√Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

Diposting pada

Belajar Efektif dan Menyenangkan

  1. Susunlah jadwal keseharianmu agar Tidak Menggangu waktu Belajarmu

Cobalah untuk mengatur jadwal kegiatan sehari-hari dengan baik. Kapan ingin belajar, kapan ingin bermain, kapan ingin pergi bersama teman-teman, kapan ingin menonton tv, dan kapan ingin istirahat.

√Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

  1. Belajar yang efektif harus memerlukan waktu yang tepat

Jika kita belajar ketika waktu yang kurang tepat maka materi yang sedang kita pelajari tidak akan maksimal tersimpan di otak kita, contohnya ketika mata sudah sangat mengantuk, maka tidak akan bisa membuat kita konsentrasi dalam belajar, oleh karena itu pikiran dan juga badan harus dalam keadaan sehat supaya materi lebih mudah dimengerti dan dipahami.

  1. Ciptakan suasana yang nyaman

Jangan sekali-kali belajar di tempat yang tidak kita sukai. Belajarlah dengan suasana yang nyaman, senyaman dengan pikiran kita. Kita bisa coba belajar di kamar, teras rumah ataupun di taman dengan ditata sedemikian rupa sesuai kecocokan kita. Atau juga bisa belajar sambil menghidupkan musik. Intinya, ciptakan suasana yang menurut kita sendiri nyaman. Atau bisa juga dengan cara membuat ruang khusus belajar, meskipun ruangan tersebut tergabung dalam kamar tidur kita, karena suasana yang nyaman bisa membuat pikiran menjadi tenang sehingga materi pelajaran yang akan kita pelajari akan lebih cepat masuk ke otak.

  1. Pahami materi dan jangan menghafal

Menghafal memang dipercaya untuk mendapat nilai yang memuaskan. Tapi percuma, pengetahuan kita tidak akan bertambah. Tidak jarang juga lewat satu minggu saja lupa materi apa yang sudah dihafal. Untuk itu, belajarlah dengan memahami garis besar materi, bagaimana konsepnya dan bagaimana detail-nya dan jika ingin menghafalkan materi maka harus pahami dulu materi tersebut.

  1. Merangkum Materi Pelajaran

Merangkum materi mempunyai 2 keuntungan bagi kita yakni keuntungan yang pertama dengan merangkum materi secara tidak langsung kita pula telah membaca buku pelajaran, otomatis kita akan sedikit paham dengan materi yang sedang kita pelajari. Nah keuntungan ke-2, untuk memantapkan bahwa kita mengerti yakni dengan membaca kembali hasil rangkuman tadi, dengan begitu kita tidak harus membaca buku tebal yang membuat kita cepat bosan. jadi yang kita baca adalah rangkuman/catatan kecil yang telah dibuat.

  1. Belajar dengan Mind Map

Mind map atau peta pikiran dicetuskan oleh pakar pendidikan bernama Tony Buzan. Metode ini dipercaya ampuh untuk mengingat materi pelajaran. Kita dapat mencobanya ketika hendak belajar rutin setiap hari. Sebelum itu, buatlah mind map di selembar kertas A4 untuk setiap bab yang mau dipelajari.

  1. Hindari SKS( Sistem Kebut Semalam) Belajar 1 hari sebelum Ujian

Sistem kebut semalam, ini yang sering kita digunakan ketika 1 hari sebelum ujian. Sistem belajar semacam ini tidak menumbuhkan pengetahuan, tapi malah memunculkan tekanan. Alhasil, rasa Pusing ketika menghadapi ujian akan terus muncul sampai kapanpun. Atasi segera dengan belajar rutin 30 menit setiap pagi dan malam dengan serius atau kurang lebih 1 jam setelah itu selingi dengan istirahat supaya tidak kelelahan. Belajar yang terlalu lama hanya akan membuat kita merasa sangat kelelahan dan cepat bosan.

  1. Belajar sambil Diskusi (Contohnya dengan teman)

Jika merasa kurang paham belajar sendirian, kamu bisa coba belajar sambil diskusi dengan teman. Kalau perlu, buatlah Kelompok diskusi di kelasmu dan buat jadwal belajar bersama. Ini akan semakin memudahkan kamu dalam memahami suatu materi pelajaran karena ada sistem tutor sebaya. Tidak ada cara belajar yang lebih mengasyikan selain Berkelompok. Berdiskusi dengan teman sangat baik dijadikan cara belajar supaya lebih menyenangkan. Kamu dapat bertukar pikiran dan saling membantu jika temanmu mengalami kesulitan.

  1. Lengkapi Buku buku Serta Alat Apabila Ingin Belajar

Sebelum Kita belajar perlu Buku dan Alat belajar supaya tambah semangat dalam belajar. Hal Ini merupakan nomor 1 sebelum kita ingin belajar ,karena jika tidak ada buku atau alat untuk belajar bagaimana kita bisa belajar. Dan juga kita malas ingin belajar karna terbatasnya buku dan alat untuk belajar,oleh karna itu kita harus mempersiapkannya.

  1. Lebih sering membaca

Membaca bisa memperluas ilmu pengetahuan kita,karna ilmu adalah jendela dunia. Untuk mengetahui lebih banyak materi pelajaran maka sebaiknya seringlah membaca, sehingga lebih banyak buku yang kita baca maka semakin luas ilmu yang telah kita dapatkan.

demikianlah artikel dari dunia pendidikan.co.id mengenai Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Read More  √Tujuan Literasi Informasi : Pengertian, Manfaat dan Jenisnya
Read More  √Sistem Pendidikan Di Finlandia dan Tingkatannya
Read More  √Permainan Anak SD : Menggunakan Alat dan Tanpa Alat
Read More  √Pengertian Project Based Learning : Karakteristik, Prinsip, Langkah, Kelebihan dan Kekurang