√Cara Cepat Belajar Membaca Anak TK dan Tipsnya

Diposting pada

Pengertian membaca

Membaca merupakan ilmu yang wajib dilakukan sejak dini. Mengajarkan membaca pada Anak yang paling efektif ialah saat mereka berusia 4-5 tahun karena perkembangan otak yang mudah untuk diserap. Untuk itu diharapkan bagi orang tua agar selalu mempunyai cara kreatif dalam mengajari anak membaca, khususnya untuk anak-anak TK. Berikut tips tips yang akan diberikan:

√Cara Cepat Belajar Membaca Anak TK dan Tipsnya

Tips Supaya Anak TK Cepat Dalam Membaca

1.Memberikan Lebih Banyak Kosa Kata

Kosa kata sangatlah penting pada Anak-anak, terutama bagi mereka yang baru saja belajar membaca. Dengan selalu mengajarkan kosa kata yang ada disekitarnya,  hal ini akan membuat anak anak lebih mudah mengingatnya. Semakin banyak kosa kata yang diajarkan, maka akan semakin membantu anak-anak dalam membaca.

2.Belajar di Tempat Yang Menyenangkan

Mengajari anak TK membaca harus mempunyai inisiatif yang berbeda. Salah satunya dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang menarik contohnya di taman. Belajar tak selalu harus di dalam ruangan. Sesekali para Ibu bisa mengajak si anak bermain sambil belajar membaca. Cara seperti ini dipercaya akan mendorong semangat anak dalam belajar membaca karena berada di tempat yang baru. Untuk itu, ajaklah si anak belajar tidak hanya di dalam ruangan.

3.Melatih Anak Bercerita

Sebagai orang tua yang ingin anaknya lebih mudah belajar membaca, maka berikan kesempatan untuk bercerita mengenai kesehariannya dengan menulis. Setelah itu, mintalah anak untuk membaca apa yang sudah dia tulis. Cara ini bertujuan untuk membantu anak dalam menyerap berbagai kata baru dari apa yang mereka ingat.

4.Menggunakan Alat Bantu

Anak-anak biasanya akan lebih mudah memahami bacaan bila memakai alat bantu seperti spidol atau stabillo. Bagi para Ibu sebaiknya mencoba cara ini, cobalah untuk memakai spidol dengan warna yang berbeda agar anak lebih mudah membaca dengan benar sekaligus merupakan cara yang asyik dalam belajar membaca. Hal ini sekaligus bisa dipakai untuk mengajari anak dalam membedakan warna.

5.Jangan Terlalu Memaksa

Anak usia 4 tahunan biasanya tidak terlalu suka padasaat dipaksa, akan tetapi para orang tua juga jangan menyerah saat anak tidak suka dalam belajar membaca. Bujuklah anak pelan-pelan hingga anak mempunyai keinginan sendiri dalam bekajar membaca. Para Ibu harus lebih sabar pada saat membujuk anak dalam belajar. Biasanya anak TK akan lebih mudah dibujuk supaya mau diajari untuk membaca.

6.Menciptakan Susasana Yang Kreatif

Mengajari membaca anak TK mesti dengan cara yang berbeda. Cobalah untuk menciptakan suasana yang kreatif supaya anak merasa tidak sedang belajar. Dengan menggunakan cara yang lebih kreatif akan membantu perkembangan otak kanan yang akan memudahkan anak dalam belajar membaca. Melatih perkembangan otak kanan harus dimulai sejak kecil untuk menghasilkan tumbuh kembang yang lebih berkualitas.

7.Buat Cara yang Menyenangkan

Ada banyak cara yang lebih menyenangkan dalam mengajari anak-anak membaca, khususnya untuk anak TK. Anak TK pastinya akan suka dengan cara yang menyenangkan misalnya susunan abjad yang berwarna-warni. Mengajari dengan cara yang lebih menyenangkan akan membuat si kecil lebih semangat dalam belajar membaca dan lebih mudah dalam mengingat apa yang telah dibaca.

8.Mengajarkan Bacaan Umum yang Ada di Sekitar

Cara yang paling mudah dalam mengajarkan membaca pada anak ialah memakai apa yang sering dilihat di sekitarnya. Misalnya, kata Ayah, Ibu, Kakek, Nenek dan orang-orang di sekitar dia. Cara ini lebih mudah diajarkan karena sering dilihat dan memudahkan anak untuk mengingatnya. Selain itu banyak benda lainnya misalnya pintu, kursi, jendela dan dll.

9.Memberi Nama Pada Benda

Walaupun cara ini sedikit ribet, akan tetapi justru akan membuat anak lebih mudah dalam mengingat kosa kata. Cara ini bisa dilakukan dengan memberikan nama pada benda yang ada disekitar conothnya sepatu, tas, kaos kaki, sepeda dan lainnya. Caranya bisa dilakukan dengan memakai gambar yang ditulisi pada bagian bawah. Ini akan membuat si kecil mudah untuk mengingatnua.

10.Membacakan Cerita Sebelum Tidur

Membacakan cerita sebelum tidur ternyata memiliki efek yang baik untuk meningkatkan daya ingat  pada anak. Saat anak mendengar cerita pengantar tidur, otak lebih mudah menstimulasi kosa kata yang saat ia menjelang tidur. Anak yang dibacakan cerita mempunyai kemampuan menyerap kosa kata lebih cepat sehingga dia lebih mudah dalam belajar membaca.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Cara Cepat Belajar Membaca Anak TK dan Tipsnya, semoga artikel inni bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Bentuk Identitas Nasional : Pengertian, Hak dan Unsurnya
Baca Juga :  √Bentuk Identitas Nasional : Pengertian, Hak dan Unsurnya
Baca Juga :  √ASEAN merupakan : Pengertian, Sejarah dan Tujuannya
Baca Juga :  √Apa Yang Dimaksud Liberalisme : Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan