak memang merasa bosan saat harus berlatih di kertas bergaris atau buku tulis. Bola anak sudah merasa malas maka tulisan mereka menjadi tidak bagus. Untuk mengatasi anak yang merasa bosan dan malas maka Anda dapat mencoba memakai papan tulis. Papas tulis baik itu dengan model spidol di papan putih maupun dengan kapur tulis. Kebiasaan menulis di berbagai alat yang berbeda dapat melatih kekuatan otot tangan anak supaya lebih lembut. Tekadang anak-anak juga akan merasa lebih senang berlatih dengan cara ini daripada harus memakai buku tulis terus menerus.

  1. Latihan Menulis dengan Permainan

Beberapa anak mempunyai cara belajar yang berbeda, sampai mereka membutuhkan tehnik khusus ketika belajar. Kebiasaan ini sebenarnya bisa sangat baik jika dilakukan berulang ulang. Anda dapat membiasakan anak untuk memilih permainan menulis seperti yang mereka inginkan. Contohnya ialah permainan sekolah, dimana Anda menjadi guru lalu bergantian dengan anak yang menjadi murid. Minta anak untuk menulis satu kata kemudian bergantian dengan Anda. Saat Anda menjadi murid maka berikan contoh yang baik sampai anak dapat mencontoh.

9.Memberitahu Anak bahwa Menulis Memiliki Tujuan

Memberikan sebuah pandangan yang positif sangat baik untuk si anak. Anda dapat mencoba menerapkan sebuah pengertian bahwa menulis harus mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan dari menulis yang rapi ialah bahwa tulisan itu bisa dibaca dengan baik oleh orang lain. Pada Saat anak sekolah maka tulisan itu harus dapat dibaca oleh diri sendiri dan guru. Kemudian menulis juga bisa menjadi cara untuk mencatat pelajaran sehingga anak mempunyai motivasi untuk menulis dengan rapi. Dengan cara ini maka cara mengajari anak menulis rapi dapat dilakukan dengan lebih mudah.

  1. Membiasakan Anak untuk Mencatat dengan Tulisan

Saat ini anak-anak memang lebih sering memakai gadget dibandingkan alat lain. Gadget memang dapat membantu anak untuk mengenali huruf dan membaca dengan baik. Tapi Anda juga harus mencoba untuk membiasakan anak mencatat semua hal di kertas tulis. Ini memang terlihat seperti cara yang kuno karena anak sekarang tak suka mencatat di kertas. Mereka lebih senang memakai gadget untuk mencatat sehingga lebih mudah. Tetapi Anda dapat mencoba untuk menyuruh anak menulis di buku seperti menulis diary.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Cara Mengajarkan Anak Menulis Dengan Benar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Tidak Bosan
Baca Juga :  √Cara Mengajar Anak TK Agar Tidak Bosan Beserta Tipsnya
Baca Juga :  √Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Mudah
Baca Juga :  √Cara Mengajar yang Baik dan Tipsnya