√Bentuk Identitas Nasional : Pengertian, Hak dan Unsurnya

Diposting pada

Pengertian identitas nasional

Merupakan kumpulan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidpan dari tatusan suku yang dihimpun dalam satu kesatuan indonesia menjadi kebudayaan nasional dengan acuan pancasila dan nhineka tunggal ika sebagai dasar dan juga arah pengembangannya.

√Bentuk Identitas Nasional : Pengertian, Hak dan Unsurnya

Hak identitas nasional

Kita sebagai bangsa di dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara adalah pancasila yangaktulisasinya tercermin dalam penataan kehidupan kita dalam arti yang luas, misalnya ialah di dalam atura nperundangan atau moral yang secara normatif diterapkan di dalam pergaulan, baik itu di dalam tataran nasional mapuan internasional dan yang lainnya. Demngan begitu, nilai-nilai budaya yang tercermin di dalam identitas nasional bukanlah barang jadi yang telah selesai dalam kebekukan normatif dan jug domatis, melainkan sesuatu yang terbuka yang cenderung tereus-menerus bersemi karena adanya hasrat menuju kemajuan yang dimiliki oleh masyarakat.

Unsur-unsur identitas nasional

Berbisara mengenai unsur identitas nasional, maka identitas nasional indonesia merujuk pada suatu bangsa yang majemuk. Kemajemukan itu ialah gabungan dari unsur-unsur pembenukan identitas nasional yang meliputi,

  1. Suku bangsa

Ialah salah satu dari unsur pembentuk identitas nasional. Golongan sosial yangkhusus yang bersifat askriptif atau pun ada sejak lahir, dimana sama ceraknya dengan golongan umur dan juga jenis kelamin. Di indonesia khususnya, terdapat banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis dengan tidak kurang tiga ratus dialek bahasa.

  1. Agama

Adalah salah satu dari unsur pembentuk identitas nasional. Bangsa indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis. Agama-agama yang tumbuh dan juga berkembang di nusantara yaitu agama islam, kirsten, katholik, hindu, budha dan kong hu cu.

  1. Kebudayaan

Kebudayaan ialah salah saatu dari unsur pembentuk identitas nasional. Pengetahuan manusia sebagai makhluk ksosial yang isinya ialah perangkat atau model-model pengetahuan yang secara kolektif digunakan oleh pendukung-pendukung untuk menafsirkan dan juga memahami lingkunga yang dihadapi dan juga digunakan sebagai rujuakan atau pedoman untuk berindak sesuai dengan lingkungan yang dihadapi.

  1. Bahasa

Bahasa ialah saalah satu dari unsur identitas nasional. Dalam hal ini, bahasa dipahami sebagai sistem perlambangan yang secara arbier dibntuk attas unsur bunyi ucapan manusia dan juga digunakan sebagai sarana berineraksi antara manusia.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Bentuk Identitas Nasional : Pengertian, Hak dan Unsurnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Read More  √ASEAN merupakan : Pengertian, Sejarah dan Tujuannya
Read More  √Arti Kewajiban dan Hak : Pengertian dan Contohnya
Read More  √Apakah Musyawarah Itu : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contohnya
Read More  √Apa Yang Dimaksud Liberalisme : Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan